slogan leutika prio

Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Penulis: Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, SP, M.Si, Kategori: Modul Ajar
Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Zoom
ISBN: 978-602-371-298-4
Terbit: September 2016
Halaman : 50, BW : 48, Warna : 2
Harga: Rp. 65.000,00
Deskripsi:
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) adalah surga bagi kupu-kupu yang hidup di Sulawesi Selatan. Keindahan air terjun, hamparan pegunungan karst dan sabuk hijau hutan tropis memberikan nuansa tersendiri bagi para pencinta keindahan alam. Sayangnya, julukan Kingdom of Butterfly yang pernah diberikan oleh Alfred Russell Wallace ratusan tahun yang lalu hanya tinggal kenangan. Alih fungsi hutan dan maraknya perburuan liar menjadi ancaman terbesar kehidupan kupu-kupu. 
 
Tanpa kita sadari kupu-kupu sudah memberikan semua kehidupannya bagi kesejahteraan manusia. Tidak percaya? Salah satu contoh sederhana, kita bisa menikmati buah-buahan lezat karena adanya proses penyerbukan. Kalau mau menghasilkan biji, tanaman harus dibantu oleh serangga supaya terjadi polinasi. Selanjutnya, baju mahal yang terbuat dari kain sutra. Keindahan itu dibayar mahal sekali karena harus memutuskan siklus hidup satu generasi kupu-kupu Bombyx mori demi menciptakan benang yang berkualitas saat dipintal jadi kain. Yang lebih menyeramkan ... kupu-kupu diburu dan diperlakukan semena-mena hanya karena keinginan manusia mendapatkan lembaran rupiah secara cepat. 
 
Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi penting untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang ingin belajar tentang kupu-kupu. Dengan bahasa sederhana penulis berusaha memperkenalkan kupu-kupu penghuni TN Babul yang masih bisa dijumpai dalam jumlah yang semakin menurun serta upaya yang telah dilakukan untuk mencegah mereka dari status endangered species. Selamat membaca. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 9691 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Teknik Menyelesaikan Sengketa Pajak
  • Statistik Dengan Program IBM SPSS 24
  • Administrasi Kepegawaian
  • Praktik Beperkara Perdata Edisi Revisi
  • Struktur Molekuler Sel Prokaryote



Review

Asrida
Kirim: 16-12-2016 20:05
Keunggulan buku ini sangat menarik yang dilihat dari segi desain sampul. Selain itu isi dari buku ini sangat menarik dimana di dalamnya terdapat jenis kupu-kupu yang ada di daerah TN Babul. Dalam penjelasan jenis kupu-kupunya disertai dengan gambar dan juga gaya bahasanya mudah dipahami. Kekurangannya adalah penulisan pada buku ini sangat kecil dan rapat jadi ketika kita membaccanya seperti tidak ada ruang.

Sitti Fatimah
Kirim: 16-12-2016 19:49
Keunggulan dari buku ini adalah mampu memberikan informasi tentang nilai-nilai pendidikan yang terkait dengan kehidupan fauna dan flora sehingga pembaca dapat mengetahui dan memahami bagaimana kondisi fauna dan flora khususnya Kupu-Kupu yang ada di TN Bantimurung-Bulusaraung. Adapun topik dan cover dalam buku ini sangat menarik perhatian orang untuk membacanya. Cara penyajian buku tersusun rapi dan terstruktur sehingga pembaca mudah mebedakannya. Kelemahan dalam buku ini terlalu banyaknya nama-nama latin tanpa ada arti dari nama tersebut sehingga pembaca kurang memahami isi buku tersebut, khususnya bagi pemula. Hal tesebut membuat pesan yang diutarakan oleh pengarang tidak terlalu tersampaikan pada pembaca.

Liana Irene Mangetan
Kirim: 16-12-2016 19:44
Menurut saya topik pada buku ini sangat menarik karena sangat jarang orang yang memperhatikan soal kupu-kupu. Tata bahasa yang disajikan mudah dicerna,dan cara penulisan tidak bertele-tele sehingga membuat buku ini singkat dan jelas, tetap mengandung banyak informasi dan pengetahuan baru.Kekurangannya adalah : bagi para pembaca buku ini yang belum pernah datang ke TN Babul pasti penasaran bagaimana pemandangan dari TN Babul dan mungkin rasa penasaran itu akan sedikit berkurang jika dalam buku ini disajikan beberapa gambar TN Babul. Dan akan lebih menarik dan menyenangkan jika gambar dalam buku ini berwarna sehingga pembaca tetap bisa menikmati keindahan warna sayap kupu-kupu yang ada di TN Babul.


Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika