slogan leutika prio

Ingin Tulisan Anda Dibaca Banyak Orang?

Posted: 11-01-2012 23:04

Sender: Gelar S. Ramdhani

 

          Pada dasarnya seorang penulis ketika membuat suatu tulisan mempunyai hasrat agar tulisannya dibaca banyak orang. Ketika dibaca banyak orang biasanya seorang penulis akan sangat bangga, apalagi jika tulisannya mempunyai nilai ekonomis. Maka sangat tak jarang banyak penulis yang kaya raya akibat tulisannya laku dibaca banyak orang. 

             Membuat tulisan yang laku dibaca banyak orang memang gampang-gampang susah, menurut saya faktor utama yang membuat tulisan laku adalah judul tulisan tersebut jika konteksnya buku maka judul buku tersebut. Analoginya, keripik singkong pedas yang dipacking secara konvensional akan kalah penjualannya dengan keripik singkong pedas yang dipacking dengan bungkus yang ekslusif? Padahal boleh dikatakan dari bahan dan rasa sama saja. Mengapa demikian? Sebab kebanyakan orang jaman sekarang pertama kali yang dilihat adalah bungkusnya atau dalam konteks tulisan yaitu judulnya dulu. Jika judulnya menarik maka jangan heran kalau banyak yang membaca atau hanya sekedar membuka.

            Dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tips membuat judul yang menarik. Untuk membuat judul yang menarik tips paling jitunya adalah menempatkan posisi kita sebagai pembaca. Jadi ketika kita akan pakai judul A misalnya, posisikan anda sebagai calon pembaca kemudian melihat judul tersebut menarik atau tidak? Jika menarik maka segera pasang judul A tersebut, jika tidak? Cari lagi yang lebih menarik! Bagaimana membuat judul menarik? 

 1. Mudah dimengerti. Usahakan judul yang dibuat tidak bertele-tele karena bukan membuat judul skripsi. Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. 

 2. Membuat penasaran. Buatlah judul yang membuat penasaran orang lain, inilah faktor kunci membuat tulisan ramai dibaca! Dengan demikian akan membuat hasrat calon pembaca anda tinggi untuk membuka tulisan anda. Misalnya: ”Rahasia Bercinta ala Presiden Amerika” Judul tersebut membuat anda penasaran bukan? 

 3. Kontroversial. Pernahkah anda mendengar hangatnya isu buku “Gurita Cikeas”? Buku tersebut menjadi laku karena judul bukunya yang kontroversial serta isi bukunya juga kontroversial. Misalnya anda menulis judul “Menguak Skandal Cinta Bupati Kabupaten xxx” judul tersebut cukup kontroversial, maka saya yakin akan mendorong rasa penasaran calon pembaca juga.

Demikian tips-tips sederhana yang bisa saya share untuk anda, ini hanya sekedar pengalaman saja. Semoga bermanfaat 

 

Oleh: Gelar S. Ramdhani 

 



Share |
Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni