slogan leutika prio

Membuat Tulisan Anda Memukau Pembaca

Posted: 20-11-2012 11:24

Sender: Diyah pitaloka

 

 

 

Menulis,  merupakan pekerjaan gampang gampang susah. Bagi yang tidak pernah menulis menuangkan ide dalam bentuk narasi satu halaman  agak susah, tapi bagi yang sudah terbiasa menulis, satu ide sederhana bisa menjadi narasi satu halaman, dibawah ini ada beberapa tips  untuk menghasilkan tulisan yang bagus, bagi penulis pemula

1.      Membaca Buku

Banyaklah membaca, jangan batasi membaca buku yang berstempel best seller saja, buku yang tidak best seller pun wajib anda baca, dengan begitu anda akan mempelajari :

·    Kenapa buku ini ceritanya menarik, kenapa buku ini ceritanya tidak menarik

·    Tulisan, dengan membaca berbagai macam jenis buku, anda akan mempelajari berbagai macam bentuk tulisan dan berbagai macam alur cerita

2.      Menentukan Alur Cerita.

Setelah menemukan ide,  tentukan alur. Ide anda bagus, tapi kalau alur tidak jelas membuat pembaca buku anda akan bingung.  

Jika anda pernah membaca buku Harry potter, tentu anda akan dibuat terpesona dengan alur cerita yang detail.

Ide cerita tentang sihir pernah dipublikasikan sebelum Harry Potter terbit, dan kenapa buku Harry Potter bisa menjadi best seller, salah satu jawabannya adalah JK. Rowling menulis sangat detail, hingga terbentuk alur yang sempurna dan berbeda dengan cerita sihir yang lainnya. Pada setiap bab dari buku satu sampai buku tujuh pembaca akan diajak berimajinasi.

3.      Menentukan klimaks yang berbeda

Ingin buku anda meninggalkan kesan yang mendalam buat membaca, buatlah klimaks yang berbeda. inti cerita boleh sama tapi klimaks berbeda akan membuat buku anda tidak bosan dibaca berulang ulang.

Oke writter, menulis adalah seni, jadi teruslah berkarya, dan tetap semangat.

Pipit Di

Penulis, Trilogy Seven Of Wind : Time Machine

@sevenofwind

 


 

 



Share |
Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni