slogan leutika prio

Potret Indonesia: Genealogi, Dinamika, Integrasi

Penulis: Seta Basri, Kategori: Sosial Politik
Potret Indonesia: Genealogi, Dinamika, Integrasi
Zoom
ISBN: 978-602-225-311-2
Terbit: Februari 2012
Halaman : 403, BW : 403, Warna : 0
Harga: Rp. 72.000,00
Deskripsi:
Genealogi, dinamika, dan integrasi masyarakat Indonesia dalam buku ini akan dipotret dari sejumlah angle. Di bagian awal dibahas sejumlah pendekatan populer studi sosial budaya seperti Fungsional, Konflik, dan Interaksi-Simbolik. Selain itu, untuk merinci proses terciptanya masyarakat Indonesia, juga diketengahkan aneka teori pembentukan masyarakat secara sosiologis. 

Selanjutnya, buku ini menguraikan secara panjang-lebar genealogi terbentuknya masyarakat Indonesia sejak masa pra-historis (siapa moyang orang Indonesia), hingga penemuan kata Indonesia dan perkembangannya hingga masa kini. Buku ini juga menguraikan aneka konsep serta struktur kebudayaan yang berlaku di Indonesia. Uraian dikhususkan pada garis besar elemen material dan non-material kebudayaannya. 

Buku ini juga membahas aneka pengaruh yang diberikan kebudayaan India, Islam, Barat, dan Timur Jauh atas kedua komponen. Bahasan lalu dilanjutkan pada komparasi konsep masyarakat dipertentangkan dengan konsep multikultural Indonesia. Kelebihan dan kelemahan kedua konsep ini akan dibicarakan secara mendalam. Komparasi dilakukan agar tercipta pandangan yang lebih jernih bahwa sesungguhnya masyarakat Indonesia memiliki dua dimensi pembentukan: Polietnis dan Multinasional. Akan dibentangkan aneka fakta bahwa kedua dimensi tersebut aktual dalam konteks kajian atas bangsa ini. Budaya masyarakat Indonesia ada dalam gerak perubahan. Salah satu katalisator peubah tersebut adalah berkembangnya budaya massa. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 10756 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Bantuan dari Laut: Strategi Operasi Kemanusiaan TNI Angkatan Laut
  • Sinetron, Menghibur Diri Sampai Mati
  • Pasir, Batu, dan Etos Budaya Catatan dari Maluku Utara
  • Menjala Kesejahteraan: Bunga Rampai Pemikiran Perikanan dan Kelautan
  • A Pathway to Indonesia Maritime Future



Review

janweri
Kirim: 20-10-2016 01:15
Saya sangat membutukan buku tersebut

Seta Basri
Kirim: 02-03-2012 13:17
Isi buku: Pendekatan sistem sosial (fungsional, konflik, interaksi-simbolik); Masyarakat Indonesia (4 teori pembentukan masyarakat, peran teknologi, peran konflik, peran gagasan, peran solidaritas sosial, genealogi masyarakat Indonesia, genealogi konsep politik Indonesia); Sistem budaya Indonesia (konsep kebudayaan, komponen kebudayaan, simbol, bahasa, nilai, norma, komponen material, budaya asli Indonesia, folk, high, low, popular dan mass culture, kajian budaya Indonesia, faktor peubah kebudayaan Indonesia), Pengaruh budaya luar (India, Islam, Belanda, Portugis, Jepang), Majemuk atau Multikultur?, Dimensi Polietnis, Dimensi Multinasional, Budaya Massa, Konflik Vertikal dan Horisontal, dan Integrasi Nasional Indonesia.

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni