slogan leutika prio

Perilaku Kesehatan

Penulis: Hermien Nugraheni, SKM., M.Kes., Kategori: Kesehatan
Perilaku Kesehatan
Zoom
ISBN: 978-602-371-403-2
Terbit: Maret 2017
Halaman : 166, BW : 164, Warna : 2
Harga: Rp. 52.600,00
Deskripsi:
 
Masalah kesehatan masyarakat, terutama di negara-negara berkembang, pada dasarnya menyangkut dua aspek utama. Yang pertama ialah aspek fisik, seperti misalnya tersedianya sarana kesehatan dan pengobatan penyakit, sedangkan yang kedua adalah aspek nonfisik yang menyangkut perilaku kesehatan. Faktor perilaku ini mempunyai pengaruh besar terhadap status kesehatan individu maupun masyarakat.
 
Perilaku manusia merupakan hasil daripada segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan tindakan. Dengan kata lain, perilaku merupakan respons/reaksi seorang individu terhadap stimulus yang berasal dari luar maupun dari dalam dirinya. Respons ini dapat bersifat pasif (tanpa tindakan: berpikir, berpendapat, bersikap) maupun aktif (melakukan tindakan). Sesuai dengan batasan ini, perilaku kesehatan dapat dirumuskan sebagai segala bentuk pengalaman dan interaksi individu dengan lingkungannya, khususnya yang menyangkut pengetahuan dan sikap tentang kesehatan, serta tindakannya yang berhubungan dengan kesehatan.
 
Biasanya orang terlibat dengan kegiatan medis karena tiga alasan pokok, yaitu: (1) untuk pencegahan penyakit atau pemeriksaan kesehatan pada gejala penyakit belum dirasakan (perilaku sehat); (2) untuk mendapatkan diagnosis penyakit dan tindakan yang diperlukan jika ada gejala penyakit yang dirasakan (perilaku sakit); (3) untuk mengobati penyakit jika penyakit tertentu telah dipastikan agar sembuh dan sehat seperti sedia kala, atau agar penyakit tidak bertambah parah (peran sakit–sick role behaviour).
 
Orang tidak akan mencari pertolongan medis atau pencegahan penyakit bila mereka kurang mempunyai pengetahuan dan motivasi minimal yang relevan dengan kesehatan, bila mereka memandang keadaan tidak cukup berbahaya, bila tidak yakin terhadap keberhasilan suatu intervensi medis, dan bila mereka melihat adanya beberapa kesulitan dalam melaksanakan perilaku kesehatan yang disarankan.


Dilihat: 874 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Penatalaksanaan Kelainan Sendi Temporomandibular
  • Nyeri Odontogenik
  • Atypical Odontalgia : Diagnosis dan Penatalaksanaan
  • SEHAT ITU KAYA
  • Info Bunda Postpartum Care (Perawatan Ibu dan Bayi Baru Lahir)



Review

Belum ada review

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika