slogan leutika prio

Kategori Kumpulan Artikel

1. REALITA CARA BERHUKUM

REALITA CARA BERHUKUMIsu yang dipotret dalam buku ini, didominasi realita penegakan hukum yang carut-marut, mencederai keadilan, membahayakan keberadaban manusia. Singkatnya, substansi buku “Realita Cara Berhukum” ini lebih banyak didominasi deskripsi penyakit hukum seperti mafia peradilan dan korupsi hukum di tahapan legislasi (legis corruptio). Demikian banyak persoalan yang melanda dunia hukum berhukum di Indonesia dan tidak pernah tuntas. Mengapa? Karena penegak hukum dan semua elemen masyarakat tidak berani keluar dari tradisi penegakan hukum yang semata-mata bersandar pada peraturan perundang-undangan. Inilah benang merah buku ini. Selain menggugat cara berhukum yang legalistik (mulut undang-undang), buku ini juga menghadirkan penyakit hukum yang wajib dipelajari dan diketahui siapapun yang menghendaki masa depan negara hukum yang manusiawi.

2. 2 Sisi Dunia Maya - Ketika Dunia Memilih ...

2 Sisi Dunia Maya - Ketika Dunia Memilih ...Berbagai artikel yang berhubungan dengan dunia maya diatas, semoga bisa memberikan informasi dan inspirasi, bagi masyarakat. Terutama untuk orang tua dengan anak2 yang masih membutuhkan bimbingan. Sebenarnya, anak2 itu adalah masa depan bangsa dan dua mereka memang dunia teknologi, termasuk internet. Tetapi, jika mereka tidak dibimbing dengan baik sejak kecil, mereka bisa “kebablasan”, karena mereka adalah anak2 yang cerdik dan pintar. Mereka harus dibimbing untuk bisa menilai, mana yang baik dan mana yang tidak boleh mereka lakukan. Pengalaman2 ku sebagai orang tua tunggal dari 2 orang anak yang sekarang sudah dewasa, mungkin sedikit banyak bisa memberikan contoh kepada orang tua jaman sekarang. Bahwa, kita memang harus belajar lebih lagi, untuk merangkul anak2 kita lewat pendalaman internet. Walau memang aku sedikit gagap teknologi, tetapi aku tetap selalu belajar. Minimal, aku hrus mengerti tentang bahaya internet, sehingga anak2ku bisa terlindungi …… Semoga, Buku ini bisa sebagai patokan contoh2 untuk orang tua, supaya bisa memberikan yang terbaik bagi anak2nya, sebagai generasi bangsa kita.

3. Winter in Meinung

Winter in MeinungBuku ini berisi kumpulan tulisan pengalaman dan kesan mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Malang yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Internasional di Distrik Meinung, Kota Kaohsiung, Taiwan. Mereka tidak hanya memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat, namun juga mempelajari budaya lokal, khususnya budaya Suku Hakka di Meinung serta mempelajari sistem sosial dan perlindungan lingkungan. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan saling kesepahaman antara masyarakat Indonesia dan Taiwan, namun juga merupakan sebuah investasi untuk masa depan jalinan kerjasama dan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Taiwan.

4. MEMOIRS FROM BELFAST (Catatan Phd Survivor: Mengejar Mimpi, Di Antara Dilema Domestik Hingga Akademik)

MEMOIRS FROM BELFAST (Catatan Phd Survivor: Mengejar Mimpi, Di Antara Dilema Domestik Hingga Akademik)Kisah perjalanan yang terkumpul dalam buku ini menggambarkan bahwa banyak hal bisa terwujud dengan rumusan 'Ordinary + Extra Attention=The Extra Ordinary' dengan didukung oleh support system berupa doa dan ikhtiar yang optimal. Bacaan yang ringan dan ‘bernutrisi’, menyajikan penggalan kisah perjalanan dan perjuangan untuk mewujudkan mimpi. Barrakallah dan selamat! (Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si, Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Pemprov Jabar) Hey yang haus ilmu, terbanglah, belajarlah, ke manapun, di belahan dunia ini. Galilah pengetahuan, budaya, mimpi, dan pengalaman untuk hidupmu kelak. Jika masih takut, baca buku ini. Semoga terinspirasi untuk menggapai mimpi. (Eli Siti Wasliah/Jurnalis/Praktisi Komunikasi) Buku ini bisa menjadi sebuah oase terutama bagi perempuan dengan dilema perannya sebagai istri, ibu bagi anak2nya, dan karir impiannya, serta keyakinan terhadap keajaiban Tuhan. (Rofi Ardhianto, Program Director Phiradio.net) Buku yang akan menggugah para pemimpi untuk terus membangun mimpinya dan berusaha melakukan yang terbaik. (Andri Novi Lestari, Peserta Program 300 Doktor Jawa Barat) Kegigihan (Perseverance) adalah kata yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan dari isi buku ini. Rully, so inspiring ceritanyaa! Seemangat selalu yaa.. (Nuraeni Handayaningrum, Dosen STP NHI Bandung) Woow… Your articles are very inspiring Mbak Rully! I’m proud of you! (Ely Goro Leba, Penerima Beasiswa LPDP Tahun 2014) Memberikan kesan Inspiratif. Saya berharap bisa belajar Teknik berkomunikasi dengan Professor seperti Anda. (Oki Ma'arif,Blogger)

5. MENYENTUH MATAHARI (Kumpulan STATUS FACEBOOK Yang Mencerahkan)

MENYENTUH MATAHARI (Kumpulan STATUS FACEBOOK Yang Mencerahkan)Buku ini adalah kumpulan status saya di media sosial Facebook yang kemudian saya lengkapi dengan penjabaran seperlunya. Dalam buku ini ada 17 status yang saya jabarkan sedemikian rupa menjadi sebuah ulasan yang menarik. Harapannya mudah-mudahan ini akan memberikan kebaikan bagi para pembaca sehingga bermain Facebook jadi lebih bermanfaat dan tidak sekadar iseng. Lahirnya buku ini juga berawal dari perbincangan dengan beberapa sahabat sesama Facebookers yang menyatakan ketertarikannya kepada status-status saya dan ingin mendapatkan penjelasan lebih jauh tentang status-status tersebut. Kemudian mereka memberikan dorongan semangat kepada saya untuk merangkumnya dalam sebuah buku. Akhirnya setelah saya mencoba sekuat tenaga, maka lahirlah buku yang berada ditangan anda saat ini. Sebagian besar isi buku ini adalah pengalaman pribadi, catatan perjalanan dan cerita kehidupan yang kita lakoni sehari-hari. Semoga buku ini memberi khazanah baru bagi pembacanya dan menambah wawasan tentang banyak hal termasuk hal-hal kecil yang sesungguhnya memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan kita sehari-hari.

6. BELAJAR SOSIOLOGI di DESA Pengalaman live in di Desa Sentra Bunga Mawar Jawa Timur

BELAJAR SOSIOLOGI di DESA Pengalaman live in di Desa Sentra Bunga Mawar Jawa TimurBelajar Sosiologi selama ini identik dengan memahami dan mendiskusikan narasi-narasi besar seperti konsep, teori dan gagasan-gagasan abstrak para filosof sosial. Hal tersebut membuat belajar sosiologi terkesan membosankan dan menjemukan karena berjarak dengan realitas kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama yang ditangkap para pembelajar sosiologi. Berdasarkan hal tersebut, Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang membuat inovasi dengan belajar sosiologi dalam realitas yang intim dengan keseharian mereka (sosiologi menyintesa sebagai sociology of everyday life). Buku ini menjelaskan salah satu metode pembelajaran sosiologi berbasis “live in” yang diterapkan di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang selama 8 tahun. Metode belajar dikaitkan dengan kegiatan Program Studi Sosiologi yang diberi nama Sociology Camp (Soscamp). Kegiatan Sociology Camp mengajak dosen dan mahasiswa untuk belajar Sosiologi secara partisipatoris. Kami menginap di desa mitra, menginisiasi kegiatan bersama dan seserawungan dengan warga setempat. Agar ruang akademis menjadi basis bertindak mereka, Sociology Camp mengajari mereka bagaimana melakukan narasi penelitian. Buku ini merupakan upaya Program Studi Sosiologi UMM dalam memberikan pembelajaran sosiologi yang menyenangkan dengan tanpa menghilangkan ruh dari ratu ilmu sosial ini. Selamat membaca dan merasakan “roso” tentang sosiologi berbasis “live in”.

7. Wacana Sastra Paragraf Budaya

Wacana Sastra Paragraf BudayaEsai-esai yang terkumpul dalam antologi ini memuat beragam tema yang disodorkan mulai dari fenomena sastra dan budaya di negeri ini sampai kritik konstruktif terhadap beberapa karya puisi yang menarik minat penulisnya. Di samping itu juga esai-esai tentang proses kreatif yang bernuansa pengalaman pribadi penulis sebagai penyair.Antologi ini menegaskan bahwa di samping sebagai penyair yang telah berkecimpung selama empat dekade di khasanah sastra Indonesia, penulis juga pengamat dan pencatat atas ragam peristiwa sastra dan budaya di Indonesia.

8. Journey to Allah

Journey to AllahIbadah haji adalah esensi ritual yang menunjukkan eksistensi manusia menuju kepada Allah Swt. Haji merupakan drama yang menunjukkan simbol-simbol sejarah penciptaan manusia mulai dari manusia pertama, yaitu Adam. Sebuah perjalanan panjang, perjalanan suci menuju totalitas diri kecintaan kepada Rabb. Haji merupakan ibadah yang menjadi rahasia Allah. Manusia bisa merencanakan apa pun, tetapi Allah lah penentu dan pembuat keputusan. Banyak hal yang tidak dapat diprediksi oleh manusia ketika dalam p

9. Melihat, Mendengar dan Belajar Memahami Kisah Hidup

Melihat, Mendengar dan Belajar Memahami Kisah HidupBuku ini berisi tentang kisah orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Kisah mereka dituliskan dengan menggunakan teknik Kikigaki dari Jepang oleh mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Malang. Melalui teknik ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang teknik wawancara, tetapi juga mendapatkan pengalaman dan pelajaran tentang kehidupan, termasuk juga kearifan lokal di dalamnya. Kikigaki sangat penting dalam transfer pengetahuan dan pengalaman antargenerasi dan

10. Dear Ayah, Dear Bunda

Dear Ayah, Dear BundaMemiliki orang tua adalah anugerah terbesar bagi setiap manusia di dunia. Terlebih lagi jika kita berkesempatan tumbuh hingga dewasa dalam kasih sayang mereka. Restu orang tua jugalah yang membawa banyak keberuntungan bagi setiap anak dalam mengarungi hidupnya. Walau ada di antara kita yang tidak pernah berjumpa dengan orang tuanya sekalipun sejak mereka dilahirkan, mereka akan merasakan betapa besar cinta dan jasa orang tuanya sehingga mereka bisa hadir di dunia ini. Masing-masing anak pasti me

11. Kakek di 3 Zaman

Kakek di 3 ZamanBuku Kakek di 3 Zaman ini merupakan kumpulan dari catatan-catatan yang terserak di Facebook dari 2013–2014. Sayang kalau sampai tidak dikumpulken. Eman-eman! Heuheuheu. Terserah pembaca dalam memberi penafsiran perihal apa yang dapat ditangkap dari deretan kata yang sangat tidak beraturan ini. Bagi saya, setiap kejadian selalu menyisakan sebuah hikmah, pembelajaran bagi setiap manusia, agar dapat selalu mengubah dirinya menjadi lebih baik dari kemarin. Marilah semua bersama-sama merenungkannya,

12. Ada Kecuali di Setiap Luka

Ada Kecuali di Setiap LukaApa yang akan saya tulis pada halaman-halaman berikutnya adalah refleksi tentang beragam masalah yang pernah saya dengar, saya lihat, bahkan saya alami. Sumber inspirasi saya adalah semua murid-murid saya, sahabat-sahabat saya, dan orang-orang yang saya kenal dan pernah menjalin cerita dengan saya.

13. Snow in Nagoya

Snow in NagoyaBuku ini menceritakan pengalaman mahasiswa HI UMM yang mengikuti kegiatan di Jepang, khususnya di Kota Nagoya dan Tokyo. Perjalanan ke Jepang kali ini bukan sebuah perjalanan wisata, tetapi lebih kepada sebuah pembelajaran langsung dari para peserta program untuk mengenal secara langsung budaya dan masyarakat Jepang. Program ini juga dilaksanakan atas kerja sama dengan Fakultas Komunikasi Internasional, Universitas Aichi, Nagoya, Jepang. Tujuan pelaksanaan program ini adalah untuk mengenal lebih

14. Harmoni Media dan Teknologi

Harmoni Media dan TeknologiKarakteristik yang melekat pada media ialah model penyampai informasi yang tak terlalu banyak diminati, terutama oleh kaum milenial saat ini. Media konvensional lebih didominasi oleh televisi yang saat ini pun cenderung monoton, terutama lagi-lagi bagi kaum milenial. Anak muda tentu membutuhkan suatu cara mendapat informasi yang lebih menarik dan inovatif, tetapi tetap pada kaidah-kaidah yang ada. Media pun tidak tinggal diam. Menyambut keinginan para generasi milenial, media pun lahir kembali d

15. Memotret Media Dari Kacamata Sosiologi Komunikasi

Memotret Media Dari Kacamata Sosiologi KomunikasiDalam perkembangannya, media massa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Bahkan, pemikiran dan perilaku manusia dalam kehidupannya sangat dipengaruhi oleh pesan media massa. Saat ini Indonesia telah memasuki media saturated era, yaitu era ketika media massa mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari sisi teknologi media maupun konten medianya sendiri.Canggihnya teknologi yang semakin mudah dan bebas dalam mengakses media mengakibatkan banyaknya masyarakat yang mengonsumsi media

16. LAFAZ PENA MANTAN AKTIVIS

LAFAZ PENA MANTAN AKTIVISSebuah kumpulan tulisan seorang mantan aktivis yang bersuara tentang kondisi sosial, sisi religius manusia, pop-culture, dan isu-isu yang berkembang dari zaman Orba hingga Era Reformasi. Sebuah cacatan pena yang membawa flashback menelusuri lorong-lorong waktu.

17. Masa ke Masa Jurnalisme Online

Masa ke Masa Jurnalisme OnlinePerkembangan teknologi telah merevolusi proses penyebaran pesan. Maka, jurnalisme yang sebelumnya hanya berdasarkan pada perkembangan media cetak dan elektronik ikut mengalami perubahan. Sejak muncul internet, muncul proses penyebaran pesan yang selama ini mengubah pakem dalam jurnalisme. Berbagai aturan klasik pun dipaksa berubah dengan perkembangan jurnalisme online. Bahkan, jurnalisme online khas muncul akibat dampak perkembangan internet. Sebagai sebuah proses yang baru tentu menimbulkan pr

18. Temperatur Media

Temperatur MediaDiakui atau tidak, media massa memang telah mengantarkan masyarakat ke arah kemajuan. Berbagai perubahan yang ada di masyarakat tak akan lepas dari perannya. Media juga bisa mengangkat harkat dan martabat manusia. Namun demikian, di sisi lain media massa bisa mengarahkan pada proses dehumanisasi. Sisi-sisi kemanusiaan tergerus sedemikian rupa. Jati diri manusia juga semakin terperosok. Tentu saja, ada banyak faktor yang menyebabkan dehumanisasi itu. Media massa hanya salah satu sebab, tak lain

19. Sebuah Narasi

Sebuah NarasiBuku ini merupakan rangkaian cerita yang terjadi dalam ruang kehidupan penulis, yang disajikan dalam bentuk cerita pendek, narasi, juga puisi. Ada kisah cinta, juga luka. Ada pula cerita suka, juga duka. Sederhana dan biasa, memang. Namun, dari kesederhanaan itu justru tersemat beberapa harapan yang mungkin dapat dirasakan oleh semua orang, meski sulit untuk diungkapkan. Terkait nama-nama orang dalam cerita, penulis sengaja 'meminjam' beberapa nama-nama tokoh yang melegenda di nusantara. Meski d

20. Dialektika Pengelana Pena

Dialektika Pengelana PenaTema yang disajikan dalam buku ini terbagi ke dalam tiga tema pokok, pertama tema sejarah, kedua tema kehidupan dan ketiga tema tentang pendidikan. Di dalam buku ini terkandung semangat dari sebuah pepatah Yunani, “verba volant, scripta manent” yang mempunyai arti ‘sesuatu yang hanya diucapkan akan hilang bersama angin, tapi yang tertulis akan abadi’. Karena dorongan itu, tulisan-tulisan yang tercecer di blog pribadi www.arifsae.com penulis himpun menjadi satu kesatuan dalam bentuk buku. Latar


Sebelumnya [1] [2] [3] [4] Selanjutnya
Leutika Leutika