slogan leutika prio

Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Kawasan Tambang

Penulis: Dr. Ibrahim, M.Sc., Kategori: Ekonomi
Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Kawasan Tambang
Zoom
ISBN: 978-602-371-574-9
Terbit: Juni 2018
Halaman : 341, BW : 332, Warna : 9
Harga: Rp. 85.000,00
Deskripsi:
 
Keberadaan perusahaan penambangan emas oleh PT Newmont Nusa Tenggara menjadikan Kabupaten Sumbawa Barat salah satu kabupaten penting di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keberadaannya memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kontribusi PT Newmont Nusa Tenggara memberikan dampak tertinggi terhadap Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) di Nusa Tenggara Barat sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. 
 
Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi tidak memberikan dampak positif terhadap perkembangan desa di wilayah yang memiliki pengaruh langsung terhadap keberadaan perusahan pertambangan emas tersebut. Penyebab kemiskinan di perdesaan, terutama di kawasan pertambangan emas karena ketidakberdayaan. Kondisi itu disebabkan minimnya akses informasi dan komunikasi masyarakat miskin terhadap pemerintah daerah dan perusahaan pertambangan emas PT Newmont Nusa Tenggara. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan, salah satunya dengan memaksimalkan otonomi desa. Salah satu bentuk kebijakan pengembangan ekonomi perdesaan adalah dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
 
Dalam buku ini akan dibahas peranan BUMDes di perdesaan kawasan pertambangan emas. Selain itu, juga akan dibahas kelebihan dan kelemahan BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan.


Dilihat: 368 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Cetak Biru bagi Pengembangan Wisata Kampung Korea Suku Cia-Cia
  • 100 Pertanyaan tentang Pemeriksaan Pajak
  • 234 Pertanyaan tentang NPWP, PKP, Pembayaran Pajak dan SPT



Review

Belum ada review

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni