slogan leutika prio

Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Penulis: Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, SP, M.Si, Kategori: Modul Ajar
Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Zoom
ISBN: 978-602-371-298-4
Terbit: September 2016
Halaman : 50, BW : 48, Warna : 2
Harga: Rp. 65.000,00
Deskripsi:
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) adalah surga bagi kupu-kupu yang hidup di Sulawesi Selatan. Keindahan air terjun, hamparan pegunungan karst dan sabuk hijau hutan tropis memberikan nuansa tersendiri bagi para pencinta keindahan alam. Sayangnya, julukan Kingdom of Butterfly yang pernah diberikan oleh Alfred Russell Wallace ratusan tahun yang lalu hanya tinggal kenangan. Alih fungsi hutan dan maraknya perburuan liar menjadi ancaman terbesar kehidupan kupu-kupu. 
 
Tanpa kita sadari kupu-kupu sudah memberikan semua kehidupannya bagi kesejahteraan manusia. Tidak percaya? Salah satu contoh sederhana, kita bisa menikmati buah-buahan lezat karena adanya proses penyerbukan. Kalau mau menghasilkan biji, tanaman harus dibantu oleh serangga supaya terjadi polinasi. Selanjutnya, baju mahal yang terbuat dari kain sutra. Keindahan itu dibayar mahal sekali karena harus memutuskan siklus hidup satu generasi kupu-kupu Bombyx mori demi menciptakan benang yang berkualitas saat dipintal jadi kain. Yang lebih menyeramkan ... kupu-kupu diburu dan diperlakukan semena-mena hanya karena keinginan manusia mendapatkan lembaran rupiah secara cepat. 
 
Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi penting untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang ingin belajar tentang kupu-kupu. Dengan bahasa sederhana penulis berusaha memperkenalkan kupu-kupu penghuni TN Babul yang masih bisa dijumpai dalam jumlah yang semakin menurun serta upaya yang telah dilakukan untuk mencegah mereka dari status endangered species. Selamat membaca. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 9713 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Strategi Pembelajaran
  • 9 Kacang-Kacangan  Berkhasiat Obat
  • Trust Management for Business in Virtual Environment
  • Catatan Sederhana Mengenai Hukum dan Hukum Perdata
  • Basic Airline Management



Review

Aldi bicoel
Kirim: 13-09-2017 21:52
Mahasiswa

Achkmal Husain
Kirim: 16-12-2016 20:22
Keunggulan buku adalah : 1) cover buku cukup menarik dan terdapat gambar di dalamnya, 2) buku tersebut menceritakan secara detail tentang objek (kupu-Kupu), 3) buku tersebut menambah wawasan dan pengetahuan tentang kupu-Kupu yang ada di TN Babul. Kekurangan buku adalah : pengarang kurang menceritakan Taman Nasional Babul yang merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Hanya terfokus pada faunanya saja yaitu kupu-kupu.

Annisa Saskia
Kirim: 16-12-2016 20:18
Makanan buatan adalah makanan yang dibuat sedemikian rupa dari berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan formula tertentu sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hewan secara lengkap. Keuntungan dari makanan buatan adalah tidak dibatasi oleh musim, kandungan gizi yang dapat diatur, dapat disimpan lama, mudah diperoleh dalam jumlah yang cukup, dan berkesinambungan sehingga dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam skala budi daya yang besar.


Sebelumnya [1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] Selanjutnya

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika