slogan leutika prio

Kategori Pendidikan

81. Belajar MIPA Bisa Juara

Belajar MIPA Bisa JuaraBuku ini selain berisi ringkasan materi juga dilengkapi dengan soal-soal latihan.Ini bermanfaat untuk menggali pengetahuan, menumbuhkan minat dan rasa senang belajar Matematika. Buku ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan sumber daya manusia serta dapat mengembangkan penalaran yang logis, praktis dan kritis.Anak dapat membiasakan hidup cermat, teliti, kreatif, dan inovatif. Dengan buku ini pula siswa –siswa SD kelas VI diharapkan mampu menghadapi ulangan harian dan ulangan umum khususnya Matematika dan IPA, sehingga dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Adapun penyajian buku ini telah kami sesuaikan dengan perkembangan pendidikan saat ini . Dengan demikian melalui sajian ini kami berharap dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran yang lebih baik.

82. Pengantar Teori dan Aplikasi Struktur Naratif dan Kritik Sastra Feminis

Pengantar Teori dan Aplikasi Struktur Naratif dan Kritik Sastra FeminisBuku ini merupakan pengantar teori struktural naratif model Chatman dan teori kritik sastra feminis ideologis. Bukan hanya berupa konsep-konsep teori tersebut, buku ini secara gamblang memberikan model aplikasi terhadap novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk. Tidak sedikit buku-buku sejenis yang membicarakan isu-isu perempuan yang lebih dahulu muncul dibandingkan kehadiran buku ini. Namun, tidak seperti kebanyakan buku-buku tersebut yang hanya membicarakan image perempuan, buku ini lebih jauh menyingkap bentuk-bentuk kekerasan gender yang disebabkan oleh relasi timpang laki-laki dan perempuan. Selain itu, analisis struktural yang ada dalam buku ini benar-benar menerapkan basis teori yang sesungguhnya, yaitu mengupas keterjalinan setiap unsur internal dalam mendukung makna totalitas karya sastra. Misalnya, apa signifikansi munculnya flashback atau foreback dalam menopang tema gender? Mengapa teks menghadirkan latar laut dan rerimbunan hutan jati untuk mendeskripsikan nasib tokoh utama? Apa makna tersirat dari simbol-simbol itu? Semua pertanyaan semacam itu akan ditemukan dalam buku ini.

83. The Hidden Curriculum : Studi Pembelajaran PAI di Sekolah

The Hidden Curriculum : Studi Pembelajaran PAI di SekolahKurikulum merupakan faktor penting dalam proses pendidikan tetapi keberhasilan pendidikan tidak hanya ditentukan oleh faktor kurikulum yang tertulis atau resmi. Faktor lain diluar kurikulum resmi yang disebut dengan kurikulum tersembunyi atau hidden curriculum memberikan konstrisbusi besar terhadap keberhasilan proses pendidikan. Hidden curriculum tidak hanya penyampaian materi kepada peserta didik tetapi proses bagaimana materi tersebut disampaikan. Hidden curriculum dapat menguatkan atau mendukung kurikulum resmi tetapi disisi lain hidden curriculum juga dapat melemahkan atau merusak kurikulum resmi. Hidden curriculum yang berdampak positif diantaranya penegakan disiplin dan tata tertib sekolah, iklim toleransi dan saling menghargai, suasana kondusif sekolah, kultur sekolah yang baik, guru, kepala sekolah serta komunitas sekolah yang profesional. Sementara itu hidden curriculum yang berdampak negatif diantaranya pemaksaan idologi tertentu oleh guru, suasana sekolah yang tidak kondusif hubungan dan komunikasi antara siswa dengn guru, kepala sekolah yang kaku. Oleh karena agar hidden curriculum dapat mendukung kurikulum resmi, komunitas sekolah harus pandai mengelola hal-hal yang berdampak posisitf terhadap pembelajaran dan menghindari hal-hal yang melemahkan proses pendidikan.

84. Renungan Mental dan Pendidikan

Renungan Mental dan PendidikanDerasnya arus globalisasi ibarat banjir air bandang yang menerjang apa saja yang dilaluinya. Berbagai sisi-sisi kehidupan baik kasad mata maupun yang tidak kasad mata tak dapat terkena dampaknya. Salah satu pertandanya adalah semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang suka tidak suka kita harus kita jemput kehadirannya. Sudah barang tentu kehadirannya disatu sisi membawa berkah peluang emas. Akan tetapi disisi lain harus berpapasan dengan berbagi tantangan yang cukup berat. Salah satu perolehan peluang saat ini seperti perkembangan tehnologi dibidang informasi,komunikasi, dan transportasi,membuat orang tidak perlu susah payah mencari informasi, cukup melalui tayangan TV atau membuka internet. Begitu juga untuk mencari lawan bicara cukup melalui telpon. Kalaupun memerlukan proses perjalanan kita tinggal pilih alat transportasi seperti bus cepat, kereta api cepat, hingga pesawat terbang. Disinilah letak peluang pembawa kenikmatan berkat teknologi canggih, namun jika dicermati secara detail tidak sedikit dampak negative yang muncul akibat perkmbangan teknologi tersebut. Manyaknya kasus depragasi mental seperti depresi, phrustasi, kekecewaan yang mengarah menjadi manusia psychopath, tidak hanya menimpa kawula muda saja, tetapi mengarah kepada orang-orang dewasa pun sangat memugkinkan dan sama sekali tidak kita harapkan. Buku ini berjudul “ Renungan Dalam Mental Dan Pendidikan “ ini mencoba memaparkan fenomena-fenomena aktual yang sering kita saksikan baik melalui mass media cetak maupun elektronik.

85. 9 UMBI UTAMA Sebagai Pangan Alternatif Nasional

9 UMBI UTAMA  Sebagai Pangan Alternatif NasionalTujuan penulis menerbitkan buku ini adalah berbagi pengalaman dan memberikan wawasan kepada pembaca dan pengambil kebijakan di kalangan pemerintahan bahwa tanaman umbi-umbian sebagai bahan pangan lokal mempunyai nilai ekonomis dan strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Harapan penulis, buku ini dapat bemanfaat kepada para pembaca dan pengambil keputusan di kalangan pemerintahan dalam menentukan kebijakan pangan. Semoga dapat dikembangkan sebagai bahan pangan alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Tentu saja dalam menyampaikan tulisan dan pendapat yang terdapat dalam buku ini masih banyak kekurangan, kesalahan dan kekurangan, maka apabila berkenan di hati pembaca mohon kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan penulis.

86. English for Hotel: A Practical Guide

English for Hotel:  A Practical GuideThis book provides many practical guides in terms of theories and practices that will improve the readers’ knowledge in relation to the use of English for hotels. Having read this book, the readers will enable themselves to use English correctly either in spoken or written language through self-study throughout their future careers. The readers are able to develop their English communicative skills which are covered in useful and related topics and interesting activities, such as : a. Checking in covers greeting guest, asking related information, using numbers and dates. b. Reservation explores more about handle reservation on the phone, in person and in writing. c. Hotel services discuss about showing the guests their rooms, telling time, and give information about hotel service and facilities. d. Handle orders practicing handle orders for room service, request for amenities, wake up calls, restaurant reservations, transportation arrangements, messages, and complaints. e. Giving information dealing with places, directions and any other general information for guests or tourist. f. And many more interesting and enjoyable topics to make confident in using English for hotel services. Having this book is your precious investment in maintaining good careers now and in the future in which English is used as a medium of communication in serving guests or customers in the field of hotel and tourism.

87. Material Teknik Perminyakan

Material Teknik  PerminyakanMateri yang disajikan dalam buku ini menjadi referensi penting dan praktis serta aplikabel bagi mahasiswa, dosen, para pemerhati perminyakan, dan stakeholders yang berkaitan dengan bidang teknik perminyakan, serta siapa saja yang mempunyai kepedulian terhadap upaya pengembangan material teknik perminyakan. Kendatipun buku ini telah disiapkan dengan sebaik-baiknya, namun sudah barang tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan. Oleh karena ini tegur sapa dan kritik dalam upaya perbaikannya, sangat kami harapkan dan untuk itu kami sampaikan pula penghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga buku ini bermanfaat untuk para pembaca. Amin.

88. Sukses Unas Pra Unas ABCDEFGHIJ Pasca Unas SMART

Sukses Unas Pra Unas ABCDEFGHIJ Pasca Unas SMARTPada umumnya buku Unas ‘hanya’ berisi persiapan materi soal, ranah kognitif dan termasuk hard skill. Untuk itu dalam buku ini dikupas hal yang (lebih) penting, yakni persiapan mental Pra dan Pasca Unas dengan singkatan ABCDEFGHIJ dan ‘akronim’ SMART( Keduanya adalah pengembangan artikel di Koran Kedaulatan Rakyat dan Republika). Selamat membaca dan mempraktikkan. Semoga sukses meraih nilai UN tinggi dan diterima di sekolah/madrasah atau PT favorit yang lebih tinggi ataupun kerja. Amiin.

89. Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Online

Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Onlinebanyak metode pembelajaran yang bisa diterapkan oleh seorang guru. Salah satu metode pembelajaran yang sedang di dengungkan oleh dinas pendidikan adalah pembelajaran berbasis online yaitu dengan memanfaatkan media jejaring sosial sebagai media pembelajaran guru. blog adalah salah satu tempat media penyimpanan gratis dan dapat dipublisikan secara online sehingga semua materi, artikel, dokumnetasi, tutorial, video seorang guru dapat di akses oleh semua siswa tanpa terhalang jarak dan waktu. buku Mengelola Blog sebagai Media Pembelajaran Online ini berisi tentang bagaimana memenajemen blog yang awalnya blog pribadi menjadi blog pembelajaran aktif dengan materi edukatif.

90. Bumiku, Please Jangan Kiamat Dulu!

Bumiku, Please Jangan Kiamat Dulu!Manusia tidak bisa hidup terlepas dari lingkungan hidupnya. Antara manusia dan lingkungannya merupakan satu kesatuan kehidupan itu sendiri. Apabila manusia tidak memperlakukan lingkungan hidupnya dengan baik, maka pada gilirannya lingkungan itupun akan bersikap “tidak ramah” kepada manusia. Dengan memburuknya kondisi lingkungan hidup, maka kualitas hidup manusia pun menurun. Masalah-masalah yang berkenaan dengan lingkungan hidup semakin hari semakin dirasakan bertambah berat untuk diselesaikan. Bahkan, rasanya masalah- masalah tersebut semakin rumit dan sulit dipecahkan. Salah satu penyebab sulitnya memecahkan masalah lingkungan hidup adalah belum meratanya kesadaran masyarakat tentang arti penting pelestarian lingkungan hidup bagi pemeliharaan kualitas hidup manusia secara berkelanjutan. Untuk itu diperlukan upaya terus menerus dalam rangka mendidik, mengajarkan, dan menyebarluaskan informasi tentang masalah-masalah lingkungan hidup, khususnya melalui media pendidikan. Naskah ini disusun terutama untuk turut menyumbangkan pengetahuan dan informasi kepada anak-anak seusia sekolah dasar tentang masalah lingkungan hidup disamping dapat sebagai buku pelengkap penunjang pelajaran. Dengan gaya bahasa yang sederhana dan akrab, penulis mencoba memperkenalkan berbagai permasalahan lingkungan hidup secara ilmiah dan apa adanya.dengan demikian diharapkan pembacanya akan mudah mencerna dan memahami permasalahan yang dikemukakan, tanpa terlepas dari pengertian-pengertian ilmiah yang menjadi dasar penulisan naskah ini.

91. Ekologi Pertanian

Ekologi PertanianBuku ini ditulis untuk melengkapi bacaan mahasiswa dan para pembaca yang ingin memperdalam pengetahuan tentang Ekologi, khususnya ekologi Pertanian yang masih langka beredar di masyarakat. Semoga dengan mengkaji dan memperdalam pengetahuan ekologi pada umumnya dan Ekologi pertanian pada khususnya dari buku ini para pembaca dapat menambah wawasan dan mendapat manfaat dari apa yang telah dipelajari. Harapan penulis semoga apa yang tertulis dan terkandung dalam buku ini dapat diaplikasikan para pembaca dalam praktek dan diamalkan untuk kepentingan masyarakat luas.

92. Sterilisasi dan Pengendalian Infeksi Silang

Sterilisasi dan Pengendalian Infeksi SilangTenaga kesehatan secara keseluruhan yang kontak langsung dengan pasien yang sakit sangat berisiko tinggi terhadap penularan penyakit. Penyakit-penyakit seperti HIV, Hepatitis dan lain-lain yang berbahaya ini sangat mungkin menular kepada tenaga kesehatan yang mengobati maupun yang merawat. Untuk mencegah terjadinya penularan-penularan penyakit dari pasien kepada tenaga kesehatan, maka perlu adanya tindakan nyata dan serius, karena apabila tindakan pencegahan penularan penyakit tidak dilakukan dengan baik maka malapetaka yang akan terjadi, dan salah satu metode pencegahan yang paling ampuh untuk mencegah penularan penyakit adalah dengan sterilisasi. Buku ini mengupas tentang apa itu infeksi silang, bagaimana cara mengendalikan infeksi, dan bagaimana prosedur sterilisasi. Bermacam-macam prosedur sterilisasi dijelaskan dibuku dan patut anda pahami dan terapkan untuk perlindungan diri maupun pelaksanaan pengendalian infeksi ditempat-tempat pelayanan kesehatan tempat anda bekerja. Buku ini juga sangat tepat sebagai pegangan dan referensi bagi anda mahasiswa kedokteran, kesehatan, keperawatan, kebidanan dan lain-lain untuk konsentrasi mata kuliah sterilisasi dan pengendalian infeksi.

93. Merajut Asa Pendidikan Kita

Merajut Asa Pendidikan KitaMembicarakan masalah pendidikan sekarang bukan mutlak menjadi perdebatan pendidik dan pemerintah. Keterlibatan pihak swasta dan masyarakat dalam membantu memecahkan persoalan-persoalan pendidikan patut untuk diapresiasi oleh semua pihak yang berkecimpung dalam pendidikan. Pemerintah sebagai pemegang otoritas penuh roda pendidikan, pihak swasta, dan masyarakat bisa ikut terlibat bahkan harus dilibatkan secara langsung memajukan pendidikan. Guru (pendidik) merupakan kunci utama maju mundurnya pendidikan, ia berada di front terdepan dalam berperang memberantas kebodohan. Peran guru sekarang tidak mutlak hanya mendidik dan mengajar. Namun harus diimbangi dengan berbagai kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian. Keterlibatan guru dalam memberikan saran, masukan, ide-ide cemerlang terhadap kebijakan pendidikan harus ditumbuhkan guna meningkatkan kualitas pendidikan. Buku ini merupakan kumpulan artikel yang pernah dimuat di berbagai media masa, dan patut dibaca oleh semua pihak yang berupaya meningkatkan pendidikan. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. (*) Imam Wahyudi, seorang pendidik muda yang selalu menginginkan perubahan demi kemajuan pendidikan. Semoga pemikirannya mampu memberikan motivasi dan inspirasi sekaligus pencerahan bagi kita semua. [#]

94. GURU: KUNCI PENDIDIKAN NASIONAL

GURU: KUNCI PENDIDIKAN NASIONALMateri yang disajikan dalam buku ini menjadi referensi penting dan praktis serta aplikabel bagi mahasiswa calon guru, para guru, para tenaga kependidikan, para pemerhati pendidikan, dan stakeholders pendidikan, serta siapa saja yang mempunyai kepedulian terhadap upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia yang muaranya pada peningkatan kualitas pendidikan nasional. Disadari sepenuhnya bahwa dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional, maka kunci utamanya adalah terletak pada guru. Di antara komponen pendidikan yang terangkum dalam delapan standar nasional pendidikan—yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan—guru menempati posisi sentral dan strategis. Upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional termasuk pendidikan karakter, dapat dimulai dari peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas yang sangat ditentukan oleh gurunya. Dengan meningkatnya kualitas pembelajaran di setiap kelas, maka kualitas pendidikan dalam suatu sekolah dapat ditingkatkan, sedangkan apabila kualitas pendidikan setiap sekolah meningkat, maka upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional di Indonesia akan terwujud.

95. Kiat Jadi Guru Profesional

Kiat Jadi Guru ProfesionalDarson, S.Pd., M.Si. Penilaian Kinerja Guru dalam kenaikan pangkat, mulai Januari 2013, penilaian angka kreditnya sudah menggunakan Permeneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, artinya Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya sudah tidak sesuai dengan perkembangan profesi dan tuntutan kompetensi Guru. Seluruh guru haruslah ikut Untuk menyongsong peraturan tersebut Didalam Permeneg PAN dan RB di runut Kepada guru ianyapun dituntut Guru dituntut keprofesionalannya Dalam mengemban tugas dan amanatnya Kiat-kiat khusus haruslah punya Agar menjadi guru yang sempurna Banyak cara yang diajarkan Agar menjadi guru andalan Kiat rahasiapun juga diberikan Gigih dan ulet jadi guru teladan Wahai pembaca silahkan miliki Buku khusus guru profesionalisasi Agar mampu saling mengisi Berpacu kreatifitas di era globalisasi Setelah memahami arti pentingnya jadi guru profesional, maka sangat perlu mengimplementasikan keprofesionalannya itu pada proses pembelajaran setiap masuk kelas.

96. Konsep Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Al-Ghazali

Konsep Manajemen Pendidikan  dalam Perspektif Al-GhazaliKonsep manajemen pendidikan al-Ghazali tampaknya masih relevan untuk diaplikasikan dalam kegiatan proses belajar mengajar dimasa sekarang-tentunya dengan berbagai pengelolaan, baik konsep manajemen pendidik, manajemen kurikuum maupun konsep manajemen peserta didik, karena konsep tersebut disamping tidak membunuh kreatifitas pendidik dan peserta didik, juga akan mendorong terciptanya akhlak yang mulia dikalangan pendidik dan peserta didik. Sebagaimana hal demikian itu menjadi cita-cita pendidikan Islam khususnya, dan pendidikan nasional dan bahkan dunia umum Buku ini disusun berdasarkan tiga bagian. Pertama, bagian PENDAHULUAN yaitu bab yang membahas konsep dasar pendidikan menurut al Gozali. Kedua, bagian TENTANG AL GHAZALI yaitu bab yang membahas tentang biografi dan pemikiran al-Ghazali. Ketiga MANAJEMEN PENDIDIKAN yaitu bab yang membahas tentang pendidik, manajemen pendidik, konsep kurikulum pendidikan dan manajemen kurikulum pendidikan serta konsep peserta didik dan manajemen peserta didik. Berikut adalah pembeda buku ini dengan buku pembelajaran lainnya. 1. Konsep pemikiran tentang kurikulum pendidikan yang digagas oleh al Ghazali, yang jarang disentuh oleh masyarakat. Pembaca akan menemukan konsep manajemen kurikulum. Jika dalam buku buku sebelumnya hanya mengangkat tentang pendidikan gagasan al Ghazali. 2. Memberikan rekomendasi terhadap pemikiran pendidikan dengan menggunakan konsep yang telah digagas oleh al Ghazali 3. Ketiga komponen dalam pendidikan yang dikonsep oleh al Ghazali. Yaitu pendidik, kurikulum dan peserta didik.

97. Bahasa Italia,Belajar Praktis Untuk Pariwisata dan Bisnis

Bahasa Italia,Belajar Praktis Untuk Pariwisata dan Bisnisuuran buaku 15X21

98. Panggil Saya, Abi!

Panggil Saya, Abi!Buku ini kutulis sebagai bentuk rasa simpati terhadap gaya mendidik yang Ustadz Junaidi Hamsyah terapkan. Tidak banyak momen kebersamaan dengan beliau, hanya 4 tahun. Saat penulis diangkat menjadi guru di MAN 2 hingga saat sang Ustadz diamanahkan untuk menjadi Wakil Gubernur Bengkulu dan sekarang menjabat sebagai Plt Gubernur Bengkulu. Kisah-kisah di dalam buku ini merupakan kisah nyata yang pernah penulis alami saat berinteraksi dengan beliau maupun kisah dari berbagai pihak yang melihat langsung gaya mendidik seorang ustadz Junaidi Hamsyah. Beberapa tulisan merupakan kutipan pernyataan beliau yang patut diambil hikmahnya, maupun segala tingkah polahnya yang mengandung banyak makna. Tentu tidak semua hal baik yang pernah beliau lakukan terekam dalam benak penulis. Interaksi penulis dengan beliau hanya sebatas pertemuan dalam jam dinas mengajar saja. Ada banyak hal baik yang mungkin telah dilakukan oleh beliau di luar pengamatan penulis. Siapa saja bisa mengambil pelajaran dari hal-hal baik yang pernah dilakukan oleh seorang Ustadz Junaidi Hamsyah, baik itu berprofesi sebagai guru, sebagai karyawan, sebagai pejabat, pengusaha dan sebagainya. Semua hal baik tentu saja menjadi pengalaman berharga yang dapat ditiru oleh orang lain. Penulis merasa sangat berharga sekali pengalaman mendidik yang pernah beliau lakukan selama menjadi seorang guru. Untuk itu sayang sekali jika momen tersebut lenyap tak berbekas seiring dengan berakhirnya masa tugas beliau sebagai seorang pendidik. Atas dasar itulah penulis pun bertekad akan mengabadikan trik-trik jitu yang pernah beliau terapkan.

99. Silabus: Teori dan Aplikasi Pengembangannya

Silabus:   Teori dan Aplikasi  PengembangannyaSilabus adalah bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan (sekolah). Satuan pendidikan diberikan kebijakan oleh pusat untuk mengembangkan silabus yang mengacu pada kebutuhan satuan pendidikan masing-masing namun tetap memperhatikan standar isi yang ditetapkan oleh Pemerintah. Akan tetapi , tidak semua Satuan Pendidikan paham akan pengembangan silabus untuk sekolahnya yang pada gilirannya tidak menyusun silabus berdasarkan amanat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Buku ini menjawab kebutuhan guru dalam pengembangan silabus yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Buku ini dilengkapi contoh silabus yang dikembangkan berdasarkan teori, analisis kebutuhan lapangan, validitas ahli (expert judgment) , dan uji coba lapangan.

100. Etika Profesi Perawat Gigi

Etika Profesi Perawat GigiSebagai pelaksana kebijakan kesehatan nasional, perawat harus ikut berperan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan bangsa, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, memelihara kesejahteraan masyarakat, hingga ikut memberikan sumbangan dalam mewujudkan tujuan WHO (World Health Organization). Kewenangan yang dimiliki oleh seorang perawat gigi untuk melaksanakan tugas pelayanannya adalah kewenangan hukum (rechtsbevoegheid). Atas dasar kewenangan inilah, seorang tenaga kesehatan berhak melakukan pengobatan sesuai dengan kompetensinya. Bila persyaratan administratif untuk melaksanakan profesinya telah dipenuhi, maka perawat gigi sebagai pengemban profesi telah memperoleh kewenangan profesional dalam menjalankan pekerjaannya. Namun, bila seorang tenaga kesehatan melakukan pekerjaan tanpa kewenangan, dapat dianggap melanggar salah satu standar profesi tenaga kesehatan. Buku ini mengulas dengan ringkas tentang konsep dasar etika profesi, Keperawatan dan Profesi Perawat Gigi, Standar Kompetensi Perawat Gigi, Standar Pelayanan Asuhan Perawat Gigi, Tanggung Jawab Hukum Perawat Gigi, Aspek Hukum Perawat Gigi dan lain-lain. Buku ini sangat tepat dimiliki oleh tenaga kesehatan khususnya Perawat Gigi agar Perawat Gigi memahami akan etika-etika yang mengatur profesi sekaligus memahami aspek-aspek hukumnya. Perlindungan hukum tenaga kesehatan oleh pemerintah sudah sangat jelas yaitu, bahwa setiap tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya berkewajiban untuk mematuhi standar profesi tenaga kesehatan.


Leutika Leutika