slogan leutika prio

Suara Pelajar (Sehimpunan Puisi Pelajar Pangkep)

Penulis: Ayu Lestari,dkk, Kategori: Kumpulan Puisi
Suara Pelajar (Sehimpunan Puisi Pelajar Pangkep)
Zoom
ISBN: 978-602-225-727-1
Terbit: Agustus 2013
Halaman : 138, BW : 138, Warna : 0
Harga: Rp. 48.800,00
Deskripsi:
Puisi dalam buku ini merupakan karya pelajar Pangkep yang tergabung dalam Komite Komunitas Pelajar Pangkep (KPLP). Mereka bertemu di tahun 2011 dan sepakat membentuk komunitas. Dalam perjalanannya kemudian, pelajar-pelajar ini hendak membuktikan sesuatu sebelum seragam putih abu-abu ditanggalkan. Ada 15 pelajar dari 5 sekolah menengah atas (SMA) dalam proyek ini. Dan, 52 judul puisi telah lahir, jika disatukan, maka akan terkumpul 5.577 kata. Inilah yang hendak mereka buktikan, sebuah buku kumpulan puisi pertama dari pelajar Pangkep. 

Sejatinya, buku ini sudah terbit sejak 2012 silam. Tahun ketika 15 pelajar itu masih mengenakan seragam putih abu-abu. Hanya saja, ada beberapa hal yang memungkinkannya tertunda, banyak sekali, sehingga tak perlu disebutkan satu-satu di sini. Setelah buku ini terbit, 6 dari 15 pelajar penyair itu telah menyelesaikan studinya. Mereka adalah: Arfina Purnama Effendi (SMU Negeri 1 Pangkajene), Raniansyah Rahman (SMA Negeri 2 Pangkajene) Syarifa Nisrinah, Uswatun Hasanah (Pesantren IMMIM Putri Minasatene), Deliama HR dan Fajar Latif (Madrasah Aliya Negeri Pangkep). Tapi, mereka tetaplah bagian dari generasi pelajar Pangkep yang hendak membuktikan sesuatu itu, sesuatu yang tak biasa di kalangan pelajar. Menerbitkan buku. Akhirnya, selamat mengeja 54 judul puisi dari 15 pelajar dari 5 sekolah yang telah bersatu mengumpulkan 5.577 kata. Mungkin inilah suara pelajar itu.
***

Bangga! Saya sangat bangga dengan kehadiran buku kumpulan puisi pelajar Pangkep ini. Buku yang sangat kaya dengan beragam tema serta beragam cara pandang khas remaja untuk melihat pelbagai kondisi di sekitar mereka. Cinta, persahabatan, hingga protes disajikan di buku ini dengan cara yang indah. Dalam bayangan saya, buku ini seharusnya menjadi bacaan bagi orang tua dan pengambil kebijakan agar mereka bisa menyelami apa yang ada di pikiran remaja-remaja kita. (Zulkifli, penulis buku kelahiran Pangkep, kini bergiat di media online www.pascadunia.com)

Menulis merupakan aktivitas curhat yang kreatif dan hal tersebut ditemukan Ayu Lestari dan kawan-kawan. Mereka datang menceritakan sesuatu yang lain dengan cara yang berbeda. Membaca buku ini, kita akan menemukan keriangan, kegelisahan, dan keluguan yang dibalut kejujuran. Tentu saja sangat layak diberi apresiasi. 
Penting kiranya hal seperti ini dibumikan di kalangan pelajar-generasi muda untuk pengembangan sastra ke depannya. Semoga kumpulan puisi suara pelajar ini memberikan inspirasi bagi pelajar lain untuk melakukan hal yang sama. (Irhyl R. Makkatutu, penyair dan cerpenis)

Download contoh buku: Download

Dilihat: 2287 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Buku Pertama di Desa Rangkat
  • Pendosa (Book of Poetries and My Darkest Thoughts)
  • Ketika Aku Berjalan
  • ANAK-ANAK BUMI MANUSIA
  • Puisi 2 Dimensi



Review

Belum ada review

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika