slogan leutika prio

mahasiswa prodi sosiologi UMM angkatan 2019, kata pengantar: Rachmad K. Dwi Susilo, Ph.D

mahasiswa prodi sosiologi UMM angkatan 2019, kata pengantar: Rachmad K. Dwi Susilo, Ph.DE-Mail: aansugiharto1[aT]gmail.com

penulis adalah 113 mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang tahun angkatan 2019, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan saat ini tinggal di Malang, Jawa Timur, Indonesia.




Daftar Buku

Jumlah buku:1

1. BELAJAR SOSIOLOGI di DESA Pengalaman live in di Desa Sentra Bunga Mawar Jawa Timur
BELAJAR SOSIOLOGI di DESA Pengalaman live in di Desa Sentra Bunga Mawar Jawa TimurBelajar Sosiologi selama ini identik dengan memahami dan mendiskusikan narasi-narasi besar seperti konsep, teori dan gagasan-gagasan abstrak para filosof sosial. Hal tersebut membuat belajar sosiologi terkesan membosankan dan menjemukan karena berjarak dengan realitas kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama yang ditangkap para pembelajar sosiologi. Berdasarkan hal tersebut, Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang membuat inovasi dengan belajar sosiologi dalam realitas yang intim dengan keseharian mereka (sosiologi menyintesa sebagai sociology of everyday life). Buku ini menjelaskan salah satu metode pembelajaran sosiologi berbasis “live in” yang diterapkan di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang selama 8 tahun. Metode belajar dikaitkan dengan kegiatan Program Studi Sosiologi yang diberi nama Sociology Camp (Soscamp). Kegiatan Sociology Camp mengajak dosen dan mahasiswa untuk belajar Sosiologi secara partisipatoris. Kami menginap di desa mitra, menginisiasi kegiatan bersama dan seserawungan dengan warga setempat. Agar ruang akademis menjadi basis bertindak mereka, Sociology Camp mengajari mereka bagaimana melakukan narasi penelitian. Buku ini merupakan upaya Program Studi Sosiologi UMM dalam memberikan pembelajaran sosiologi yang menyenangkan dengan tanpa menghilangkan ruh dari ratu ilmu sosial ini. Selamat membaca dan merasakan “roso” tentang sosiologi berbasis “live in”.

Leutika Leutika