slogan leutika prio

Kategori Buku Ajar

1. Buku Panduan Penggunaan MyKlass

Buku Panduan Penggunaan MyKlassPada saat ini pembelajaran di perguruan tinggi tidak hanya dilakukan secara luring dikelas namun juga secara daring menggunakan fasilitas aplikasi berbasis website/internet. Kegiatan pembelajaran di UMY yang dilakukan secara daring salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyKlass UMY. Diharapkan dengan penggunaan MyKlass UMY dapat membantu admin, dosen serta mahasiswa dalam menunjang proses belajar mengajar baik secara luring maupun daring. Proses pembelajaran secara daring ini dapat dipergunakan untuk kuliah klasikal, diskusi, absensi mahasiswa serta penilaian secara langsung di sistem MyKlass. Ibarat pepatah “tak ada gading yang tak retak”, masih banyak kekurangan dalam penyusunan buku ini. Kritik dan saran yang membangun kami harapkan guna pengembangan kedepannya. Akhir kata semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca.

2. Jokowi Dalam Bingkai Media

Jokowi Dalam Bingkai MediaSejatinya semua naskah yang ada dalam buku ini ditulis pada awal tahun 2014. Sebagian sudah disebarluasakan di Blogger Kompasiana. Ada 5 media cetak nasional dan satu media regional serta empat media online yang akan menjadi rujukan dan bahan utama buku ini. Pada saat itu (2014) media-media tersebut mendominasi pasar media di Indonesia. Buku ini akan memaparkan berbagai fakta yang dikonstruksi oleh media massa. Konteksnya adalah pemberitaan media massa terhadap perjalanan Jokowi sebelum, dan setelah menjadi Gubernur DKI Jakarta serta fenomena majunya Jokowi sebagai Calon Presiden. Buku ini lahir dari banyak ketidaksempurnaan. Bisa dikatakan buku ini lebih sekedar cermin kecil untuk memantulkan samudera realitas sosial politik yang sangat luas dan tak terbatas, tentu sudut pandangnya sangat “tidak memadahi” untuk menjadi alat ukur, barangkali lebih pada sekelumit catatan-catatan kecil yang mungkin bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya para peminat Ilmu Komunikasi dan Media massa.

3. MODUL MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SATELITE (GPS) DAN EPI INFO

MODUL MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SATELITE (GPS) DAN EPI INFOModul ini disusun dalam rangka mengakomodasi berbagai mata kuliah yang ada di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, termasuk mata kuliah Sistem Informasi Geografis Kesehatan Lingkungan dan Analisis Spasial Kesehatan Lingkungan. Buku modul ini merupakan persembahan oleh salah satu tim penulis, yakni Almarhum Arief Kurniawan Nur Prasetyo, yang telah mendahului kita semua dan mudah-mudahan menjadi salah satu karyanya ini dapat menjadi ladang amal jariyah.

4. PERANGKAT SSP BERBASIS STEM KIMIA KELAS X IKATAN KIMIA

PERANGKAT SSP BERBASIS STEM  KIMIA KELAS X    IKATAN KIMIAPendidikan STEM ( Science, Technoloy, Engineering, Mathematic) tidak bermakna hanya penguatan praksis pendidikan dalam bidang-bidang STEM secara terpisah, melainkan mengembangkan pendekatan pendidikan yang mengintegrasikan antara sains, teknologi, teknik, dan matematika untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan profesi. Selain mengembangkan konten pengetahuan dibidang sains, teknologi, teknik, dan matematika, pendidikan integrasi juga berupaya untuk menumbuhkan soft skill seperti penyelidikan imiah dan kemampuan memecahkan masalah. Perangkat SSP ini mengacu pada pembelajaran STEM pada materi ikatan kimia. Dalam materi pokok dipaparkan tentang konsep kestabilan unsur, lambing Lewis, ikatan ion, ikatan kovalen, kepolaran senyawa kovalen, dan ikatan logam. Perangkat SSP ikatan kimia berbasis STEM ini dirancang menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi 3 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan tahap pengembangan (development).

5. Dinamika Beban Kerja Tim Kesehatan di Indonesia

Dinamika Beban Kerja Tim Kesehatan di IndonesiaKualitas pelayanan publik sangat ditentukan oleh sistem dan tenaga pelayanan. Ketenagaan pelayanan seringkali menghadapi kendala dalam hal jumlah, sebaran, mutu dan kualifikasi, sistem pengembangan karir, dan kesejahteraan tenaga pelaksana pelayanan. Permasalahan yang muncul dalam tataran mikro operasional memunculkan persepsi rendahnya kualitas pelayanan, yang berawal dari kesenjangan antara aturan dan standar yang ada dengan pelaksanaan pelayanan yang tidak dapat menerapkannya. Buku ajar ini berfungsi sebagai panduan mahasiswa tentang perhitungan beban kerja tenaga kesehatan dalam mata kuliah kolaborasi dan kerjasama tim kesehatan dan mata kuliah sejenis. Diharapkan buku ini dapat menjadi pegangan dan bahan berguna untuk pengajaran pada mahasiswa yang dapat memamahi pengembangan kebijakan implementatif ketenagaan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan publik.

6. TEORI SOSIOLOGI KLASIK

TEORI SOSIOLOGI KLASIKTeori sosiologi klasik merupakan salah satu, maka kuliah yang diajarkan diperguruan tinggi khususnya bagi mahasiswa di Jurusan Sosiologi. Dalam mata kuliah ini diajarkan berbagai pendapat oleh para sosiolog tentang masyarakat dan segala unsur-unsur yang terdapat dalam masyarakat termasuk perilaku manusia atau tindakan sosial dan juga mengenai hubungan antara individu.

7. Model Pemasaran Produk UMKM

Model Pemasaran Produk UMKMBuku ini merupakan hasil dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Tim Pengabdian gabungan dari Universitas YARSI bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Dikti. Buku ini terdiri dari empat Bab yang terdiri dari : Bab I membahas Gambaran Umum Kelompok Usaha Warung Sejahtera, Bab II membahas Manajemen Pengembangan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah, Bab III membahas Manajemen Pemasaran Produk, dan Bab IV membahas Pemilihan Dan Pemanfaatan Platform Sosial Whatsapp Business Bagi UMKM. Harapan penulis tentu buku ini dapat dijadikan referensi baik dunia Perguruan Tinggi, Kementerian Koperasi dan UMKM, dan para stakeholder pengelola UMKM, mudahan-mudahan buku ini dapat menambah wawasan semua pihak akan pentingnya digital marketing pada UMKM.

8. Prinsip Komunikasi Perencanaan Gizi dan Pangan

Prinsip Komunikasi Perencanaan Gizi dan PanganMemperhatikan kurikulum Pendidikan Diploma dan Sarjana Terapan Gizi Kemenkes RI Tahun 2014, yang berdasarkan penyusunannya mengacu pada Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) untuk implemetasinya diperlukan pendukung bahan ajar yang sesuai dengan profil dan capaian pembelajaran agar diperoleh luaran pendidikan yang bermutu, profesional, dan kompetitif di percaturan nasional dan internasional. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat sangat diperlukan guna mengisi pembangunan nasional Indonesia. Upaya peningkatan derajat kesehatan salah satunya melalui perbaikan gizi masyarakat. Gizi yang seimbang dapat meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan kecerdasan, dan menjadikan pertumbuhan yang normal. Indonesia saat ini menghadapi masalah gizi dengan manifestasi beban ganda (double burden nutrition). Masalah gizi bermanifestasi gizi kurang (undernutrition) dan gizi lebih (overnutrition) serta kekurangan zat gizi mikro. Munculnya beban ganda masalah gizi menambah permasalahan pembangunan nasional dan perlambatan pencapaian kualitas SDM suatu bangsa. Masalah gizi ganda terjadi akibat transisi epidemiologi gizi, antara lain: (1) perubahan piramida penduduk, (2) perubahan tingkat sosial ekonomi, dan (3) kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEKS). iv Buku “Prinsip Komunikasi Perencanaan Gizi dan Pangan” ini disusun guna memenuhi tuntutan kompetensi lulusan program pendidikan diploma dan sarjana gizi di Indonesia. Uraian yang singkat, ringkas, dan disertai contoh yang dapat diikuti akan mempercepat penguasaan pembelajaran dan profesionalisme lulusan. Kami menyadari bahwa dalam penyusunannya masih dirasakan adanya kekurangan, oleh karenanya kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diperlukan untuk penyempurnaannya.

9. AGROHIDROLOGI Senandung Kehidupan Tentang Pencemaran Air

AGROHIDROLOGI  Senandung Kehidupan Tentang Pencemaran AirSejak awal diciptakan, aliran sungai yang mengalir ke laut begitu indah dan alami. Riak merdu airnya mampu memberikan nada indah di dalam rangkaian kehidupan ikan, tumbuhan, siput dan semua organisme yang hidup di dalamnya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan hidup menyebabkan mulai terdengar nada sumbang dari ekosistem perairan dan sekitarnya. Deterjen, pupuk dan pestisida telah dikenal sebagai bahan potensil penyebab terjadinya pencemaran air. Produk kimia berteknologi tinggi ini telah memberikan banyak kemudahan kepada manusia. Hal ini merupakan salah satu terobosan teknologi yang sangat spektakuler. Beberapa kesalahan fatal di dalam aplikasi pupuk dan pestisida kimiawi yang memakai dosis diluar anjuran telah menimbulkan masalah yang berkepanjangan menimpa lingkungan dan semua komponen yang berinteraksi di dalamnya. Siklus agrohidrologi yang dominan menggunakan air telah teracuni dengan bahan berbahaya yang berdampak negatif kepada lingkungan sekitarnya. Buku ini memberikan pemahaman bagaimana terjadinya siklus hidrologi, hewan dan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai indikator kualitas lingkungan. Begitu indah makna rangkaian kata yang tersusun di dalamnya sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa, pelajar dan praktisi yang tertarik untuk belajar tentang pencemaran air dan teknik penanggulangannya.

10. TUNTAS KANJI JLPT N5

TUNTAS KANJI JLPT N5Sama seperti tuntas kanji n5 revisi, cetakan terakhir

11. RINTIHAN BENIH DALAM DEKAPAN LUMBUNG PENYIMPANAN

RINTIHAN BENIH DALAM DEKAPAN LUMBUNG PENYIMPANANPernahkah anda mendengar rintihan benih di dalam lumbung penyimpanan?Coba bayangkan bagaimana rasanya jika anda menjadi sebutir benih yang terkurung di dalam karung plastik. Pasti seribu rasa bercampur aduk bagaikan memakan permen nano-nano. Sesak, pengap, ditambah nyeri mendera karena luka gigitan serangga nakal yang merusak kulit benih simpanan tersebut. Biji yang dihasilkan oleh tumbuhan merupakan hasil nyata dari suksesnya proses pembuahan. Nasib biji tersebut sangat tergantung pada keputusan petani sebagai pelaku utama di lahan. Biji dapat dikonsumsi oleh keluarganya, dijual atau dikembalikan ke lahan pada saat musim tanam berikutnya. Bagaimana pendapat anda melihat benih kacang hijau yang banyak lubangnya karena dimakan serangga?Menurut pendapat anda, apakah benih yang telah rusak seperti itu dapat tumbuh menjadi tanaman sempurna?serangga apa saja yang menyerang komoditi pertanian yang berada di dalam lumbung penyimpanan? Semua pertanyaan dan informasi yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, teknik pengeringan benih, penyimpanan dan pengemasan benih, jenis komoditi dan serangga perusaknya dikupas tuntas dalam buku ajar ini. Pembaca akan diperkenalkan dengan berbagai macam Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) khususnya yang berasal dari kelompok serangga perusak benih di lumbung atau gudang penyimpanan. Semua topik menarik ini telah dijabarkan dalam bahasa yang mudah dipahami oleh pelajar, mahasiswa dan praktisi yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuannya dalam mempelajari masalah penyimpanan benih. Selamat membaca.

12. Kepemimpinan Strategis, Desain Pekerjaan Terhadap Motivasi Dan Kinerja Sumber Daya Manusia

Kepemimpinan Strategis, Desain Pekerjaan Terhadap Motivasi Dan Kinerja Sumber Daya ManusiaBuku ini membahas tentang Kepemimpinan strategis, desain pekerjaan terhadap Motivasi dan Kinerja Sumber daya manusia khususnya Perbankan. Buku ini terwujud sejalan dengan program transformasi yang tengah dijalankan oleh Bank Sulselbar dalam melakukan inovasi untuk memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan. Serta hasil diskusi dengan para ahli dan praktisi perbankan yang senantiasa memberi dukungan pemikiran dan data terupdate khusunya menyangkut sumber daya manusia. Bagi pembaca yang memerlukan referensi terkait sumber daya manusia buku ini sangat tepat karena disusun dengan dengan sangat simpel dan dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti agar memudahkan pembaca memahami isinya.

13. PERKEMBANGAN & TEORI PENGISIAN JABATAN PIMPINAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) DARI MASA KE MASA

PERKEMBANGAN & TEORI  PENGISIAN JABATAN PIMPINAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) DARI MASA KE MASADalam buku ini penulis memaparkan mengenai Perkembangan Dan Teori Pengisian Jabatan Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dari Masa ke Masa. Penulis yang merupakan seorang Pegawai di BPK RI sangat kompeten melakukan analisisnya dari beberapa teori dasar pengaturan pengisian jabatan anggota BPK dan perkembangannya. Analisisnya dilanjutkan dengan membahas mengenai implikasi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 13/PUU-XII/2013 terhadap aturan pengisian jabatan dalam Undang-Undang tentang Badan Pemeriksa Keuangan.Susbtansi buku ini akan sangat dibutuhkan oleh Para Dosen khususnya desen hukum dan para mahasiswa yang ingin menambah wawasann dalam mempelajari masalah ketatanegaraan di Indonesia khususnya terkait lembaga lembaga pengawasan dan keuangan negara. Hal ini sejalan dengan semakin dinamisnya kehidupan ketatanegaraan kita pada masa pasca reformasi.

14. KHATAM DASAR-DASAR AUTOCAD 2D DALAM 7 HARI

KHATAM  DASAR-DASAR AUTOCAD 2D DALAM 7 HARIBuku ini membahas mengenai: 1. Pengenalan Computer Aided Design (CAD) dan Autocad; 2. Petunjuk Unduh dan Penginstalan Autocad Free Licensed for Education;3. Dasar-dasar ketrampilan menggambar;4. Kelengkapan Tool Bantu Menggambar;5. Perintah pemilihan entitas;6. Menggunakan Objek Berbentuk Curve;7. Mengontrol Penampilan Objek;8.Penggabungan tampilan Objek; 9. Menggunakan Hatching; 10. Perintah Modifikasi Penggambaran; 11. Mengedit Teks dan Leader; 12. Menggunakan Perintah Dimensi; 13. Bekerja dengan menggunakan beberapa gabungan tool; 14. Membuat Kepala Gambar (Etiket) dan Ploting.

15. LOLOS SIMAK UI 2021 dibawahnya ditulis BIOLOGI

LOLOS SIMAK UI 2021   dibawahnya ditulis BIOLOGIBuku Lolos Simak UI 2021 Berisi kumpulan soal SIMAK UI Biologi dari tahun 2009 beserta pembahasannya.Soal dikelompokkan berdasarkan materi sehingga lebih fokus dan mudah dipelajari dan dijelaskan secara singkat padat dan jelas.

16. Notaris dan Perannya dalam Perbankan Syariah Indonesia

Notaris dan Perannya dalam Perbankan Syariah IndonesiaSemakin meningkatnya kebutuhan akan produk syariah yang berkaitan dengan produk pembiayaan tentu saja menuntut pemahaman dari berbagai pihak yang ikut berkecimpung di dalamnya, salah satunya adalah notaris. Notaris memiliki peran penting dalam pembentukan akad dalam setiap kesepakatan produk pembiayaan. Notaris akan berperan tidak hanya sekadar menjadi pencatat kesepakatan, tetapi juga sebagai saksi dari akad kesepakatan yang dipilih. Oleh karena itu, pemahaman dan kemampuan notaris dalam menang

17. Hukum Acara Peradilan Pidana: Praktik Sengketa Hukum Peradilan Pidana Di Indonesia

Hukum Acara Peradilan Pidana: Praktik Sengketa Hukum Peradilan Pidana Di IndonesiaSebagai negara yang merdeka dan berdaulat, Indonesia sejak lama telah melakukan usaha-usaha untuk memperbaharui hukumnya, termasuk usaha pembaharuan di dalam lingkup hukum pidana. Pada hukum pidana, pembaharuan yang menyeluruh harus meliputi pembaharuan hukum pidana materiil (strafrecht), hukum pidana formal atau hukum acara pidana (strafvorderingsrecht) dan hukum pelaksanaan pidana (stravoll streckungrecht). Ketiga bidang hukum pidana itu harus secara bersama-sama diperbarui sebab kalau hanya

18. Tuntas Kanji N5: Edisi Revisi

Tuntas Kanji N5: Edisi RevisiPernah bermasalah ketika belajar Kanji? Atau, pernah menyerah ketika belajar Kanji? Kanji memang memiliki karakter dan cara baca yang sangat banyak. Jika tidak memiliki cara belajar dan cara mengajar yang benar, tidak sedikit pembelajar pemula akan menyerah atau menjadi 'trauma' ketika berhadapan dengan Kanji. Buku ini akan menjawab semua permasalahan tersebut. Belajar dan mengajar Kanji akan menjadi lebih mudah. Dengan metode belajar yang benar, Kanji akan menjadi lebih mudah dihafal dan tentun

19. Teknik Pengelolaan Hama dan Penyakit Tanaman Perkebunan

Teknik Pengelolaan Hama dan Penyakit Tanaman PerkebunanTanaman perkebunan adalah spesies tanaman tahunan yang dapat menghasilkan produk bernilai ekonomis dan menjadi komoditi ekspor nonmigas. Saat ini telah dilakukan berbagai upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman tersebut. Namun demikian, pertumbuhan tanaman perkebunan yang potensial sebagai sumber devisa negara tetap mengalami kendala karena adanya serangan OPT (organisme pengganggu tanaman) yang berasal dari kelompok hama dan penyakit. Banyak sekali alternatif pengendalian yang telah dita

20. Perlindungan Tanaman Sayuran Dataran Tinggi

Perlindungan Tanaman Sayuran Dataran TinggiPengendalian organisme pengganggu tanaman (serangga hama dan penyakit) merupakan pisau bermata dua di dalam usaha budi daya sayuran bernilai ekonomis, khususnya yang tumbuh di dataran tinggi. Serangga hama sifatnya sangat mobile dan cepat sekali menyebar dan merusak tanaman sehingga membutuhkan trik khusus untuk menanganinya. Tujuan dilakukannya pengendalian adalah serangga hama harus segera dikendalikan populasinya supaya tidak eksplosif, sedangkan di sisi lainnya memberikan penekanan bahwa pen


Sebelumnya [1] [2] [3] Selanjutnya
Leutika Leutika