slogan leutika prio

The Hidden Curriculum : Studi Pembelajaran PAI di Sekolah

Penulis: CASWITA, S.Pd.I, MA.Pd, Kategori: Pendidikan
The Hidden Curriculum : Studi Pembelajaran PAI di Sekolah
Zoom
ISBN: 978-602-225-648-9
Terbit: April 2013
Halaman : 214, BW : 214, Warna : 0
Harga: Rp. 65.000,00
Deskripsi:
Kurikulum merupakan faktor penting dalam proses pendidikan, tetapi keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh faktor kurikulum yang tertulis atau resmi. Faktor lain di luar kurikulum resmi yang disebut dengan kurikulum tersembunyi atau hidden curriculum memberikan konstribusi besar terhadap keberhasilan proses pendidikan.
 
Hidden curriculum tidak hanya berupa penyampaian materi kepada peserta didik, tetapi proses bagaimana materi tersebut disampaikan. Hidden curriculum dapat menguatkan atau mendukung kurikulum resmi tetapi di sisi lain hidden curriculum juga dapat melemahkan atau merusak kurikulum resmi.
 
Hidden curriculum yang berdampak positif di antaranya penegakan disiplin dan tata tertib sekolah, iklim toleransi dan saling menghargai, suasana kondusif sekolah, kultur sekolah yang baik, guru, kepala sekolah serta komunitas sekolah yang profesional. Sementara itu hidden curriculum yang berdampak negatif di antaranya pemaksaan ideologi tertentu oleh guru, suasana sekolah yang tidak kondusif hubungan dan komunikasi antara siswa dengan guru, kepala sekolah yang kaku.
 
Oleh karena agar hidden curriculum dapat mendukung kurikulum resmi, komunitas sekolah harus pandai mengelola hal-hal yang berdampak posisitf terhadap pembelajaran dan menghindari hal-hal yang melemahkan proses pendidikan.
Download contoh buku: Download

Dilihat: 9300 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Online
  • Pendekatan Matematika Realistik
  • Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi
  • Sterilisasi dan Pengendalian Infeksi Silang
  • Fisika dalam Kehidupan



Review

XOeTE7o9fe
Kirim: 24-08-2013 06:23
I wish to show my appreciation to this wreitr for bailing me out of this type of trouble. Just after looking through the the net and coming across views that were not powerful, I believed my life was over. Existing without the presence of solutions to the problems you've sorted out by means of this write-up is a serious case, and ones which might have in a wrong way damaged my career if I hadn't noticed your blog. Your primary expertise and kindness in handling all areas was useful. I am not sure what I would have done if I hadn't encountered such a solution like this. I'm able to at this moment look forward to my future. Thanks very much for the professional and amazing guide. I will not think twice to endorse your blog to anyone who needs care on this subject matter.

oZqLKhxKRs
Kirim: 19-08-2013 14:18
I would love to test this curriculum, we are haivng trouble finding a math curriculum that fits both of my children currently struggling through 5th grade math. Thanks, Jeri

GPAI
Kirim: 17-04-2013 17:03
buku yang dapat membuka cakrawala, bahwasanya kurikulm formal tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan kurikulum yang lain yaitu hidden curriculum dan gurunya itu sendiri.


Sebelumnnya [1] [2] Selanjutnya

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika