slogan leutika prio

dr. Samuel Sembiring

dr. Samuel SembiringE-Mail: dokter[aT]samuelkarta.com

Samuel Pola Karta Sembiring. Lahir di Medan tanggal 21 April 1991. Telah menyelesaikan pendidikan sarjana dan program profesi kedokteran dari FK USU. Kini penulis aktif mengelola websitenya, menulis artikel dan buku-buku kesehatan.




Daftar Buku

Jumlah buku:3

1. Diagnosis Diferensial Nyeri Lutut
Diagnosis Diferensial Nyeri LututGejala nyeri lutut merupakan gejala yang umum dan hampir semua orang alami. Nyeri lutut bukanlah penyakit tetapi manifestasi dari kondisi atau penyakit yang mendasarinya. Manifestasi ini dapat timbul mulai dari suatu kondisi yang fisiologis hingga penyakit yang bersifat fatal. Trauma atau benturan pada lutut tentu mengakibatkan nyeri pada lutut. Dan nyeri ini bersifat wajar, karena adanya reaksi inflamasi maupun produksi prostaglandin lokal terhadap reaksi trauma. Namun trauma juga dapat bersifat patologis ketika faktor trauma menjadi faktor risiko bagi penyakit lain. Misalnya trauma yang mengakibatkan fraktur, perdarahan di dalam sendi lutut, nekrotik tulang dalam sendi lutut dan sebagainya. Saat ini praktisi medis terutama dokter sering berhadapan dengan pasien-pasien yang membawa keluhan nyeri lutut. Penegakan diagnosis gejala ini tidaklah mudah. Dibutuhkan kemampuan untuk menelaah gejala melalui anamnesis, pemeriksaan fisik serta dikonfirmasi dengan pemeriksaan penunjang. Kesalahan penegakan diagnosis tidak jarang terjadi. Berangkat dari alasan itu, buku ini akhirnya ditulis agar dapat meningkatkan wawasan praktisi kesehatan supaya memperkecil kemungkinan misdiagnosis serta meningkatkan ketanggapan dan ketepatan dalam mendiagnosis penyakit. Sebab tidak sedikit diagnosis penyakit jarang yang akhirnya dijumpai pada praktiknya.

2. Nyeri Kepala: Kenali dan Cegah
Nyeri Kepala: Kenali dan CegahNyeri kepala merupakan salah satu gangguan atau penyakit yang umum diderita oleh banyak orang. Nyeri kepala bisa merupakan penyakit ataupun gejala dari penyakit yang lain. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang berat. Sehingga nyeri kepala tidak boleh dianggap sepele. Secara umum nyeri kepala dapat terbagi atas nyeri kepala primer, sekunder maupun nyeri kepala lain yang tak terklasifikasi. Nyeri kepala primer merupakan yang paling sering diderita, diantaranya nyeri kepala tipe tegang, migraine, dan nyeri kepala cluster. Buku ini ditulis untuk mengulas berbagai tipe nyeri kepala sehingga para pembaca dapat mengenali setiap jenisnya serta gejala hingga cara mencegahnya. Buku ini dapat dibaca oleh praktisi medis maupun masyarakat awam untuk menambah wawasan. Dalam buku ini juga disertakan beberapa pertanyaan populer seputar nyeri kepala. Semoga pengulasan tersebut dapat menjawab pertanyaan Anda juga.

3. Mengapa Kita Batuk?
Mengapa Kita Batuk?Tidak sedikit masyarakat salah kaprah dengan istilah batuk. Sebagian menyebut dengan istilah penyakit batuk, padahal batuk adalah gejala dari penyakit paru sehingga untuk menyembuhkan keluhan ini, penyebabnya yang harus dicari dan diatasi. Penyakit paru masih memiliki porsi penting dalam dunia kesehatan Indonesia. Pasalnya,kasus penyakit paru di Indonesia masih cukup tinggi, terutama tuberkulosis. Kita masih berupaya untuk menekan angka ini. Namun, hal ini masih sulit sebab untuk mengobati tube

Leutika Leutika