slogan leutika prio

Menerbitkan Murah Ala Pelajar

Posted: 15-04-2013 13:27

Sender: admin

 

Yuhuuu…!

Alhamdulilah akhirnya admin twitter diperbolehkan untuk membuat tulisan di website LeutikaPrio, nggak hanya tulisan untuk nouvalitera.blogspot.com saja. Naik level. Horree, horree!!

Seperti yang Mimin janjikan, Mimin mau share cara menerbitkan murah di LeutikaPrio ala pelajar. Beberapa waktu lalu Mimin sudah share hal ini di twitter, tapi mungkin banyak yang tidak menyimak. So, Mimin berinisiatif untuk menulis hal ini di web dan disetujui oleh sang penguasa web leutikaprio.com. Sebenarnya tips ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, terutama bagi kalian yang memiliki komunitas. Seperti apa sih? Simak ya….

Buat yang masih pelajar, kalian bisa memanfaatkan paket Prolounching untuk menerbitkan karya bareng teman-teman sekelas. Iya, paket yang mempunyai fasilitas buku yang akan publish di web dalam 45 hari kerja dan akan mendapatkan 25 eksemplar sebagai bukti terbit bisa digunakan untuk bareng-bareng supaya biaya lebih ekonomis. Kalau spesifikasi lain dari paket Pro-Lounhcing sudah hafal, kan? Kalau belum kalian bisa lihat di Paket Penerbitan.

Nah, cara memanfaatkan Paket Penerbitan Pro-Lounching seperti apa? Ikuti arahan (ampun deh kayak guide aja) Mimin.

1.        Ajak teman-teman yang sama-sama memiliki hobi menulis untuk menerbitkan bareng. Kalian bisa lho menerbitkan buku kumpulan puisi, kumpulan cerpen, kumpulan gombalan, atau cerita kesan pertama kalian waktu masuk sekolah. Pokoknya yang seru-seruan boleh deh, kan di LeutikaPrio tidak pernah menolak naskah. Eh, tapi tetap harus dibicarakan lebih matang ya konsepnya, biar lebih kece kalau mau dipromosikan ke teman-teman sekolah. Bisa juga kalian membuat kompetisi atau event menulis di sekolahan, bisa diikuti oleh semua siswa atau anggota sekolah termasuk guru dan TU. Pasti keren banget tuh. Selain dengan event akan menghasilkan naskah yang lebih oke, tentu juga akan ada rasa bangga bagi setiap pemenang yang ikut serta. ^^V

2.        Lalu apakah paket lain nggak boleh dipakai untuk menerbitkan bareng? Sebenarnya sih boleh saja mengambil paket yang lain. Hanya saja, untuk paket Pro-Lounching kalian akan mendapatkan 25 eks bukti terbit. Nah, kan bisa dibagi-bagi untuk yang ikut nulis, kalau memilih paket penerbitan yang bukti terbitnya 1 eks saja, ntar pada rebutan. Iya, nggak?

Mumpung hitungan matematika Mimin lagi cetar-cetarnya, simak reng-rengan biaya yang Mimin buat jika kalian mengambil paket Pro-Lounching:

Biaya penerbitan 1 juta dibagi (misalnya) 25 anak, maka: Rp 1.000.000,- : 25 = Rp 40.000,-

Nah, setiap anak hanya membayar Rp 40.000,- dan sudah mendapatkan 1 bukti terbit. Keren banget, kan??

Kalau misalnya ada 40 anak, bagaimana? Gampang, supaya masing-masing anak mendapatkan 1 bukti terbit, caranya pesan 15 buku lagi. Mahal, dong? Enggak ah, kan kalau pembelian di atas 250.000 ada diskon pembelian buku . Jadi lebih irit beli sekalian banyak. Nih, simak lagi hitungan Mimin seandainya satu buku kalian seharga Rp 60.000,-:

(Biaya penerbitan + biaya pembelian buku 15 buku) : jumlah anak =

Harga buku Rp 60.000,- x 15 = 900.000 (diskon 20%) jadi Rp 720.000,-

Semua biaya penerbitan dan pembelian cetak buku ditanggung seluruh anak yang berpartisipasi, jadi harus dibagi rata. So, setiap anak perlu membayar Rp 43.000,- (1.720.000 : 40)

Keren, kan? Hanya dengan Rp 43.000,- buku antologi satu kelas sudah bisa diterbitkan di LeutikaPrio dan setiap anak sudah mendapatkan 1 eksemplar bukti terbit. Hanya? Iya, hanya. Coba berapa rupiah yang kalian keluarkan untuk membeli pulsa setiap bulannya? Atau berapa uang yang kalian keluarkan untuk membeli baju? Padahal barang-brang yang Mimin sebutkan tadi sifatnya nggak abadi. Kalau kalian menerbitkan buku di LeutikaPrio, buku bisa dipesan kapan saja. Dengan menerbitkan buku, karya kalian akan lebih abadi.

Biaya Rp 43.000,- itu jika kalian menggunakan biaya sendiri. Coba kalau kalian bisa mencari sponsor atau mendapatkan biaya dari sekolah, pasti biaya yang kalian keluarkan akan jauh lebih murah. Iya, kan? Kalau kalian kreatif, mungkin malah bisa mencari biaya untuk cetak massal 1.000 eks dan didistribusikan di TB Gramedia. Belum tahu info tentang ini? Bisa lho kalian cek di Distribusi Nasional. Mumpung paket Distribusi Nasional sedang diskon 25% di bulan April ini.

Coba bayangkan ekspresi orang tua atau gurumu ketika tahu bukumu ada di toko buku Gramedia. They should be proud of you. Oke, segitu saja ya tips dari Mimin. Selamat berkarya, selamat mencari partner, dan selamat mencari sponsor. Kalau ada yang ingin ditanyakan mengenai hal ini, bisa langsung hubungi tim redaksi di redaksileutikaprio@hotmail.com. Mimin dan juga teman-teman yang lain siap membantu kalian. ^^

 

 

Penuh cinta

Admin twitter LP

 



Share |
Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni