slogan leutika prio

Kategori Pendidikan

61. Kamus Kepelabuhanan dan Pelayaran

Kamus Kepelabuhanan dan PelayaranSebagaimana diketahui bahwa dunia industri terutama industri transportasi laut melalui pelabuhan sejak dua dasawarsa terakhir ini berkembang sangat pesat. Sedangkan di lain pihak, industri tersebut masih banyak menggunakan kata atau istilah baku yang cenderung sangat eksklusif dan berlaku untuk kalangan tertentu. Berdasarkan fenomena tersebut maka kami ingin lebih mensosialisasikan berbagai istilah tersebut ke dalam bentuk bahasa yang lebih umum agar masyarakat dapat mengetahui arti dan maksudnya dengan jelas. Buku ini merupakan karya kolaborasi yang disusun oleh dosen yang ahli dibidang bahasa dan praktisi sekaligus dosen dibidang pelayaran dan kepelabuhanan, sehingga buku ini sangat penting untuk dimiliki dan diketahui oleh kalangan mahasiswa/taruna akademi pelayaran dan praktisi atau pengusaha dibidang pengangkutan barang melalui laut dan kepelabuhanan untuk membantu kelancaran tugas sehari-hari.

62. The Klastulistiwa Anthology

The Klastulistiwa AnthologyThis publication is initiated, created, organized, compiled, and edited by The Klastulistiwa Project Team in 2014. It is a compilation of the students’ works during SOSE and English lessons in Ibu Mierza’s classroom at Al Taqwa College Indonesia in the academic year of 2013-2014. The errors found in this book uniquely portrays the original learning process of the students. The royalty and hard copy selling of this publication will be fully donated to the masjid of Al Taqwa Colege Indonesia which is located at Kampung Hambalang, Sentul, Bogor.

63. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan TinggiPendidikan Kewarganegaraan sebagai salah satu langkah strategis dalam menghadapi perkembangan globalisasi yang akan berdampak pada keseluruhan aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Konflik nilai, benturan nilai, kekaburan nilai sebagai salah satu hal yang tidak bisa kita hindarkan. Semangat kebangsaan, nasionalisme, bela negara bagi generasi muda dalam kerangka negara kesatuan republik Indonesia harus tetap tegak kuat di tengah arus global yang dasyat ini. Buku ini diharapkan dapat menjadi langkah penting untuk mengantisipasi perkembangan pesat globalisasi. Buku ini memuat materi: Pancasila sebagai sistem filsafat, identitas nasional, politik dan strategi nasional, demokrasi Indonesia, hak asasi manusia dan the rule of law, hak dan kewajiban warganegara, geopolitik Indonesia dan geostrategi Indonesia.

64. Fisika dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Fisika dalam Ilmu Pengetahuan dan TeknologiFisika dan ekonomi?” Ehmmm Aneh...”? “Mana mungkin bisa...?” Itulah respon dari kebanyakan orang ketika istilah econophysics (ekonofisika) pertama kali diperkenalkan, bahkan sebagian fisikawan pun ada yang masih meragukan kemungkinan lahirnya disiplin baru “Ekonofisika”. Buku ini memaparkan temuan para ahli fisika tentang penerapan fisika dalam bidang ekonomi, khususnya penerapan prinsip fisika pada pasar modal. Buku ini juga memaparkan penerapan fisika dalam bidang ilmu lainnya seperti ilmu foresik yang sangat bermanfaat memecahkan berbagai kasus kejahatan. Bukan hanya dalam bidang ilmu pengetahuan, buku ini juga menjelaskan penerapan fisika dalam penemuan berbagai peralatan teknologi seperti peralatan mekanik, peralatan kedokteran dan pengobatan, industri mobil, alat transportasi laut, alat transportasi udara, dan pembangkit listrik. Semoga buku ini dapat membantu pengembangan fisika sehingga fisika tidak lagi dianggap ilmu yang eksklusif, yang hanya menjangkau kalangan terpelajar dan peneliti. Buku ini diharapkan dapat membantu pengembangan fisika menjadi bagian dari pengetahuan publik sehingga siapa saja bisa belajar fisika, menekuninya, dan mencintainya.

65. Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi

Pendidikan Pancasila untuk Perguruan TinggiBenarkah nilai-nilai Pancasila mulai memudar dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara? Benarkah nilai-nilai Pancasila mulai terpinggirkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut pembaca tentu bisa merasakan dalam kehidupan nyata sehari-hari. Melalui berbagai macam informasi yang kita dapatkan baik media cetak maupun elektronik kita juga dapat memperkuat jawaban dari pertanyaan di atas. Kehadiran buku ini diharapkan mampu untuk mengembalikan karakter generasi muda kejatidiri bangsa dalam bersikap dan berperilaku sebagai warganegara yang religius, humanis, nasionalis, demokratis dan berkeadilan. Buku ini memuat materi: Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, Pancasila sebagai ideologi negara, Undang-undang dasar 1945 dan pelaksanaannya, Pancasila sebagai paradigma pembangunan dan terakhir memuat tentang Hak asasi manusia.

66. Fisika dalam Kehidupan

Fisika dalam KehidupanDavid Beckham terkenal karena mampu mengecoh para penjaga gawang dengan tendangan pisangnya. Gol manis David Beckham yang meloloskan Inggris ke Piala Dunia setelah menaklukkan Yunani. Saat itu Beckham mengambil eksekusi tendangan bebas yang dilakukan sekitar 30 meter di depan gawang. Di depan dia berdiri, pasukan Yunani membentuk pagar betis. Dengan tenang Beckham menendang bola, dan bola bergerak melambung sekitar 1 meter melewati kepala para pagar betis itu dan secara tiba-tiba bola membelok serta masuk ke gawang Yunani. Tepukan menggemuruh menyambut gol yang sangat spektakuler ini. Bagaimana David Beckham melakukan ini? Buku ini menjawab hal tersebut dengan memaparkan pendapat para ahli fisika. Buku ini juga mengupas penerapan fisika dalam bidang olahraga lainnya seperti lompat galah, loncat tinggi, yudo dan bola basket. Bukan hanya dalam bidang olahraga, buku ini juga menjelaskan penerapan fisika dalam berbagai aspek kehidupan lainnya seperti peranan fisika dalam memecahkan kejahatan, pertunjukan hiburan (tarian balet, akrobat, sulap), taman hiburan, peralatan rumah tangga, pembuatan dan pengawetan bahan makanan, hingga kehidupan hewan. Semoga buku ini dapat membantu pembelajaran fisika sehingga tampak makin bergairah, dan gambaran fisika sebagai mata pelajaran yang sulit, kering, dan membosankan dapat teratasi.

67. Pendidikan di Kota Daeng: Catatan Refleksi dan Riset Agupena Kota Makassar

Pendidikan di Kota Daeng: Catatan Refleksi dan Riset Agupena Kota MakassarBuku kumpulan tulisan dari guru, mahasiswa, dan siswa dalam wadah Agupena Makassar ini menjelaskan tentang berbagai hal terkait pendidikan di kota Makassar, seperti pendidikan gratis, suara hati para pelajar, dan riset terkait dengan proses belajar-mengajar. Sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut.

68. Bank dan Lembaga Keuangan

Bank dan Lembaga KeuanganBuku ini membahas mengenai seluk beluk Bank dan lembaga keuangan lainnya, pembahasan yang dilakukan cukup menyeluruh mulai dari pengertian, mekanisme, sampai kepada perkembangan yang terjadi dalam setiap pembahasannya. Buku ini dapat dijadikan referensi bagi anda yang membutuhkan pemahaman dan ilmu dibidang lembaga keuangan. Buku ini secara jelas mendeskripsikan lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank. Pembahasan dalam buku ini dimulai oleh pembahasan umum lembaga keuangan. Kemudian ruang lingkup bank, kegiatan bank, kesehatan bank, kredit, suku bunga, dll. Sementara lembaga keuangan bukan bank dibahas satu persatu berdasarkan lembaga keuangan yang paling sering ditemui.

69. UN, The End... Akumulasi Catatan Penyelamatan Pendidikan Bangsa Dari Wabah Endemik Ujian Nasional

UN, The End... Akumulasi Catatan Penyelamatan Pendidikan Bangsa  Dari Wabah Endemik Ujian NasionalUN, The End... Jelas buku ini akan sangat mewakili suara guru Indonesia-Gilig Pradhana, Mantan Kepala SMK Al-Furqan Jember, Alumni Kobe University dan Hyogo University of Teacher Education Patut untuk dijadikan bahan bacaan dan bahan studi bagi guru lain agar dapat menjadi guru yang kritis dan peduli pada masa depan pendidikan bangsa-Satria Dharma, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) …Menteri pendidikan dan seluruh lapisan masyarakat perlu disadarkan secepatnya melalui buku ini-Bina Izzatu Dini, Mahasiswa Jiangxi Normal University, China …Sayang sekali tidak banyak guru yang melakukannya- Prof. Dr. Daniel Mohammad Rosyid, Guru Besar ITS Kita akan disadarkan pada pentingnya kualitas proses pendidikan yang berlangsung di sekolah-sekolah Tuswadi, M.Ed, Kandidat Doktor Pendidikan Hiroshima University, Jepang Buku yang lugas, renyah, tajam, dan inspiratif ini niscaya bisa meng-ON-kan hati nurani yang dengan sengaja di-OFF-kan -Prof. Dr. Firdaus L.N., Penulis Buku Lingga School of Life Terangi mata hati yang tertutup oleh kebijakan hegemoni kapitalis pendidikan yang dipaksakan-Syafitriandy, Guru SMAN 2 Singkep, Lingga UN memang menjadi momok yang menakutkan bagi para guru, orang tua, dan tentu saja murid itu sendiri, M.Iqbal Akhirudin Pengajar HICC Children Class Saijo, Higashihiroshima, Jepang …brani mengungkapkannya dengan bahasa yang ‘apa adanya’ mendasarkan pada fakta- Dian Ruslan, ST, MM, Dosen Universitas Trilogi sangat-sangat penting untuk dibaca bagi semua pemangku kepentingan -Tinus Zainal, PNS Kemenlu RI, Alumni Pascasarjana University of Rome ‘Tor Vergat

70. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN: Membangun Moralitas Warga Negara dengan Pancasila

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN: Membangun Moralitas Warga Negara dengan PancasilaPenegakan hukum yang bertanggungjawab (akuntabel) dapat diartikan sebagai suatu upaya pelaksanaan penegakan hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik, bangsa dan negara yang berkaitan terhadap adanya kepastian hukum dalam sistem hukum yang berlaku, juga berkaitan dengan kemanfaatan hukum dan keadilan bagi masyarakat. Proses penegakan hukum memang tidak dapat dipisahkan dengan sistem hukum itu sendiri. Sedang sistem hukum dapat diartikan merupakan bagian-bagian proses / tahapan yang saling bergantung yang harus dijalankan serta dipatuhi oleh Penegak Hukum dan Masyarakat yang menuju pada tegaknya kepastian hukum. Sudah menjadi rahasia umum bahwa penegakan hukum di Indonesia sangat memprihatinkan, di samping itu anehnya masyarakatpun tidak pernah jera untuk terus melanggar hukum, sehingga masyarakat sudah sangat terlatih bagaimana mengatasinya jika terjadi pelanggaran-pelanggaran hukum yang dilakukannya. Sebagian besar masyarakat kita telah terlatih benar bagaimana mempengaruhi proses hukum yang berjalan agar ia dapat terlepas dari jerat hukumannya, kenyataan ini merupakan salah satu indikator buruknya law enforcement di negeri ini. Sekalipun tidak komprehensif perlu ada angkah-langkah untuk membangun sistem penegakan hukum yang akuntabel.

71. Menembus Batas

Menembus BatasBuku Menembus Batas bercerita tentang suka duka para Sarjana Pendidikan Makassar dalam melaksanakan profesinya sebagai guru kontrak setahun di Papua. Terlau banyak sisi kreativitas dan humanisme yang dibahas dalam buku ini. Oleh karena itu besar harapan buku ini bisa memberikan sedikit sudut pandang kebijaksanaan dalam mendidik di daerah terdepan, terluar, dan terpencil.

72. TOemBak I, Suluh di Nusa Nipa

TOemBak I, Suluh di Nusa NipaKisah tujuh puluh pelakon pada Bakti Oemar Bakri (TOemBak) I di perut Nusa Nipa menggambarkan semangat anak muda turut andil pada pembangunan karakter manusia Indonesia_ Bukan hanya lontaran atau teriakan di jalan yang diperlukan manusia Indonesia tetapi real action yang mengantarkan manusia Indonesia pada harapan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea IV...Mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia... Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) bukan hanya sekadar mendedikasikan diri pada pendidikan anak-anak negeri di seluruh pelosok nusantara melainkan menciptakan guru masa depan berkarakter yang berwawasan nusantara. SM-3T Jilid I melahirkan kisah-kisah tak berjudul yang menjadi tak bermakna ketika tak mampu mewariskan pengalaman tak langsung pada generasi berikutnya. “TOemBak I, Suluh di Nusa Nipa” dihadirkan sebagai upaya kisah-kisah peserta/calon guru masa depan dapat menjadi inspirasi bagi anak negeri.

73. Antologi Pengalaman

Antologi PengalamanTulisan ini tidaklah sesempurna yang coba dipikirkan, hanya terlahir dalam bentuk sederhana. Terbagi ke dalam beberapa episode yang merunutkan rangkaian peristiwa dan kenangan yang dialami. Bermaterikan kisah perkenalan, interaksi, pengabdian, kerinduan, pengalaman, pengilustrasian, dan harapan terjalin dalam sebuah drama satu tahun SM3T Sumba Timur Jilid II. Harapan kelak lahir gayung bersambut atas perbaikan pengabdian guru tanpa terkecuali kisah-kisah selanjutnya. Semoga tulisan ini bermanfaat. Dan pada fase tertentu, segala sesuatu mencapai titik kulminasi pertanda rangkaian pengabdian harus berujung pada perpisahan. September 2013 menjadi bulan antiklimaks tentang akumulasi cerita kami di Bumi Manandang. Banyak hal yang sempat terukir, dan masih banyak hal pula yang tak sempat terjalani. Hanya berharap bahwa apa yang telah terangkai berguna untuk semua, untuk kemanusiaan, untuk harapan pendidikan.

74. Seputar Manajemen Pendidikan Islam

Seputar Manajemen Pendidikan IslamBuku ini berasal dari kumpulan tulisan saya tentang manajemen pendidikan Islam. Tepatnya kumpulan makalah-makalah pendidikan Islam yang terkait dengan manajemennya. Bagaimana mengolah suatu organisasi pendidikan yang bernapaskan Islam agar menjadi pendidikan yang unggul yang bernapaskan Islam. Menggabungkan antara ilmu dan agama agar terjadi kawin silang yang mana semua harus saling terkait, karena semua ilmu ditujukan untuk mengagungkan kebesaran Allah Swt.

75. JAM KOSONG: Membuka Kesadaran Baru di Tengah Arus Materialisme Pendidikan Yang Tidak Memberdayakan

JAM KOSONG: Membuka Kesadaran Baru di Tengah Arus Materialisme Pendidikan Yang Tidak MemberdayakanFakta bahwa praktek pendidikan yang justru membuat guru dan siswa asing menatap dirinya tidak disangkal lagi. Pendidikan yang sejatinya adalah proses memanusiakan manusia telah kehilangan ruh makwaninya. Buku ini menawarkan sikap kritis terhadap praktek pendidikan yang membelenggu. Anda diajak untuk menghikmahi arus pendangkalan nilai-nilai seputar pendidikan dengan menyelami kesadaran Pribadi demi memelihara harkat manusiawi yang paling dasar. Motivasi menjadi guru inspiratif sudah banyak dikupas, tetapi sisi kesadaran yang meniscayakan perjalanan masuk ke dalam diri (safari internal) masih jarang diulas. Buku ini hadir untuk membuka jalan kesadaran baru bagi siapa saja termasuk para guru. “Sebuah buku indah dengan teks-teks menggugah. Dan tentu sangat penting untuk bacaan dan referensi bagi guru dan siapapun yang peduli akan dunia pendidikan.” - Yusron Aminulloh, Master Trainer Menebar Energi Positif (MEP)

76. Bontang Apa Siapa dan Bagaimana

Bontang Apa Siapa dan BagaimanaBuku ini hanya sekilas menceritakan perjalanan sejarah panjang peristiwa pembangunan dan perkembangan yang terjadi di Kota Bontang. Setiap warga yang ada di Kota Bontang mempunyai andil besar untuk mewarnai pembangunan dan perkembangannya, hanya yang tahu besar kecilnya peran sertanya warga dalam mewarnai pembangunan dan perkembangan Kota Bontang yaitu Allah SWT, karena kalau manusia yang menilai masih ada sisi tidak sempurnanya. Buku ini layak dibaca bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakatan pada umumnya, untuk memberikan motivasi dan inspirasi terhadap para pembaca. Dibalik itu maksud penerbitan buku ini juga untuk lebih memperkenalkan Kota Bontang itu sendiri, bagaimana Bontang itu, apa yang terdapat disitu, tentang kekayaan alamnya yang nampak maupun yang masih terpendam dalam buminya tentang hal-hal lainnya lagi. Semoga dengan demikian buku ini ada manfaatnya bagi upaya kita semua mendayung bersama (bessai berinta) menuju cita-cita masyarakat Bontang yang Berbudi Luhur, Maju, Adil, dan Sejahtera. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat dan BerkahNya kepada kita sekalian. Amin.

77. Gunung Kendil: Wisata Alam dan Religi

Gunung Kendil: Wisata Alam dan ReligiMaksud tujuan menulis buku ini adalah untuk mengajak para pembaca mensyukuri karunia Allah yang telah diberikan kepada kita seperi tanah, air, udara, gunung, lembah dan dataran yang luas. Berbagai macam tumbuhan dan hewan yang ada di bumi. Buku ini berisi warna-warni tentang Gunung Kendil. Ada apa, mengapa dan bagaimana potensi yang dapat dikembangkan, antara lain: sumber air bersih, tanaman buah tropis, pusat produksi umbi-umbian, tanaman rempah dan obat, dan pusat produksi madu dunia. Selain itu usaha ekonomi kreatif produktif dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

78. PENDIDIKAN AGAMA KONTEKSTUAL : Studi Atas Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar

PENDIDIKAN AGAMA KONTEKSTUAL : Studi Atas Pembelajaran PAI di Sekolah DasarBuku ini merupakan gambaran implementasi pendidikan agama dengan pendekatan kontekstual di sekolah dasar. Dengan pendekatan kontekstual menjadikan pembelajaran pendidikan agama di sekolah lebih menarik dan bermakna dalam proses internalisasi nilai-nilai keagamaan. Pendidikan agama dengan pendekatan kontekstual dalam buku ini merujuk kepada teori Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dicetuskan oleh Eline B. Johnson. Dengan CTL pendidikan agama dapat tersampaikan dengan beberapa model pembelajaran seperti Cooperative Learning, Problem Based Learning, dan Direct Instructions. Dengan model pembelajaran tersebut menjadikan pembelajaran pendidikan agama lebih variatif dan dapat mendorong peserta didik lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran tersebut juga membuat pembelajaran pendidikan agama lebih berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik dapat mengeksploitasi potensi yang ada pada dirinya.

79. Profil Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo : Cemara Scout Community Berkarya dan Berprestasi, dalam Menghadapi Tantangan Global

Profil Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo : Cemara Scout Community Berkarya dan Berprestasi, dalam Menghadapi Tantangan GlobalKarya sederhana ini menjadi fondasi memperkenalkan Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo kepada publik sekaligus menjadi bahan rujukan dalam melaksanakan Kurikulum 2013 yang mewajibkan Ekstrakurikuler Pramuka (Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo, Drs. Jamade, M.Si.) Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib pada pelaksanaan Kurikulum 2013. Pramuka menjadi perekat untuk menumbuhkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pramuka berperan dalam membentuk karakter dengan menerapkan prinsip pendidikan akhlak mulia. Semua tergambar dalam karya sederhana ini. (Purna Ambalan, Andi Titin, S.KM.) Penerapan SKU baru dengan mudah dilaksanakan dengan menjadikan karya sederhana ini sebagai pedoman. (Ketua Dewan Ambalan Pattimura 2012, Bahtiar)

80. Kesesuaian Tanah dan Iklim bagi Tanaman Pertanian di Indonesia

Kesesuaian Tanah dan Iklim bagi Tanaman Pertanian di IndonesiaSecara khusus tanaman untuk dapat hidup memerlukan syarat : udara, air, unsur hara dan sinar matahari. Udara dapat dipenuhi melalui udara dari atmosfer dan udara dari dalam tanah. Air dicukupkan dari air hujan dan air tanah yang asalnya dari curah hujan serta pengairan. Unsur hara dicukupkan dari tanah, udara dan air. Sinar matahari adalah sumber utama energi bagi permukaan bumi. Dengan demikian maka keadaan udara, air, unsur hara dan sinar matahari yang selalu berubah akan menentukan keberhasilan tumbuh dan berkembangnya tanaman secara optimal, sehingga penulis terdorong untuk membuat buku dengan judul Kesesuaian Tanah dan Iklim Bagi Tanaman Pertanian di Indonesia, mencakup persyaratan yang diperlukan untuk tanaman dapat tumbuh dengan baik tanpa mengabaikan adanya ilmu tentang Kesesuaian Lahan Bagi Tanaman Pertanian. Karena untuk aplikasi ilmu ini masih memerlukan analisis tanah yang memerlukan pembiayaan, dan pemahaman serta petani Indonesia pada umumnya belum terbiasa melakukan analisis tanah. Menurut Subroto Ps dari hasil kajian perbandingan Sistem Evaluasi Kesesuaian Lahan bagi Tanaman Coklat dan Tanaman Kedelai hasilnya belum sesuai dengan keadaan lapangan, walaupun ada sistem yang mendekati hasil penilaian dengan keadaan lapangan, sehingga Sistem Penilaian Evaluasi Kesesuaian Lahan inipun perlu ada kajian untuk disesuaikan. Untuk itu ada pemikiran bagi penulis untuk dapat menulis buku ini guna untuk membantu bagi pengguna seperti mahasiswa pertanian, para hobiis tanaman, para praktisi atau bagi petani untuk melakukan budidaya Tanaman Pertanian dengan cara lebih m


Leutika Leutika