slogan leutika prio

Walfarianto, S.Pd., SIP., M.Si

Walfarianto, S.Pd., SIP., M.SiE-Mail: walfarianto[aT]gmail.com

Walfarianto,S.Pd., SIP., M.Si. lahir di Tanjungkarang, 06 September 1968. Memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) pada program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewargaan Negara (PMPKN) di IKIP PGRI Yogyakarta (sekarang Universitas PGRI Yogyakarta/




Daftar Buku

Jumlah buku:4

1. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanDalam proses belajar mengajar di sekolah, guru memiliki peran yang strategis untuk pencapaian tujuan pendidikan nasional. Pemenuhan guru-guru yang profesional dan berkualitas menjadi perhatian utama pemerintah. Guru yang profesional memiliki ciri-ciri antara lain: menguasai substansi bidang studinya secara mendalam dan meluas, dapat melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang mendidik, berkepribadian, dan memiliki komitmen dan perhatian terhadap perkembangan peserta didik maupun berjiwa inovati

2. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan TinggiPendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu langkah strategis dalam menghadapi perkembangan globalisasi yang akan berdampak pada keseluruhan aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Konflik nilai, benturan nilai, kekaburan nilai sebagai salah satu hal yang tidak bisa kita hindarkan. Semangat kebangsaan, nasionalisme, bela negara bagi generasi muda dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia harus tetap tegak kuat di tengah arus global yang dasyat ini. Buku ini diharapkan dapat menjadi langkah penting untuk mengantisipasi perkembangan pesat globalisasi. Buku ini memuat materi: Pancasila sebagai sistem filsafat, identitas nasional, politik dan strategi nasional, demokrasi Indonesia, hak asasi manusia dan the rule of law, hak dan kewajiban warganegara, geopolitik Indonesia dan geostrategi Indonesia.

3. Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Pendidikan Pancasila untuk Perguruan TinggiBenarkah nilai-nilai Pancasila mulai memudar dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara? Benarkah nilai-nilai Pancasila mulai terpinggirkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut pembaca tentu bisa merasakan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Melalui berbagai macam informasi yang kita dapatkan baik media cetak maupun elektronik kita juga dapat memperkuat jawaban dari pertanyaan di atas. Kehadiran buku ini diharapkan mampu untuk mengembalikan karakter generasi muda kejatidiri bangsa dalam bersikap dan berperilaku sebagai warganegara yang religius, humanis, nasionalis, demokratis dan berkeadilan. Buku ini memuat materi: Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, Pancasila sebagai ideologi negara, Undang-undang dasar 1945 dan pelaksanaannya, Pancasila sebagai paradigma pembangunan dan terakhir memuat tentang Hak asasi manusia.

4. PANCASILA YURIDIS KENEGARAAN
PANCASILA YURIDIS KENEGARAANPancasila sebagai dasar negara membawa konsekuensi Pancasila sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara. Organisasi negara ini diatur berdasarkan Pancasila bukan yang lain. Untuk dapat mengetahui bagaimana organisasi negara ini diatur maka kita bisa melihat dalam konstitusi negara yakni UUD 1945 dan peraturan perundangan di bawahnya. Buku Pancasila Yuridis Kenegaraan ini membahas Pancasila dari aspek Yuridis ketatanegaraan. Kehadiran buku ini diharapkan mampu untuk memberikan pemahaman bagaimana organisasi negara ini diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Buku ini memuat materi: Tinjauan historis Pancasila, Proklamasi, pembukaan, Pancasila dan batang tubuh, Konstitusi dalam sistem penyelenggaraan negara Indonesia, Lembaga Perwakilan dalam ketatanegaraan Indonesia, Presiden dalam sistem pemerintahan Indonesia, Sistem pemerintahan daerah, kekuasaan Kehakiman, Sistem keuangan negara Indonesia dan Demokrasi Pancasila menurut UUD 1945.

Leutika Leutika