slogan leutika prio

Nurudin dkk

Nurudin dkkE-Mail: nurud70[aT]yahoo.com

Nurudin adalah dosen Ilmu Komunikasi Univ. Muhammadiyah Malang (UMM), penulis dan trainer kepenulisan. Ia telah menulis 400 an artikel dan puluhan buku. klik: www.nurudin-umm.blogspot.com




Daftar Buku

Jumlah buku:2

1. Opini Publik dan Pemberdayaan Civil Society
Opini Publik  dan Pemberdayaan  Civil SocietyTidak banyak orang mendiskusikan kaitan antara opini publik dengan civil society. Sebabnya tak lain, opini publik sekadar dianggap wacana yang tidak punya daya paksa bagi penguatan civil society. Banyak orang mengaitkan civil society dengan demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM), media massa, kelompok masyarakat, peran agama dan sebagainya. Disamping itu kaitan civil society dengan opini publik juga dianggap absurb. Buku yang berasal dari materi-materi tugas kuliah “Komunikasi dan Opini Publik” Sosiologi Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini layak diapresiasi. Sudah saatnya, tugas-tugas kuliah tidak sekadar berhenti pada nilai akhir, tetapi produk tulisan yang bisa dibaca banyak orang.

2. Opini Publik Sebagai The Fifth Estate
Opini Publik Sebagai The Fifth EstateJudul buku kumpulan artikel ini sangat menarik, Opini Publik Sebagai The Fifth Estate. Daya tariknya terletak pada kritikan dan sinisme atas melemahnya empat kekuatan dunia yang selama ini dipuja-puja (legislatif, eksekutif, yudikatif, dan media massa) sebagai kekuatan yang sangat menentukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa ini membutuhkan kekuatan pemaksa. Kekuatan pemaksa itu terdapat dalam the fifth estate bernama opini publik. Ia pada waktunya dapat menumbangkan kekuasaan yang tidak disukai rakyat, tidak perlu dengan menggunakan senjata sebab opini publik memiliki kekuatan yang mahadahsyat. Buku ini tidak sekadar menggunakan teori-teori yang tepat dalam menganalisis opini publik, melainkan juga telah memotret dengan baik kondisi carut-marut negara kita dewasa ini. Oleh karenanya buku ini dapat dijadikan salah satu referensi tentang opini publik. (saya kirim jg utk sampul belakang di file)

Leutika Leutika