slogan leutika prio

Kategori Modul Ajar

21. Budidaya 25 Buah Tropis Tumbuh di Indonesia

Budidaya 25 Buah Tropis Tumbuh di IndonesiaTujuan penulis menerbitkan buku ini adalah berbagi pengalaman dan memberikan wawasan kepada pembaca dan pengambil kebijakan di kalangan pemerintahan bahwa Indonesia memiliki banyak tanaman buah tropis yang dapat dibudidayakan. Harapan penulis, buku ini dapat bemanfaat kepada para pembaca dan pengambil keputusan di kalangan pemerintahan dalam melestarikan tanaman lokal. Semoga dapat dikembangkan sebagai tanaman alternatif untuk memenuhi kebutuhan nasional. Tentu saja dalam menyampaikan tulisan dan pendapat yang terdapat dalam buku ini masih banyak kekurangan, kesalahan dan kekurangan, maka apabila berkenan di hati pembaca mohon kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan penulis.

22. Pengantar Manajemen Konflik

Pengantar Manajemen KonflikManajemen Konflik merupakan salah satu mata kuliah inti khususnya konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia pada Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Mengelola konflik merupakan salah satu kunci utama dalam meraih kinerja yang optimal dalam setiap organisasi, konflik yang terjadi cukup untuk mencegah adanya stagnasi, mendorong adanya kreativitas, menimbulkan dorongan untuk melakukan perubahan, dan mencari cara terbaik untuk memecahkan masalah. Apa yang penulis tampilkan dalam buku ini merupakan kumpulan bahan ajar selama di strata satu maupun di pascasarjana, seminar, pelatihan, dan berbagai sumber lainnya yang dianggap relevan. Materi yang disajikan merupakan rangkaian gabungan pemikiran dari para ahli.

23. Buku English for Tourism

Buku English for TourismIntroduction English for Tourism is designed for students who plan to take a course in the area of tourism entirely or partly in English. The principal aim of English for Tourism is to teach students to cope with input texts, i.e., reading, in the discipline. However, students will be expected to produce output texts in speech and writing throughout the course. The syllabus focuses on key vocabulary for the discipline and on words and phrases commonly used in academic and technical English. It c

24. Pokok-Pokok Pajak Daerah di Indonesia

Pokok-Pokok Pajak Daerah di IndonesiaPajak Daerah merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan hadirnya otonomi daerah maka pemungutan pajak daerah semakin diaktifkan. Selama ini telah lahir beberapa produk hukum / undang-undang yang mengatur tentang Pajak Daerah di Indonesia. Yang terakhir yaitu dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang secara efektif mulai berlaku 1 Januari 2010. Ada beberapa perubahan mendasar dalam undang-undang tahun 2009 tersebut diantaranya dengan dimasukkannya Pajak Bumi dan Bangunan sektor perdesaan dan perkotaan serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan menjadi sepenuhnya pajak daerah yang dialihkan dari pajak Negara. Ada juga beberapa jenis pajak baru yang ditambahkan yaitu Pajak Sarang Burung Walet dan Pajak Rokok. Selain jenis pajak, perubahan mendasar terlihat dari besaran tarif untuk masing-masing pajak turut mengalami perubahan. Buku ini memberikan penjelasan singkat dan sederhana untuk setiap jenis pajak daerah yang terdiri dari 16 jenis pajak agar pembaca dengan mudah dapat memahaminya.

25. Akuntansi Pajak

Akuntansi PajakSistem perpajakan self assessment memberi kepercayaan penuh kepada masyarakat untuk menghitung dan melaporkan pajaknya. Oleh karena itu, keberhasilan sistem tersebut sangat tergantung dari kemampuan masyarakat agar dapat menghitung sendiri pajaknya. Mengingat perhitungan pajak menggunakan akuntansi sebagai alat, maka wajib pajak perlu ada usaha memahami seluk beluk akuntansi pajak. Proses penyajian informasi keuangan suatu usaha ditentukan oleh praktik dan kelaziman yang berlaku dalam profesi akuntansi. Hal ini tidak diatur secara teknis dan rinci pada ketentuan perpajakan. Namun demikian, pengukuran dan penilaian atas fakta keuangan sangat dipengaruhi oleh ketentuan perpajakan yang berlaku dan bersifat mengikat. Buku ini disusun dari kajian teori yang berupa aturan-aturan perpajakan dan pedoman standar akuntansi keuangan. Uraian berbentuk ringkasan dengan bagan dan gambar untuk mempermudah pembaca memahami materi dan dilengkapi dengan soal latihan pilihan ganda dan soal kasus untuk tujuan pendalaman terhadap materi. Buku ini bermanfaat bagi Bagi usahawan, eksekutif, konsultan pajak, mahasiswa, dan masyarakat umum yang berminat mempelajari akuntansi perpajakan di Indonesia. Juga, sangat bermanfaat bagi para wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

26. REKAYASA DAN MANAJEMEN LALU LINTAS

REKAYASA DAN MANAJEMEN LALU LINTASIlmu rekayasa dan manajemen lalu lintas merupakan salah satu ilmu yang semakin dirasakan sekali manfaatnya—dengan ilmu lalu lintas lainnya—di tengah perkembangan kota-kota yang semakin pesat. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak mungkin dapat diimbangi dengan peningkatan panjang jalan, telah mengilhami kemendesakan pemahaman ilmu ini. Buku Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas, Teori dan Aplikasi ini adalah penyempurnaan dari hand out Rekayasa Lalu Lintas yang hanya beredar di lingkungan Teknik Sipil Universitas Janabadra Yogyakarta. Buku ini sengaja disebarluaskan kepada masyarakat umum, khususnya para mahasiswa di bidang transportasi sebagai penambah khazanah ilmu pengetahuan. Dalam buku ini, teori dasar dihadirkan dengan bahasa sederhana agar bisa dipahami oleh siapa pun yang memiliki ketertarikan dengan transportasi. Meskipun beberapa materi diambilkan dari lembar-lembar pustaka yang dijadikan rujukan, namun di bab terakhir dilengkapi dengan aplikasi/penerapan dalam mengatasi problem transportasi darat. Aplikasi ilmu ini merupakan pengalaman penulis dalam pekerjaan-pekerjaan di bidang transportasi. Beberapa materi rekayasa dan manajemen lalu lintas seperti simpang tak sebidang, bundaran, optimasi geometrik simpang, prioritas angkutan umum, simulasi antrian kendaraan, teori gelombang kejut (shock wave), serta fasilitas pesepeda dan pejalan kaki direncanakan akan dihadirkan dalam buku edisi berikutnya.

27. Revitalisasi Seni Pertunjukan Dulmuluk

Revitalisasi Seni Pertunjukan DulmulukBuku ini mengupas Seni Pertunjukan Dulmuluk dan revitalisasinya. Dulmuluk, seni tradisional dari Sumsel ibarat macan yang kehilangan taringnya. Dalam kehidupan sehari-hari, budaya asli seperti ini dapat tercabut dari akarnya ketika mendapat pengaruh dari berbagai budaya asing sehingga membuat budaya asli menjadi sesuatu yang aneh dan hanya menempati museum-museum kebudayaan. Revitalisasi seni pertunjukan Dulmuluk sangat diperlukan sebagai upaya pemertahanan eksistensi kesenian tradisional kepada generasi muda. Revitalisasi perlu segera dilakukan karena seni pertunjukan Dulmuluk telah hampir punah karena tidak menjadi sebuah industri yang berasal dari kreativitas senimannya.

28. BERPIKIR SISTEM - Pola Berpikir untuk Pemahaman Masalah yang Lebih Baik

BERPIKIR SISTEM - Pola Berpikir untuk Pemahaman Masalah yang Lebih BaikPermasalahan dunia nyata yang menjadi kian terkoneksi akibat berbagai kemajuan teknologi membutuhkan sebuah pendekatan yang lebih integratif dan terstruktur untuk menguraikannya. Pendekatan berpikir sistem memberikan alternatif analisa permasalahan kompleks yang memfokuskan tidak hanya kepada masalah di komponen, namun pada konektivitas antar komponen. Berpikir sistem dapat mengantarkan anda untuk memasuki transisi dalam melihat permasalahan dari hanya sekedar melihat komponen, lalu melihat hubungan antar komponen, kemudian melihat hubungan yang saling interkoneksi, hingga akhirnya melihat hubungan yang saling berketergantungan antar komponen. Kemampuan ini membuat anda dapat memahami permasalahan dengan lebih baik, dan pemahaman yang lebih baik bisa membuka peluang solusi yang lebih baik pula.

29. Buku Panduan Bahasa Jepang Edisi ke - 1 Belajar Membaca dan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana

Buku Panduan Bahasa Jepang Edisi ke - 1 Belajar Membaca dan Menulis Huruf Hiragana dan KatakanaBahasa Jepang merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan infomasi pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan dengan menggunakan bahasa tersebut. Mata pelajaran Bahasa Jepang memiliki tujuan sebagai berikut : 1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan. Kemampuan berkomunikasi meliputi mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. 2. Menumbuhkan kesadaran

30. Administrasi Kepegawaian

Administrasi KepegawaianBuku ini ditulis bertujuan untuk dapat menjadi referensi bagi mahasiswa khususnya Mata Kuliah Manajemen Kepegawaian, dimana dalam buku ini dijelaskan dengan komprehensif tentang teori-teori kepegawaian dan bagaimana melakukan manajerial kepegawaian di lingkungan pemerintahan atau perusahaan swasta. Selain itu, buku ini juga dapat menjadi landasan teoritis bagi Birokrasi Pemerintahan, Analisis Kepegawaian atau juga Manajemen Kepegawaian Perusahaan dalam menata sistem kepegawaian. Harapannya dapat menjawab permasalahan kepegawaian yang terjadi dalam Birokrasi Pemerintahan di negara kita dan juga permasalahan kepegawaian di perusahaan-perusahaan swasta lainnya. Dengan teori-teori administrasi, manajamen serta kepegawaian, nantinya mampu menciptakan sebuah konsepsi positif yang dapat membangun kinerja kepegawaian Republik Indonesia dan juga kepegawaian perusahaan swasta.

31. Etika Profesi dalam Dinamika Profesi

Etika Profesi dalam Dinamika ProfesiKomisi Pemberantasan Korupsi atau KPK saat ini semakin beringas saja. Nyaris tidak ada lini yang terbebas dari sadapan alat canggih milik lembaga superbody itu, guna menyelidiki kemungkinan terjadinya tindak pidana korupsi (tipikor) yang dilakukan pejabat publik. Baik pejabat yang ada di pusat pemerintahan maupun yang ada di daerah. Akibatnya, banyak mantan menteri, mantan kepala daerah, mantan petinggi kepolisian, wakil rakyat, pejabat pajak, hakim, advokat, tak terkecuali konsultan pajak. Padahal dalam berkiprah sebagai pejabat publik –di samping telah mengucapkan sumpah jabatan atas nama Tuhan– mereka telah diikat dengan Kode Etik. Yakni, ketentuan mengenai tingkah laku para pengguna uang rakyat itu, dalam bersikap dan bertindak tatkala melaksanakan pengabdiannya. Dan mereka para pejabat tersebut bukanlah sekumpulan orang bodoh. Mereka adalah jebolan perguruan tinggi. Bahkan tidak sedikit yang lulusan perguruan tinggi favorit serta berkualitas pula. Maka dari itu tak salah ketika banyak orang kemudian mulai mempertanyakan makna keberadaan dan fungsi kode etik profesi. Bukahkah seharusnya sekumpulan aturan norma bertingkah laku, yang seringkali penyusunannya melibatkan banyak pakar itu, mampu menjadi pedoman dalam setiap gerak langkah setiap pejabat publik? Siapakah yang patut dijadikan kambing hitam? Apakah perilaku menyimpang itu disebabkan atas ketidakpedulian atasan terhadap kode etik? Ataukah, memang aturan-aturan moral yang tertuang di dalam kode etik tersebut yang terlampau lemah, sehingga tak mampu membentuk pribadi profesional.

32. Kewajiban Pembuatan Faktur Pajak bagi Pengusaha Kena Pajak

Kewajiban Pembuatan Faktur Pajak bagi Pengusaha Kena PajakFaktur Pajak merupakan bukti pungutan Pajak Pertambahan Nilai dan/atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang wajib dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak ketika melakukan penyerahan Barang Kena Pajak atau Jasa Kena Pajak. Mengingat pentingnya peran Faktur Pajak sebagai bukti pungutan pajak, maka Pengusaha Kena Pajak tidak diperkenankan membuat atau menerbitkan serta mengisi Faktur Pajak sekehendak hatinya melainkan harus mengikuti tata cara yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan tentang Pajak Pertambahan Nilai. Buku ini mencoba menjelaskan ketentuan pembuatan/penerbitan Faktur Pajak berdasarkan aturan yang berlaku sejak 1 April 2010. Topik bahasan dalam buku ini meliputi Jenis, Fungsi, dan Kewajiban Pembuatan Faktur Pajak; Faktur Pajak dan Dokumen Tertentu yang Dipersamakan dengan Faktur Pajak; Kode dan Nomor Seri Faktur Pajak; Saat Pembuatan Faktur Pajak; Penggantian dan Pembatalan Faktur Pajak; Penandatangan Faktur Pajak, Faktur Pajak Cacat, dan Sanksi Terkait Faktur Pajak; serta Faktur Pajak Pengusaha Kena Pajak Pedagang Eceran.

33. GERAKAN TANAH DAN PEDOMAN CARA PEMANTAUAN

GERAKAN TANAH  DAN  PEDOMAN CARA PEMANTAUANBeerlatar belakang peristiwa bencana tanah longsor yang terjadi memang membuat kita menjadi prihatin, tidak hanya karena kerugian harta benda, apalagi kalau sampai menimbulkan korban jiwa. Pada dasarnya setiap bencana alam tanah longsor dan gerakan tanah berbeda penyebab dan perilakunya. Karena itu pula kita akan memberikan perlakukan penanganan yang berbeda pula sesuai dengan macam bencana yang terjadi termasuk pemilihan alat pantau sesuai kebutuhan. Buku ini disusun dengan tujuan untuk dapat dipergunakan oleh mahasiswa, praktisi, pengguna secara professional sesuai dengan kemampuan akan tuntutan kebutuhan di lapangan tentang gerakan tanah dan cara pemantauan dengan alat pantau yang terpasang dilapangan. Dengan memanfaatkan sarana dan prasarna yang ada dalam penerapannya , dapat menambah pengetahuan dan teknologi yang tepat di bidang longsor dan gerakan tanah.

34. Langkah Mudah Menjadi Chef Profesional

Langkah Mudah Menjadi Chef ProfesionalAntara memasak dan menjadi seorang chef itu adalah dua hal yang berbeda, seperti halnya antara kemampuan menerbangkan pesawat terbang dengan menjadi seorang pilot. Menerbangkan pesawat terbang mungkin banyak orang yang bisa, tetapi tidak setiap orang yang bisa menerbangkan pesawat terbang berarti harus disebut pilot, karena ada banyak aspek yang harus dikuasai oleh seorang pilot selain sekadar bisa menerbangkan pesawat terbang. Demikian halnya dengan chef, saya sangat yakin ada banyak sekali orang yang bisa memasak, tetapi tidak setiap orang yang bisa memasak kemudian harus disebut sebagai chef. Seorang chef memang harus bisa memasak, itu pasti. Tetapi bisa memasak saja belum cukup, ada begitu banyak pengetahuan yang harus dikuasai oleh seorang chef. Pengetahuan tentang bahan makanan, gizi, tentang hygiene dan sanitasi, tentang metode memasak yang benar, cara penyajian makanan, seni memadukan warna sehingga tampilan makanan menjadi serasi, bahkan pengetahuan yang bersifat administrative managerial. Seorang chef juga harus paham tentang leadership atau kepemimpinan. Dalam buku Langkah Mudah Menjadi Chef Profesional ini dijelaskan secara gamblang apa saja pekerjaan seorang chef, bagaimana prosedur kerja di dapur modern, alat-alat apa saja yang dibutuhkan, lalu pengetahuan apa saja yang harus dipelajari oleh para calon chef profesional. Dan yang paling penting dalam buku ini juga dilengkapi dengan aneka foto yang akan mempermudah para pembaca untuk mempelajari semua aspek tentang pekerjaan seorang chef profesional. *** Buku yang sangat bagus. Mudah dicerna, komplit dan la

35. Multikultural: Kado Untuk Indonesia

Multikultural: Kado Untuk IndonesiaNegeri kita telah haus dengan kedamaian. Ragam konflik dan penyakit budaya masih mewarnai kehidupan berbangsa di negeri ini. Buku ini diharapkan menjadi kado terindah untuk Indonesia memecahkan benih-benih pemecah kesatuan bangsa. Pendidikan seharusnya menjadi solusi atas benih-benih permasalahan tersebut. Namun ternyata belum seutuhnya memberikan solusi untuk merekatkan ragam-ragam perbedaan sosial. Buku ini memberikan langkah-langkah pembelajaran yang dapat membekali guru mengajarkan pada siswa belajar menerima perbedaan sebelum terjun ke masyarakat. Membangun generasi-generasi “guyub” dalam menerima perbedaan tidaklah mudah. Perlu kerja keras dari berbagai pihak agar suasana berinteraksi dalam masyarakat tidak selalu diwarnai dengan konflik dan prasangka. Pembelajaran multikultural perlu dengan konsisten diperlakukan di dalam kelas agar siswa lambat laun terbiasa santun dan mau menerima perbedaan. Bila semua pihak serius menjalankan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran di kelas maka penulis berkeyakinan karakter masa depan bangsa akan lebih terbentuk dengan santun.

36. Catatan Sederhana Mengenai Hukum dan Hukum Perdata

Catatan Sederhana Mengenai Hukum dan Hukum PerdataBuku yang berisi 2 bagian ini, yaitu hukum secara umum dan berbagai permasalahan hukum perdata, sengaja disajikan agar terlebih dahulu sebelum membahas permasalahan.

37. Dasar-Dasar Hukum Bisnis Bagian Pertama

Dasar-Dasar Hukum Bisnis Bagian PertamaDi era perdagangan global, masalah aspek hukum bisnis menjadi hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang, khususnya mereka yang berkecimpung di dunia bisnis.

38. Praktik Beperkara Perdata Edisi Revisi

Praktik Beperkara Perdata Edisi RevisiDiyakini atau tidak, sistem penegakan hukum di Republik ini masih amburadul. Epidemi moralitas nyaris dapat dipastikan menghinggapi seluruh perangkat hukum mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas, yang disebut dengan lembaga Mahkamah Agung.

39. Praktik Beperkara Pidana Edisi Revisi

Praktik Beperkara Pidana Edisi RevisiBuku ini berisi tentang praktik penegakan hukum di Indonesia.

40. HAM dan Peradilan HAM di Indonesia

HAM dan Peradilan HAM di IndonesiaGema gerakan penghormatan terhadap eksistensi hak asasi manusia (HAM) telah bergaung secara universal. Saat ini tidak satu negara pun di dunia ini yang menolak mengakui adanya seperangkat hak yang sifatnya asasi.


Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni