slogan leutika prio

DI BALIK KECEWA

Penulis: Dedi Mahardi, Kategori: Motivasi dan Pengembangan Diri
DI BALIK KECEWA
Zoom
ISBN: 978-602-225-724-0
Terbit: Agustus 2013
Halaman : 156, BW : 156, Warna : 0
Harga: Rp. 51.500,00
Deskripsi:
Kecewa adalah suasana hati ketika sesuatu yang diinginkan atau sesuatu yang diharapkan belum terwujud atau bisa juga karena sesuatu yang dimiliki kemudian hilang. Kenapa seseorang bisa kecewa? Karena manusia dianugerahi Tuhan nafsu dan hati nurani sehingga ketika ada keinginan hawa nafsu yang tidak atau belum tercapai maka hati merasa kecewa. Berbeda dengan hewan yang hanya dilengkapi dengan hawa nafsu tapi tanpa hati nurani maka ketika ada keinginan nafsunya yang tidak terpenuhi maka hewan biasa saja. Makanya tidak pernah ada hewan yang kecewa karena tidak mendapat makanan terus putus asa dan tidak mau makan lagi. Dengan begitu tentunya ada maksud dan tujuannya kenapa Tuhan menjadikan manusia memiliki hati nurani sekaligus hawa nafsu. Agar dengan hawa nafsunya manusia bersemangat berbuat untuk kesejahteraan dirinya dan agar dengan hati nuraninya manusia mengontrol diri dari hal-hal yang tidak boleh dilakukannya. 

Keseimbangan nafsu dan hati nurani bukan hanya berguna pada awal usaha atau ketika akan memulai atau mengusahakan sesuatu. Tetapi seharusnya juga digunakan pada akhir usaha atau ketika apa pun hasil dari usaha atau keinginan yang sudah dilakukan. Sehingga seharusnya ketika usaha telah membuahkan hasil yang sesuai dengan keinginan hawa nafsu maka hati nurani akan berbahagia dan bersyukur. Sebaliknya ketika usaha belum membuahkan hasil sesuai dengan keinginan hawa nafsu maka seharusnya hati meresponsnya dengan sabar dan ikhlas. 

Lalu, pertanyaannya kenapa ada hati yang kecewa? Kekecewaan hati muncul karena dalam menyikapi hasil usaha seseorang lebih dominan menggunakan hawa nafsu daripada hati nurani. Lalu, apakah kecewa salah? Jawabannya: Tidak! Asal kecewanya hanya sesaat saja. Selanjutnya menjadikan kecewa tersebut sebagai pemicu untuk seseorang selalu mengintrospeksi diri atas semua rencana dan perbuatannya selama ini serta menemukan penyebab kegagalan. Bahkan untuk memicu munculnya energi ekstra untuk meraih kesuksesan demi kesuksesan kadang-kadang diperlukan efek dari kecewa terlebih dahulu. Adakalanya efek dari satu kali kekecewaan saja sudah cukup dan mampu membangkitkan energi ekstra untuk meraih kesuksesan demi kesuksesan. Namun, kadang-kadang dibutuhkan beberapa kali kekecewaan barulah terpicu energi ekstra dan jalan terang meraih sukses atau keberhasilan. Untuk itu jangan pernah menganggap kekecewaan sebagai malapetaka yang mengancam atau menutup peluang kesuksesan berikutnya. Tentunya jika kecewa tersebut disikapi secara positif dengan mengambil hikmah dan pelajaran serta kecewa harus diikuti dengan tekad untuk tidak mengulang kekecewaan berikutnya.

Analoginya seperti seorang pemain layangan yang kecewa karena layangannya putus ketika layangan tersebut sedang melayang tinggi di atas awan. Layangan yang bisa naik tinggi menembus awan pasti layangan yang baik dan dibuat dari bahan yang baik sehingga juga sangat disayang oleh pemiliknya. Sehingga ketika layangan tersebut putus maka si empunya layangan pasti berusaha mengejar dan mencari sampai layangan tersebut didapat kembali. Kecepatan lari dan stamina si empunya layangan ketika mengejar layangan tersebut sampai didapatkannya layangan tersebut kembali sudah pasti jauh lebih cepat dan lebih kuat.

Download contoh buku: Download

Dilihat: 1841 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Bermanfaat atau Mati
  • Jalan (Dahlan Iskan) Menuju Kepemimpinan Otentik
  • Hidupku ternyata di pariwisata
  • #GreatMoment: Hidup Penuh Makna Setiap Hari
  • MIND HEART CONNECTION Aktifkan Kekuatan Tersembunyi dalam Dirimu



Review

aji
Kirim: 06-11-2013 08:05
isi dan tema buku ini kayaknya menarik apalagi dalam era sekarang banyak sekali orang yang kecewa terus mencari pelapiasan yang merugikan orang lain..

Kembarwan
Kirim: 20-08-2013 13:20
Kayaknya buku ini sangat menarik..karena biasanya orang kalau kecewa akan sakit hati dan atau patah hati..

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika