slogan leutika prio

Hermien Nugraheni, SKM., M.Kes.

Hermien Nugraheni, SKM., M.Kes.E-Mail: praskoabdullah[aT]yahoo.co.id

1. Hermien Nugraheni, SKM, M.Kes Pekerjaan : Dosen Politeknik Kementerian Semarang Semarang.




Daftar Buku

Jumlah buku:3

1. Perilaku Kesehatan
Perilaku KesehatanMasalah kesehatan masyarakat, terutama di negara-negara berkembang, pada dasarnya menyangkut dua aspek utama. Yang pertama ialah aspek fisik, seperti misalnya tersedianya sarana kesehatan dan pengobatan penyakit, sedangkan yang kedua adalah aspek nonfisik yang menyangkut perilaku kesehatan. Faktor perilaku ini mempunyai pengaruh besar terhadap status kesehatan individu maupun masyarakat. Perilaku manusia merupakan hasil daripada segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkunganny

2. Sterilisasi dan Pengendalian Infeksi Silang
Sterilisasi dan Pengendalian Infeksi SilangTenaga kesehatan secara keseluruhan yang kontak langsung dengan pasien yang sakit sangat berisiko tinggi terhadap penularan penyakit. Penyakit-penyakit seperti HIV, Hepatitis dan lain-lain yang berbahaya ini sangat mungkin menular kepada tenaga kesehatan yang mengobati maupun yang merawat. Untuk mencegah terjadinya penularan-penularan penyakit dari pasien kepada tenaga kesehatan, maka perlu adanya tindakan nyata dan serius, karena apabila tindakan pencegahan penularan penyakit tidak dilakukan dengan baik maka malapetaka yang akan terjadi, dan salah satu metode pencegahan yang paling ampuh untuk mencegah penularan penyakit adalah dengan sterilisasi. Buku ini mengupas tentang apa itu infeksi silang, bagaimana cara mengendalikan infeksi, dan bagaimana prosedur sterilisasi. Bermacam-macam prosedur sterilisasi dijelaskan dibuku dan patut anda pahami dan terapkan untuk perlindungan diri maupun pelaksanaan pengendalian infeksi ditempat-tempat pelayanan kesehatan tempat anda bekerja. Buku ini juga sangat tepat sebagai pegangan dan referensi bagi anda mahasiswa kedokteran, kesehatan, keperawatan, kebidanan dan lain-lain untuk konsentrasi mata kuliah sterilisasi dan pengendalian infeksi.

3. Etika Profesi Perawat Gigi
Etika Profesi Perawat GigiSebagai pelaksana kebijakan kesehatan nasional, perawat harus ikut berperan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan bangsa, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, memelihara kesejahteraan masyarakat, hingga ikut memberikan sumbangan dalam mewujudkan tujuan WHO (World Health Organization). Kewenangan yang dimiliki oleh seorang perawat gigi untuk melaksanakan tugas pelayanannya adalah kewenangan hukum (rechtsbevoegheid). Atas dasar kewenangan inilah, seorang tenaga kesehatan berhak melakukan pengobatan sesuai dengan kompetensinya. Bila persyaratan administratif untuk melaksanakan profesinya telah dipenuhi, maka perawat gigi sebagai pengemban profesi telah memperoleh kewenangan profesional dalam menjalankan pekerjaannya. Namun, bila seorang tenaga kesehatan melakukan pekerjaan tanpa kewenangan, dapat dianggap melanggar salah satu standar profesi tenaga kesehatan. Buku ini mengulas dengan ringkas tentang konsep dasar etika profesi, Keperawatan dan Profesi Perawat Gigi, Standar Kompetensi Perawat Gigi, Standar Pelayanan Asuhan Perawat Gigi, Tanggung Jawab Hukum Perawat Gigi, Aspek Hukum Perawat Gigi dan lain-lain. Buku ini sangat tepat dimiliki oleh tenaga kesehatan khususnya Perawat Gigi agar Perawat Gigi memahami akan etika-etika yang mengatur profesi sekaligus memahami aspek-aspek hukumnya. Perlindungan hukum tenaga kesehatan oleh pemerintah sudah sangat jelas yaitu, bahwa setiap tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya berkewajiban untuk mematuhi standar profesi tenaga kesehatan.

Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni