slogan leutika prio

Kategori Kesehatan

1. Model Intervensi Keperawatan Spiritual Islami (INSPIRASI) Panduan Implementasi dan Buku Kerja

Model Intervensi Keperawatan Spiritual Islami (INSPIRASI) Panduan Implementasi dan Buku KerjaAlhamdulilah Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas tersusunnya buku model intervensi keperawatan spiritual Islami (INSPIRASI) panduan implementasi dan buku kerja. Buku ini berisi tentang model intervensi keperawatan spiritual Islami, panduan implementasi, dan buku kerja atau perangkat dokumentasi asuhan keperawatan. Model intervensi keperawatan spiritual islami (INSPIRASI) dapat dijadikan salah satu model intervensi sebagai strategi pemberdayaan perawat, peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan spiritual tidak hanya pada perempuan dengan kanker seriks, namun bisa digunakan pada pasien dengan kanker lainnya dan pada pasien dengan perawatan paliatif. Buku ini dibuat untuk mengembangkan intervensi keperawatan khususnya intervensi keperawatan spiritual yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk semakin meningkatkan kualitas ilmu dan praktik keperawatan. Semoga tersusunnya buku model intervensi keperawatan spiritual Islami (INSPIRASI) panduan implementasi dan buku kerja dapat bermanfaat bagi kita semua. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini.

2. Pencerah, Kisah di Ujung Pulau-Pulau

Pencerah, Kisah di Ujung Pulau-Pulau“Ini gila. Kasus gizi buruk terparah yang pernah saya lihat saja (walaupun hanya di textbook) tidak semengerikan ini. Kasus ini seharusnya bukan wewenang puskesmas lagi, tapi harus rumah sakit dengan tim ahli dengan pemantauan sangat intensif. Yang saya kagumi, ia mampu bertahan dengan kondisi mengenaskan seperti ini bertahun-tahun.” Cerita di atas mungkin bukan yang pertama dan satu-satunya potret masalah kesehatan di Indonesia. Ada banyak kisah dari sekumpulan anak muda yang terdiri dari tenaga kesehatan dan pemerhati kesehatan, bercerita dari daerah pinggiran Indonesia mengenai potret kehidupan berkaitan dengan status kesehatan masyarakat. Mungkin saja jika kamu membaca buku ini, maka akan terlintas kisah yang sama yang pernah kamu temui. Namun apakah kisah itu sempat terdengar? Terutama oleh para pemangku kepentingan dan pemegang kebijakan. Jika sempat terdengar, apakah sudah cukup upaya yang dikerahkan untuk mengatasinya? Buku ini tidak bermaksud untuk mendiskreditkan pihak tertentu, semua penulis bercerita berdasarkan pengalaman mereka selama bertugas di daerah pinggiran dan daerah bermasalah kesehatan di Indonesia. Pencerah Nusantara, satu tahun masyarakat melabeli mereka dengan nama yang mungkin bagi orang awam terkesan nama profesi yang berlebihan. Siapa mereka? Benarkah mereka memberi warna untuk upaya peningkatan derajat kesehatan di Bumi Pertiwi?

3. break the silence

break the silenceIn your very hands Is the journey Articulated trough poetry Of the voiceless Of the hurting Of the labelled The journey of pain Of those silenced Not given a voice By a deaf society This is mental illness Real and raw The pains and the struggles Theblood sweat and tear.

4. Gizi Anak dan Stunting

Gizi Anak dan StuntingBuku gizi anak dan stunting ini berisi tentang pembahasan issue terkini tentang konsep gizi anak dan stunting meliputi konsep anak, status gizi, konsep kejadian stunting, upaya pencegahan kejadian stunting dimasa pandemic covid 19, 1000 hari pertama kehidupan, penangendalian stunting melalui kominikasi perubahan perilaku (KPP) dan data base riset stunting sehingga sangat direkomendasikan bagi untuk dosen, tenaga kesehatan maupun mahasiswa kesehatan. Semoga buku ini, dapat memberikan kontribusi keilmuan khususnya bagi akademisi, tenaga kesehatan dan mahasiswa dalam tata laksana stunting di fasilitas kesehatan.

5. Dukungan Ibu Menyusui

Dukungan Ibu Menyusuibuku ini berisi tentang ASI Eksklusif, Masalah yang dialami ibu dalam meyusui, nutrisi ibu menyusui, teknik ibu menyusui, Dukungan ibu menyusui

6. From BLAST to BEST (Panduan Bagi Orang Tua Generasi Muda Zaman Now)

From BLAST to BEST (Panduan Bagi Orang Tua Generasi Muda Zaman Now)Zaman mulai berubah dan tak lagi sama dengan sebelumnya. Begitu pula manusia yang menjalaninya. Dari anak hingga dewasa tua, menjalani masa dengan corak yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Masa yang kemudian memberikan warna dalam karakteristik masing-masing generasi. Masa kanak-kanak dan remaja sebagai generasi muda merupakan masa yang cukup krusial. Masa di mana remaja dapat masuk dalam kondisi BLAST (bored, lonely, angry, dan tired). Buku ini hadir sebagai panduan dan referensi dalam me

7. Kesehatan Masyarakat di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan

Kesehatan Masyarakat di Daerah Terpencil, Perbatasan dan KepulauanMembangun dari pinggir merupakan salah satu wacana pembangunan dewasa ini. Pembangunan kesehatan juga menerapkan konsep tersebut. Pemerintah dengan segala berfokus pada pembangunan kesehatan di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Pembangunan Kesehatan di DTPK perlu memperhatikan sumberdaya lokal dengan karakteristik yang berbeda antara wilayah satu dengan yang lainnya. Penerapan kebijakan tidak bisa disamakan dengan daerah lain. Ketersediaan tenaga yang minim serta sarana prasarana yang terbatas, tenaga kesehatan harus kreatif dalam memecahkan persoalan yang ada. Provinsi Kepulauan Riau sebagai merupakan daerah terdepan yang berbatasan dengan negara terangga seperti Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Terdiri dari 2.400an pulau dimana luas daratannya hanya 4%, sisanya 98% adalah lautan. Penduduk terpusat di Batam (54%), Bintan, Karimun, serta Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi. Sisanya terbagi di Natuna, Anambas dan Lingga. Mayoritas penduduk Kepulauan Riau adalah migrasi dari seluruh provinsi di Indonesia, umumnya menetap di Batam sebagai Kota Industri. Buku ini disusun dari kumpulan tulisan dan artikel yang berasal dari praktisi kesehatan Kepulauan Riau. Artikel merupakan pengalaman pribadi di DTPK serta dari beberapa penelitian. Buku ini akan memberikan motivasi kepada para praktisi kesehatan, terutama yang berada di daerah dengan karakteristik DTPK. Selain itu diharapkan juga dapat menjadi pertimbangan kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan kebijakan khusus pada setiap kebijakan, program maupun kegiatan dengan sasaran DTPK.

8. Kegawatan pada Kasus Trauma

Kegawatan pada Kasus TraumaAsuhan keperawatan yang baik dan benar berawal dari pengetahuan dan pemahaman konsep tentang teori terkait dengan kasus yang akan dikelola. Konsep teori tersebut meliputi konsep dasar, anatomi fisiologi, etiologi, patofisiologi, manifetasi klinis, pemeriksaan penunjang dan diagnosa keperawatan yang muncul serta komplikasi. Semakin banyak kasus trauma yang terjadi membuat profesi kesehatan harus terus meningkatkan dan update guna memberikan pelayanan yang baik kepada pasien di Rumah Sakit dan mahasiswa atau edukator di Pendidikan. Kegawatdaruratan trauma merupakan bagian dari bahan kajian yang ada pada mata kuliah keperawatan gawat darurat I tentang tatalaksana kegawatdaruratan beberapa sistem. Buku ini berisi tentang konsep teori kegawatan: 1. Trauma Kepala 2. Trauma Thoraks 3. Trauma Abdomen 4. Trauma Spinal 5. Trauma Muskuloskeletal 6. Trauma Ekstremitas setelah membaca buku ini, pembaca diharapkan mampu menguasai konsep dasar kegawatan pada kasus trauma dan bisa menjadi acuan dalam pembuatan asuhan keperawatan yang baik dan benar

9. Praktik Clinical Skill Keperawatan Medikal Bedah

Praktik Clinical Skill Keperawatan Medikal BedahBuku ini menjelaskan bahwa pengkajian merupakan langkah pertama dari proses keperawatan dalam mengumpulkan data fisik yang akurat dari klien sehingga akan diketahui berbagai permasalahan yang ada. Pengkajian fisik meliputi proses yang dilakukan klinik dalam melakukan observasi melalui inspeksi, palpasi, perkusi, dan auskultasi terhadap fisik pasien. Tanda-tanda dari gangguan pada organ tertentu dapat ditemukan melalui proses pemeriksaan tersebut. Dalam melakukan pemriksaan fisik, seorang perawat wajib membawa peralatan penunjang dalam pemeriksaan fisik tersebut seperti stetoskop, thermometer, jam, senter, garputala, jarum, pita pengukur, spigmanometer, spatula lidah, lidi kapas, kasa, sarung tangan, gel lubrikan, dan speculum hidung. Organ-organ manusia yang dibahas dalam pemeriksaan fisik di buku ini yaitu kepala, leher, paru-paru, jantung, abdosmen, ginjal, muskuloskeletal, dan sistem peredaran darah. Proses anamnesis mengenai keluhan yang dirasakan pasien juga dibahas dalam buku ini.

10. Efektifitas Birth Ball Selama Kehamilan Terhadap Lama Persalinan

Efektifitas Birth Ball Selama Kehamilan Terhadap Lama PersalinanPersalinan Lancar adalah dambaan setiap wanita. Melalui asuhan antenatal yang berkualitas diharapkan persalinan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai asuhan komplementer yang merupakan inovasi dalam kebidanan senantiasa diterapkan untuk memberikan yang terbaik bagi setiap wanita. Birthball, adalah salah satu latihan fisik yang bisa dilakukan ibu mulai dari masa kehamilan bahkan saat persalinan. Buku menyajikan hasil riset tentang efektifitas Birth ball selama kehamilan terhadap lama persalian. Melalui buku ini pembaca dapat mengetahui banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari latihan birt ball.

11. Buku Panduan Perawatan Metode Kanguru

Buku Panduan Perawatan Metode KanguruBuku ini memberikan panduan kepada tenaga kesehatan saat memberikan pendidikan kesehatan mengenai perawatan metode kanguru kepada pasien. Pada buku ini pembaca juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai posisi yang baik bagi bayi prematur serta bentuk gendongan yang ergonomis.

12. Epidemiologi Hipertensi: Sebuah Tinjauan Berbasis Riset

Epidemiologi Hipertensi: Sebuah Tinjauan Berbasis RisetBuku teks ini berisi tentang pengalaman penulis dalam melakukan pengajaran dan penelitian bidang kesehatan dengan topik “EPIDEMIOLOGI HIPERTENSI (Sebuah Tinjauan Berbasis Riset)” pada subilmu epidemiologi keperawatan. Buku teks ini adalah wujud tanggung jawab penulis dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hadirnya buku ini dimaksudkan untuk membagi pengalaman peneliti dengan sesama peneliti maupun mahasiswa sehingga ke depan dapat lebih banyak lagi penulis atau dosen yang membukukan kary

13. Pemilihan Jenis Kelamin Anak dengan Teknologi Reproduksi Bantuan (Dalam Perspektif Etika dan Hukum di Indonesia)

Pemilihan Jenis Kelamin Anak dengan Teknologi Reproduksi Bantuan (Dalam Perspektif Etika dan Hukum di Indonesia)Seiring dengan perkembangan teknologi kesehatan, pemilihan jenis kelamin anak dapat dilakukan dengan teknologi reproduksi bantuan (assisted reproductive technology). Pemilihan jenis kelamin ini dilakukan karena alasan medis maupun nonmedis. Teknologi yang dapat digunakan untuk memilih jenis kelamin anak di antaranya adalah sperm sorting dan Pre-implantation Genetic Diagnosis (PGD) dengan tingkat keberhasilan cukup tinggi. Meskipun demikian, terdapat ekses negatif yang dapat terjadi dalam penggu

14. Determinan Kualitas Hidup Lansia: Monograf

Determinan Kualitas Hidup Lansia: MonografBuku Monograf ini berisi tentang pengalaman penulis dalam melakukan penelitian Bidang Kesehatan dengan Topik “Determinan Kualitas Hidup Lansia” pada sub ilmu Keperawatan Gerontik. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werdha Minaula Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara sebagai wudud tanggung jawab penulis dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hadirnya buku ini dimaksudkan untuk membagi pengalaman peneliti dengan sesama peneliti maupun mahasiswa sehingga ke depan dapat lebih b

15. Diet Adalah Koentji

Diet Adalah Koentji"Diet Adalah Koentji" merupakan buku panduan untuk laki-laki dan perempuan yang ingin memulai memerhatikan asupan nutrisinya demi kualitas hidup yang lebih baik. Jika sebelumnya kata diet terdengar menakutkan dan menyiksa, persepsi itu akan langsung buyar setelah membaca buku ini. Kamu tetap bisa menurunkan berat badan atau menambah berat badan tanpa harus meninggalkan makanan kesukaanmu. Diet tidak sekadar makan sayur atau salad setiap hari. Apalagi jika kamu merasa terlalu lemas dan tidak prod

16. Diagnosis and Management of Common Oral and Maxillofacial Tumor and Odontogenic Cyst

Diagnosis and Management of Common Oral and Maxillofacial Tumor and Odontogenic CystTumor orofasial cukup signifkan terhadap aktivitas sehari-hari serta kualitas hidup penderitanya maka diagnosis serta perawatan yang tepat merupakan kunci dari keberhasilan perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi. Pengetahuan yang adekuat mengenai etiologi tumor orofasial akan memudahkan dokter gigi dalam menetapkan diagnosis serta menyusun rencana perawatan. Buku ini berisi kasus-kasus tumor serta penanganannya yang diperuntukkan bagi mahasiswa profesi kedokteran gigi, dokter gigi umum maupu

17. Prinsip-prinsip Operasi dan Teknik Pembedahan

Prinsip-prinsip Operasi dan Teknik PembedahanSebelum melakukan suatu tindakan pembedahan maka harus didasarkan pada hasil diagnosis, indikasi, dan urgensinya tindakan pembedahan tersebut. Tindakan pembedahan yang dilakukan harus mampu mengatasi masalah dari kasus yang membutuhkan tindakan tersebut dengan trauma yang minimal, kerusakan yang minimal dengan memperhitungkan berbagai segi baik anatomis maupun fisiologis tubuh manusia sangat penting untuk mendukung keberhasilan tindakan pembedahan. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi m

18. Penatalaksanaan Kelainan Sendi Temporomandibular

Penatalaksanaan Kelainan Sendi TemporomandibularTMJ merupakan sendi yang paling kompleks pada tubuh manusia. TMJ dibentuk oleh kondilus mandibula yang berada pada fossa mandibular pada tulang temporal. Kedua tulang itu dipisahkan oleh diskus artikularis. Buku ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mahasiswa kedokteran gigi dan para sejawat dalam mendiagnosis suatu kelainan temporomandibular joint serta dalam merencanakan pemilihan perawatannya sesuai dengan kasus yang dihadapinya, baik itu berupa tindakan nonbedah atau tindakan pembedahan.

19. Metodologi Penelitian dalam Kedokteran Gigi: Sebuah Pengantar Sederhana

Metodologi Penelitian dalam Kedokteran Gigi: Sebuah Pengantar SederhanaPenelitian dapat diartikan sebagai investigasi atau aktivitas yang bersifat sistematis untuk mendapatkan pengetahuan baru dari fakta yang sudah tersedia sebelumnya mengenai topik atau subjek tertentu, sedangkan metodologi penelitian merupakan ilmu bagaimana penelitian seharusnya dilakukan. Metodologi penelitian merupakan prosedur bagaimana seharusnya peneliti melakukan pekerjaan mereka dengan cara menggambarkan, menjelaskan, serta memprediksi fenomena yang akan terjadi. Di dalam buku ini, penul

20. The Battle of Caesalpinia crista Linn vs Diabetes

The Battle of Caesalpinia crista Linn vs DiabetesCaesalpinia crista Linn adalah tanaman liar yang masih seringkali terabaikan oleh masyarakat dan belum diketahui potensinya dalam dunia kesehatan. Pada buku ini, potensi dari Caesalpinia crista Linn akan digali lebih spesifik sebagai tanaman alternatif kesehatan untuk antidiabetes dan antikolesterol. Selain itu, buku ini juga akan memperluas wawasan kita lebih mendetail tentang apa sih diabetes itu? Ciri-ciri diabetes itu seperti apa? Bagaimana bisa terjadi penyakit diabetes, serta menyajikan pe


Sebelumnya [1] [2] [3] [4] Selanjutnya
Leutika Leutika