slogan leutika prio

Cara Menerbitkan Buku

Posted: 28-01-2012 12:25

Sender: 

1.  Silakan baca Kontrak Kerja Sama  untuk mengetahui hak dan kewajiban antara Penulis dan LeutikaPrio.

2.  Silakan tentukan Paket penerbitan yang akan diambil, jangan lupa baca NB untuk keterangan lengkap mengenai paket penerbitan dan buku cetak.

3.  Jika Anda belum terdaftar di web, silakan daftar terlebih dahulu. Caranya: klik “login” di kanan atas, kemudian isi username dan password yang akan digunakan dan klik “daftar” di kiri bawah.

4.  Setelah terdaftar, Anda dapat login menggunakan email dan password yang telah Anda daftarkan. Lalu arahkan cursor ke “Menerbitkan Buku”, selanjutnya klik “Kirim Naskah”.

5.  Di bagian Invoice terdapat Paket Penerbitan. Silakan pilih salah satu paket penerbitan yang ada di bawahnya.

6.  Setelah memilih paket, Anda akan diminta mengisi captcha (kode verifikasi) di kolom yang tersedia. Isilah sesuai kode yang tertera, kemudian klik “Kirim Invoice”. Rangkaian nomor 4 dan 5 inilah yang dinamakan invoice.

7.  Apabila invoice telah berhasil, Anda akan mendapat pemberitahuan untuk mengecek inbox di my account. Inbox tersebut berisi tata cara pembayaran dan konfirmasi pembayaran. Lakukan konfirmasi sesuai format.

9.  Setelah konfirmasi dan bukti transfer kami terima, Anda akan menerima SMS bahwa account telah diaktifkan.

10. Langkah selanjutnya adalah login, kemudian klik “Kirim Naskah”.

11. Anda akan diminta untuk mengisi form “Kirim Naskah” yang tersedia.

     *Kesalahan pengisian form menjadi tanggung jawab penulis. 

 

 

Berikut poin yang perlu dipersiapkan:

1.   Nama Penulis

Boleh menggunakan nama pena atau nama asli. Dengan catatan, satu email hanya bisa digunakan untuk satu nama penulis. Jika suatu saat Anda mengirimkan naskah dengan email yang sama, maka nama yang pertama kali Anda daftarkan itulah yang akan muncul.

 

2.   Judul Naskah

Usahakan judul naskah sudah fix, sehingga judul naskah yang tercantum dalam surat kontrak yang dikirim ke Anda sesuai dengan yang ada di buku.

 

3.   Kategori Naskah

Jangan lupa untuk memilih kategori naskah di form ini. Jika lupa, maka Anda harus mengulang proses pengisian form kirim naskah.

 

4.   Naskah Utama

File berupa MS Word, dengan ukuran maksimal 2 MB. Jika lebih dari itu, file tidak dapat di-up load. Format naskah: TNR 12, spasi 1,5, margin 3-3-3-3 atau 1,18inci untuk setiap sisinya. Format tersebut jika dalam bentuk buku akan menjadi 1,5 kali lipat dari jumlah halaman naskah asli Anda. Misal: jika naskah Anda 100 halaman MS Word, maka buku akan menjadi kurang lebih 150 halaman.

 

5.   Deskripsi Naskah

Deskripsi naskah adalah narasi dari naskah Anda. Deskripsi naskah akan ditampilkan pada kover belakang buku dan website. Anda bisa menampilkan sinopsis, cuplikan naskah, atau endorsement, yang menurut Anda dapat membuat orang penasaran dengan isi buku Anda. Deskripsi naskah maksimal memuat 1.600 karakter.

 

6.   Deskripsi Kover

Deskripsi kover atau request cover adalah permintaan desain kover buku Anda. Untuk permintaan desain kover, minimal Anda harus mendeskripsikan warna dominan dan gambar utama yang Anda kehendaki. Jika Anda menginginkan gambar manusia, jangan lupa untuk menyertakan jenis kelaminnya.

Contoh:

Gambar utama: perempuan berkerudung, umur sekitar 17 tahun. Warna dominan: ungu.

 

7.   Deskripsi Penulis

Deskripsi penulis atau biodata penulis yang Anda isikan di form akan muncul di web dan naskah. Deskripsi penulis maksimal sebanyak 255 karakter. Jika biodata penulis terlalu panjang, silakan Anda sertakan di dalam naskah.

 

 

 

 

 



Share |
Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni