slogan leutika prio

Tips Menulis Ala Eko Nugroho

Posted: 28-06-2012 13:57

Sender: Eko Nugroho

 

 

Sebenarnya menulis itu gampang. Asal kita terus berlatih tiap hari, melatih otak kita agar bisa diajak kerja sama. Seperti ketika bekerja, kita juga harus memahami relasi kita agar terjalin suatu keakraban. Begitupun dengan otak kita yang setiap hari berpikir tanpa lelah. Nah, selain keakraban, otak juga perlu vitamin.

Sebenarnya apa yang ada di dalam diri dan di sekitar kita bisa menjadi bahan yang sangat baik untuk membuat sebuah tulisan. Yang penting kita bisa menulis dulu, untuk hasil selanjutnya itu belakangan. Bagi pemula, mungkin akan sangat sulit untuk mencari inspirasi yang muncul di otak kita, sehingga kadang membuat kita frustasi. Kemampuan otak jika dipaksa untuk bekerja memang akan sulit, maka rileks dan santai akan membantu kerja otak.

Teruslah membaca guna menambah referensi menulis. Bacalah berulang-ulang agar bisa paham dan mengerti gaya bahasa yang dipakai oleh pengarang. Setelah selesai membaca berbagai macam buku, maka segeralah menulis. Keluarkan semua yang ada di dalam pikiran. Orang yang sudah sering menulis, otaknya akan bekerja sendiri menyalurkan perintah ke tangan untuk selalu menulis. Seperti bom atom yang meledak-ledak tak karuan. Nah, inilah yang disebut dengan fase menulis yang sebenarnya. Dan jika belum pernah menulis, mungkin awalnya akan terasa berat dan kaku. Otak belum mampu bekerja secara maksimal. Menulislah menurut kemampuan sendiri, anggaplah apa yang kita tulis lebih baik dari STA, Chairil Anwar, dan lainnya. Jangan minder dengan tulisan kita.

Ide untuk menulis sewaktu-waktu bisa datang. Jangan biarkan itu melayang dari otak. Ambilah HP atau buku, lalu catatlah agar tidak lupa. Suatu saat bisa dituangkan menjadi sebuah tulisan. Kemudian menulislah secara teratur agar kemampuan menulis kita menjadi lebih baik dan tidak belepotan ke mana-mana.

Tips menulis yang sangat hebat bagi saya, yaitu menulis sesuai dengan mood masing-masing. Menurut saya, jika kita sedang gamang atau apalah, pasti otak akan bekerja dengan sendirinya mencari kata-kata yang pas untuk dituangkan ke dalam suatu catatan kecil. Sedangkan kalau mood lagi baik dan senang, otak justru akan mengirimkan sinyal yang sedikit, heheh.

Selanjutnya, setelah menulis kita harus mengevaluasi tulisan kita dan meminta pendapat dari orang lain. Dari situ kita bisa tahu apakah cara menulis kita sudah benar atau tidak. Pada dasarnya menulis itu mudah dilakukan. Kita hanya perlu sebuah ide dan menuangkannya dalam rangkaian kalimat yang mudah untuk dibaca dan dipahami isinya. Jika kita belum terbiasa menulis, jangan ragu untuk memulainya. Kesalahan akan menunjukkan kita jalan kebenarannya. Dengan latihan yang rutin, kita pasti mampu menciptakan karya tulis yang bagus dan menarik untuk dibaca.

Terima kasih. Itu ide saya yang muncul secara tiba-tiba waktu membaca mention dari Mimin tadi. Hahah.

Selamat berkarya dan selamat menulis!

@Datudwija

 

 



Share |
Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni