slogan leutika prio

Kategori Bacaan Anak

1. Gak Apa-apa, Jangan Bersedih

Gak Apa-apa, Jangan BersedihDi sebuah taman kota tepi laut bernama Taman Kamali, telah beredar sebuah kabar yang dibawa angin tentang kedatangan Tuan Naga yang hendak dijadikan ikon dari Kota Semerbak. Para penghuni taman kota tampak antusias adapula yang was-was. Apakah kedatangannya akan membuat taman kota selalu ramai atau justru sebaliknya, akan seperti apa rupanya? Apakah akan akrab dengan para penghuni taman lainnya?

2. Aisha Gadis Kecil Yang Ceria

Aisha Gadis Kecil Yang CeriaSetiap tahap tumbuh kembang memiliki tugas perkembangan yang harus dicapai dengan optimal. Eric Ericson, seorang psikolog menyatakan bahwa ada 8 aspek tumbuh kembang yang harus dicapai pada setiap tahapan. Delapan aspek tersebut adalah aspek motorik kasar dan halus, aspek bahasa, aspek kognitif, aspek emosional, aspek kepribadian, aspek moral, aspek spiritual, dan aspek psikososial. Pada tahap usia pra sekolah dan sekolah, guru dan orangtua perlu melakukan kegiatan stimulasi tumbuh kembang agar anak mampu mencapai tugas perkembangan secara optimal. Buku ini membantu guru dan orangtua dalam menstimulasi aspek bahasa anak agar mampu memahami isi cerita dan menceritakannya kembali dengan bahasanya sendiri. Sketsa yang ada pada setiap cerita merupakan media bagi anak untuk menstimulasi aspek motorik halus melalui kegiatan mewarnai gambar. Nilai kebaikan yang terkandung dalam setiap cerita merupakan stimulasi bagi aspek emosi, kepribadian, moral, spiritual dan psikososial. Diharapkan buku ini mampu menjembatani kebutuhan stimulasi 8 aspek tugas perkembangan bagi anak usia pra sekolah dan sekolah sehingga tugas perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.

3. Kunang Kunang Lenteraku

Kunang Kunang LenterakuAda 17 cerita yang ada di buku ini dengan ragam tema. Ada yang menulis sesuatu yang dekat dengan keseharian, menulis cerita dengan melepaskan imajinasi memalui cerita maupun tokoh, ada yang menuliskan cerita tentang hal-hal kecil namun penting. Semua ada dalam buku ini. Semoga dengan munculnya buku-buku yang ditulis anak-anak Sekolah Alam Bogor melalui klub sastra ini, kebiasaan menulis menjadi kebiasaan menarik. Semoga akan muncul buku-buku pengantar pesan kehidupan bagi khalayak. Jika mereka saja mampu, mengapa kita hanya berdiam diri. Mari menulis! Mari antarkan pesan kehidupan lewat tulisan, lewat buku yang kita buat.

4. Bla..Bla..Bla..dan Fabel Kamuflase Lainnya

Bla..Bla..Bla..dan Fabel Kamuflase Lainnya…. Dari kejauhan Jiji melihat pak Bo, si beruang kutub, berjalan tergopoh – gopoh. Pak Bo berjalan pelan – pelan sambil melihat ke bawah kakinya. Tiba – tiba dia terjatuh lagi, gedebug! Jinji terkejut. Ada apa dengan Pak Bo? Jinji mendekati Pak Bo. Jinji melihat jalan itu, lalu berjinjit diatasnya. Tidak ada batu licin, tapi tunggu, dia merasakan sesuatu bergerak di bawah kakinya. Benda itu terkikik lucu. Apa itu ya? Mereka tidak melihat apa – apa. ….. Ooh ternyata ada yang sedang berkamuflase. Kamu tahu kamuflase? Kamuflase adalah kemampuan hewan untuk menyamar. Ssst, jangan berisik, ada hewan yang sedang berkamuflase menjadi daun, ups ada yang diam – diam menjadi rumput. Mereka ternyata ada di sekitar kita. Apa saja itu? Yuk baca cerita mereka di buku ini.

5. Umbrella: A Day with Jasmine and Kay

Umbrella: A Day with Jasmine and KayEvery day Jasmine and Kay have a new adventure. Today, Jasmine wants to play outside even though it is raining. She decides to put on her green boots and use her umbrella, but OH-NO........ What will happen? “A Day with Jasmine and Kay” book series are suitable for all ages. The stories tell tales about two best friends and their teacher Miss Selly. From the story “Umbrella” children can learn about the days of the week and different colours

6. Cerita Ajaib

Cerita Ajaib“Tulisan-tulisan De Eka Putrakha ini sangat istimewa. Memberikan penyegaran pikiran juga pengajaran. Semoga buku-buku seperti ini terus eksis mewarnai negeri kita sehingga generasi muda dapat belajar darinya.” Brillian Eka Wahyudi (Penulis, Praktisi Sosio-Religi) “Buku yang akan melambungkan cakrawala lebih tinggi ke angkasa. Penuh dengan bintang-bintang yang bernilai religi, edukasi, moral, dan sosial. Dapat dipetik sebagai penerang kehidupan putra-putri Anda.” Retno Utami (Pengajar, Penulis b

7. Sausan Syahin

Sausan SyahinSatu dari tujuh dosa sosial menurut Mahatma Gandhi adalah pendidikan tanpa karakter. Karakter terbentuk dari sikap, sikap terbentuk dari kebiasaan, kebiasaan terbentuk dari perbuatan. Perbuatan dilakukan sebagai hasil dari mendengar dan melihat/membaca. Naskah buku ini bisa dijadikan salah satu sarana bacaan guna membentuk kepribadian seorang anak untuk menjadi manusia Indonesia yang religius, cerdas, bermartabat, mandiri dan kompetitif di era global. Sausan Syahin, seorang anak perempuan yang mengalami pahit manis kehidupan. Ayahnya seorang TNI-AD meninggal ketika dia berumur 10 tahun saat dia masih duduk di kelas V SD. Sebelum meninggal si Ayah telah mewariskan nilai-nilai kehidupan yang berharga kepada Sausan Syahin. Nilai-nilai yang menjadikan anak perempuan kecil ini bisa kukuh dan tabah menghadapi ujian dan cobaan kehidupan.

8. Cerita Si Piwi, Kucing Kecil Berbulu Putih

Cerita Si Piwi, Kucing Kecil Berbulu PutihPiwi adalah kucing kecil berbulu putih. Ia tinggal pada sebuah rumah mungil di halaman rumah si kembar Lala dan Lili. Di sana ada ayah dan ibu Piwi serta adiknya. Bu Chita, Pak Chito dan Unyit. Bu Chita selalu memberi aturan ini dan itu. Tidak boleh begini dan begitu. Piwi juga tidak boleh melompat keluar tembok pagar halaman rumah Lala dan Lili. Piwi jadi bosan. Apalagi selalu mendapat makanan yang itu-itu saja. Suatu hari, Piwi bertengkar dengan Unyit. Piwi sangat kesal. Piwi merasa ayah dan ibunya lebih menyayangi Unyit. Piwi ingin pergi. Akhirnya Piwi melompat keluar pagar. Piwi ingin kehidupan yang lain. Ternyata kehidupan di luar pagar tidak seindah yang Piwi kira. Piwi ingin pulang, tapi sudah terlambat. Ternyata Piwi tidak tahu jalan pulang. Sampai akhirnya Piwi bertemu dengan teman baru. Seekor anak kucing yang kupingnya miring. Namanya Kupit. Piwi pun berteman dengan Kupit. Sampai suatu ketika Piwi harus kembali pulang tanpa pamit pada Kupit.

9. Guru Kancil Murid Botol

Guru Kancil Murid BotolCerita “Guru Kancil Murid Botol”, mengkritisi hubungan ‘timpang’ antara dua kepentingan atas nama pendidikan. Kesederhanaan istilah dan bahasa yang dipilih diharapkan memudahkan pembaca untuk menangkap makna yang tersurat maupun yang tersirat. Buku ini pantas menjadi renungan bagi para guru, calon guru, dan siapa saja yang peduli dengan dunia pendidikan dengan segala dinamikanya.

10. AKSI LIMA ANAK TERMINAL SELINDUNG

AKSI LIMA ANAK TERMINAL SELINDUNGIcal, Bildad, Asiaw, Anzar dan Uli adalah lima anak terminal Selindung yang masing-masing hidup di tengah kesulitan keluarga. Tetapi lewat petualangan mereka membongkar sindikat penyelundupan timah di Bukit Pasir Pantai Tanjung Gunung, hidup mereka menjadi berubah. Friends are forever – Friends care each other – Friends come in the right time, right places

11. PESTA KEMBANG API

PESTA KEMBANG APISiapa yang tidak senang bermain kembang api di malam hari. Aku dan adikku, Dino juga sangat menyukainya. Apalagi di malam-malam istimewa seperti malam takbiran, malam ulang tahunku juga malam tahun baru nanti. Wah, pasti akan sangat indah sekali, kataku dalam hati. Pernah kami diajak Kak Ratna, tetangga sebelah rumahku untuk bermain kembang api bersama saat malam idul fitri tahun kemarin. “Wahh, besar sekali kembang api punyai Kakak. Pasti harganya mahal, ya Kak?” Kagumku terhadap kembang api milik kak Ratna. “Oh, tentu dong. Ini kakak pesan sama tante kakak yang ada di Surabaya seminggu yang lalu.” Balas Kak Ratna tak mau kalah. “Ayo, buruan, Kak. Nyalai kembangnya aku mau lihat, pasti warnanya indah sekali!” Ternyata dugaanku salah, bukan indah tapi sungguh indah. Aku sempat terpana saat kembang api milik Kak Ratna dinyalakan. Warnanya sungguh membuatku tak ingin lekas-lekas berpaling. Hijau, merah, kuning, biru, ungu bahkan sesekali aku pun sengaja bermain di bawah percikannya.

12. Football Fantasy

Football FantasyBuku ini adalah kumpulan opini dari momen-momen sepanjang musim 2011-2012 hingga musim 2012-2013 (sebelumnya dipublikasikan di kompasiana). Opini didalamnya bertajuk berita dan beragam informasi seputar pemain Eropa, rumor transfer dan piala konfederasi yang baru. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk menginspirasi anak-anak Indonesia memahami informasi sepak bola dan sepak terjang pemain-pemain bintang seperti Lionel Messi [Argentina], Ronaldo [Portugal], Andres Iniesta [Spanyol].

13. The Fantasy Land

The Fantasy LandDunia anak adalah dunia fantasi. Daya khayal yang membubung tinggi jauh melampaui alam nyata dengan sentuhan-sentuhan beragam latar belakang membuatnya tampak nyata. Khayalan akan negeri dongeng, pertarungan superhero sampai dunia peri membuat kita terhanyut dalam pusaran ceritanya. Suguhan tema yang beragam dan sangat menarik, menjamin pembaca tak akan bosan melahap lembar demi lembar buku ini sampai halaman akhir. Gaya bercerita khas anak-anak Sekolah Dasar yang polos dan apa adanya semakin mendekatkan buku ini kepada pembaca. Tak berlebihan bila tiga puluh delapan kisah yang terangkum dalam kumpulan cerpen ini mengerucutkan sebuah judul yang mewakilinya: The Fantasy Land.

14. Stories from the Young Minds

Stories from the Young Minds“In Wonder Sea, there were two mermaids whose names were Vidia and Rosetta. They wanted to see the top of the sea.” ~ from The Caring Mermaids “The sun is shining, the wind is blowing…makes me eager to go for a walk in the park today, “Mandy exclaimed to herself.” ~from How Mandy Became Popular “I woke up with a headache. I opened my eyes slowly; I looked around. There are around eight people in this room. “Where is this?” Frank asked.” ~ from The Extinction of the Komodo Dragon Vidia, Rosetta, Mandy and Frank are stewards of doing good things for the environment and to other people. This book compiles the collection of short stories from novice writers that tells what one can do to make this our world a better place to live in. It is a very interesting read and really inspiring especially for young children! Grab and explore the worlds of Vidia, Rosetta, Mandy and Frank! Learn and enjoy.

15. Sumpah Pocong Si Udin

Sumpah Pocong Si UdinZaman sekarang, sebuah negeri antah berantah di pedalaman hutan amazon Kolombia. Ada sebuah Kerajaan Luna Maya dari Suku Inica yang di pimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana, bernama Radja Si Bayangkara. Radja ini memerintah dengan amat bijaksana dan pemurah, hingga membuat banyak rakyatnya antri untuk mendapatkan bahan makanan dan kayu bakar. Ini diakibatkan karena kemarau panjang yang melanda kerajaan dan menyebabkan musim paceklik, sehingga rakyatnya banyak yang mengalami gagal panen. Rakyat berbondong-bondong antri mendapatkan beberapa biji buah-buahan dan bahan pangan lainnya. Hingga mereka tewas karena terinjak-injak, akibat panjangnya antrian warga yang butuh jatah BLT (Bantuan Langsung Tewas). Mengetahui ada rakyatnya yang tewas, karena antri pembagian makanan. Radja Si Bayangkara sangat murka dan mendesak para pengawal kerajaan untuk menghentikan pembagian makanan sampai situasi jadi tenang kembali. Konon kabarnya, Kerajaan Luna Maya itu, awalnya adalah sebuah kerajaan yang makmur dan subur dipenuhi dengan buah-buahan yang melimpah. Tapi karena dosa besar para pembesar kerajaan, akibat sering memungut upeti yang tinggi bagi rakyatnya dan melakukan korupsi terhadap upeti yang telah di kumpulkan. Membuat Maha Dewa 19 penguasa angin dan hujan menurunkan bencana berupa kekeringan panjang bagi Kerajaan Luna Maya. Sang Dewa 19 tidak menurunkan setetes air hujan pun di Kerajaan Luna Maya, karena mereka tidak mensyukuri sumber daya alam yang dimilikinya. Melambungnya harga kayu bakar akibat kemarau panjang yang melanda negeri itu dan penggundulan hutan oleh masy

16. My Dream and My Teacher

My Dream and My TeacherDulu, ketika ditanya; apakah cita-citamu? Kebanyakan anak-anak dimasa kami, menjawabnya; dokter, insinyur. Entah darimana, tapi itu tetap terjadi ketika puluhan tahun usia kami dilewati, ternyata masih mudah menemukan jawaban tersebut. Yang lebih jamak lagi, di Sangatta, bukan lagi dokter atau insinyur saja, tapi ditambah; kerja tambang seperti ayah! Ini fakta, ternyata lingkungan lebih besar pengaruhnya terhadap pembentukan cita-cita seorang anak. Begitu pula ketika buku ini disusun.Ketika ada sebuah kalimat; Andai aku menjadi guru? Banyak kalimat dari anak-anak usia kelas 3 hingga kelas 6 SD ini menjadi sangat ‘berisi’ serta dipengaruhi oleh lingkungan tempat mereka menimba ilmu. ‘Kritis’ dan mungkin belum kita temukan pada saat kita seusia mereka.Seperti di kalimat mereka; menjadi guru, dengan memotivasi anak didik untuk selalu bersemangat, ceria dalam bergaul, mewariskan semua ilmu yg mereka miliki, hingga memotivasi anak didik agar kelak tidak menjadi koruptor di kemudian hari, MEngharukan. Sekali lagi, lingkungan mempunyai peran besar dalam pola berpikir anak-anak. Buku ini sebagian menggambarkan apa saja yang anak-anak akan lakukan seandainya mereka menjadi guru. Dari goresan pena yg mereka torehkan, kita semakin menyadari bahwa menjadi guru bukanlah cita-cita yang lekang dimakan jaman. Cita-cita yang masih mereka anggap sesuatu yang akan selalu mempunyai nilai lebih, walau mungkin di daerah pertambangan, menjadi guru bukanlah popular dibanding profesi lain. Selamat anak-anakku! Dengan mempunyai tulisan dalam buku ini, adalah langkah awal kalian dalam memberikan nilai ‘lebih’ dari seorang guru, yg ikhlas membagikan ilmu yg dimiliki.

17. Aku Suka Membaca

Aku Suka MembacaMengingat banyaknya manfaat kegiatan menulis bagi anak, budaya menulis puisi tentu perlu ditumbuhkembangkan. Dan buku ini untuk menumbuhkan kecintaan dan kebiasaan anak dalam hal membaca, salah satunya dengan membaca puisi atau syair. Selain sebagai bentuk komunikasi anak dalam mengungkapkan isi hatinya, juga sebagai upaya menumbuhkan kecintaan pada orang lain atau sesuatu yang positif dan membangun. Puisi juga merupakan salah satu solusi/cara untuk melatih kecerdasan bahasa anak. Dengan banyak membaca, rasa kebahasaan anak akan berkembang. Oleh karena itu, buku ini mendorong mereka untuk bisa menulis puisi yang mereka senangi. Buku yang berisikan kekaguman dan kecintaan pada guru, keluarga, teman, lingkungan, dan lain-lain ini yang pada akhirnya akan menimbulkan kecintaan dan cita-cita tinggi pada anak. Dengan belajar membaca melalui puisi, akan mendorong anak untuk gemar membaca dan menulis. Karenanya buku ini merupakan sarana yang baik dalam menumbuhkan minat baca anak, khususnya untuk siswa SD kelas 1 dan 2. Dan diharapkan dari buku ini minat anak terhadap menulis puisi semakin berkembang dan menumbuhkan budaya menulis pada anak terutama puisi, sebagai kegiatan untuk melatih anak dalam kehalusan berbahasa.

18. Daster untuk IBu

Daster untuk IBuBerbagai pengalaman anak-anak yang diramu dalam kumpulan cerpen ini, dituturkan mengalir menjadi cerita yang mengesankan. Banyak hikmah yang terkandung menguatkan nilai-nilai pendidikan karakter.

19. Keong Racun dan Tokek Belang

Keong Racun dan Tokek BelangShinta dan Jojo adalah dua gadis yang menderita penyakit kulit sejak lahir sehingga orang-orang merasa jijik dengan penyakit gadis itu. Ia hidup bersama kedua orang tuanya yg bernama Paijo dan Sartiyem, sehari-hari ia bekerja sebagai petani dan pengumpul kayu bakar untuk memenuhi kehidupan hidupnya. Pada suatu hari, mereka pergi ke hutan mencari kayu bakar dan tiba-tiba turun hujan deras, mereka mencari tempat berteduh tetapi tak disangka ia menemukan sebuah goa keramat yang ada penunggunya “Mbah Maridjan”. Di dalam goa itu mereka menemukan sebuah kolam air yg mengeluarkan cahaya terang benderang, yang kabarnya jika air itu dibasuhkan ke seluruh wajah dan tubuhnya karena konon kabarnya dapat menyembuhkan penyakit kulit yang di derita oleh Shinta dan Jojo. Setelah Shinta dan Jojo meminum air pada saat bulan purnama perubahan terjadi pada kulitnya, mereka jadi berubah menjadi dua wanita cantik dan tidak buruk rupa lagi. Bagaiamana kelanjutan kisahnya, silahkan pesan buku ini

20. Dongeng Mama

Dongeng MamaDari 16 cerita di buku ini, terkandung pesan moral sederhana , diharapkan orang tua dapat menjelaskannya pada anaknya.


Sebelumnya [1] [2] Selanjutnya
Leutika Leutika