slogan leutika prio

HAM dan Peradilan HAM di Indonesia

Penulis: Henny Mono, Kategori: Modul Ajar
HAM dan Peradilan HAM di Indonesia
Zoom
ISBN: 978-602-225-171-2
Terbit: November 2011
Halaman : 252, BW : 270, Warna : 0
Harga: Rp. 49.900,00
Deskripsi:
 Gema gerakan penghormatan terhadap eksistensi hak asasi manusia (HAM) telah bergaung secara universal. Saat ini tidak satu negara pun di dunia ini yang menolak mengakui adanya seperangkat hak yang sifatnya asasi, yang dimiliki setiap manusia sebagai makhluk Tuhan. Meskipun dalam penerapannya, pemberian penghargaan HAM dimaksud pada masing-masing negara tetap memiliki perbedaan-perbedaan, yang terkadang justru masih berkecenderungan berbentuk pelanggaran terhadap HAM itu sendiri. Indonesia yang pada masa Orde Baru banyak dipahami sebagai negara totaliter sentralistik, menjelang keruntuhan pemimpinnya, Presiden Soeharto, masih sempat membentuk sebuah institusi yang kemudian dikenal dengan nama Komite Nasional (Komnas) HAM. Meski pada awal pembentukannya lebih terkesan hanya sekadar stempel untuk memberikan pernyataan kepada dunia internasional bahwasanya Republik Indonesia adalah negara yang menghargai HAM, namun pada akhirnya lembaga ini relatif memberikan andil dalam kerangka pembentukan Orde Reformasi.
 Saat ini, pemerintahan pasca Orde Baru demi memenuhi tuntutan dan desakan dunia internasional terus berupaya memperbaiki sekaligus menciptakan citra positif berkenaan dengan penegakan hukum dan HAM yang dirasakan semakin merosot. Sebab dalam masa transisi setelah berada dalam sistem kekuasaan yang represif, warga bangsa ini justru terjebak dalam euforia yang berlebihan, jika tidak boleh dikatakan cenderung bertindak anarkis. Kita tentu masih ingat berita-berita media massa yang mengabarkan pembakaran para pelaku kriminal, atau tragedi kemanusiaan di Sampit, Kalimantan atas etnis Madura. Memperhatikan situasi yang demikian itu, agaknya diperlukan adanya upaya-upaya pemasyarakatan sekaligus pemberdayaan atas seluruh warga bangsa ini mengenai nilai-nilai hak asasi manusia (HAM). Harapannya ke depan, pada akhirnya akan terwujud masyarakat yang paham tentang apa yang dimaksudkan dengan penghargaan terhadap HAM, baik dalam kerangka mempertahankan, memperjuangkan, serta menghargai nilai-nilai HAM dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Download contoh buku: Download

Dilihat: 3197 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Akuntansi Pajak
  • landasan Formal Hukum Pajak Di Indonesia jilid 2
  • REKAYASA DAN MANAJEMEN LALU LINTAS
  • Pengantar Tata Hukum Indonesia (Suatu Rangkuman)
  • Multikultural: Kado Untuk Indonesia



Review

Victorkems
Kirim: 23-06-2015 15:53
vacation full movie online free http://vacationfullmovie.wordpress.com vacation 2015 online http://movievacationdvd.tumblr.com vacation 2015 online subtitrat vacation full movie hd vacation full movie hd

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni