slogan leutika prio

Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Penulis: Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, SP, M.Si, Kategori: Modul Ajar
Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Zoom
ISBN: 978-602-371-298-4
Terbit: September 2016
Halaman : 50, BW : 48, Warna : 2
Harga: Rp. 65.000,00
Deskripsi:
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) adalah surga bagi kupu-kupu yang hidup di Sulawesi Selatan. Keindahan air terjun, hamparan pegunungan karst dan sabuk hijau hutan tropis memberikan nuansa tersendiri bagi para pencinta keindahan alam. Sayangnya, julukan Kingdom of Butterfly yang pernah diberikan oleh Alfred Russell Wallace ratusan tahun yang lalu hanya tinggal kenangan. Alih fungsi hutan dan maraknya perburuan liar menjadi ancaman terbesar kehidupan kupu-kupu. 
 
Tanpa kita sadari kupu-kupu sudah memberikan semua kehidupannya bagi kesejahteraan manusia. Tidak percaya? Salah satu contoh sederhana, kita bisa menikmati buah-buahan lezat karena adanya proses penyerbukan. Kalau mau menghasilkan biji, tanaman harus dibantu oleh serangga supaya terjadi polinasi. Selanjutnya, baju mahal yang terbuat dari kain sutra. Keindahan itu dibayar mahal sekali karena harus memutuskan siklus hidup satu generasi kupu-kupu Bombyx mori demi menciptakan benang yang berkualitas saat dipintal jadi kain. Yang lebih menyeramkan ... kupu-kupu diburu dan diperlakukan semena-mena hanya karena keinginan manusia mendapatkan lembaran rupiah secara cepat. 
 
Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi penting untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang ingin belajar tentang kupu-kupu. Dengan bahasa sederhana penulis berusaha memperkenalkan kupu-kupu penghuni TN Babul yang masih bisa dijumpai dalam jumlah yang semakin menurun serta upaya yang telah dilakukan untuk mencegah mereka dari status endangered species. Selamat membaca. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 9728 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Akuntansi Pajak
  • PANDUAN PRAKTIS PEMOTONGAN DAN PEMUNGUTAN PAJAK PENGHASILAN
  • Praktik Beperkara Perdata Edisi Revisi
  • Multikultural: Kado Untuk Indonesia
  • Agro Ekologi



Review

Fajriah Nurhidayah
Kirim: 16-12-2016 19:01
Buku ini sangat menarik untuk dibaca, dimana buku ini menunjukkan keadaan nyata yang memprihatinkan dari populasi kupu-kupu di TN Babul. Buku ini menjelaskan jenis-jenis kupu-kupu yang ada baik secara umum maupun yang musiman, hubungannya baik dengan makhluk hidup lainnnya dan lingkungan menjadikan buku ini harus dibaca sampai akhir. Saat membaca buku ini , buku ini mengunakan bahasa yang sangat mudah untuk dipahami sehingga nudah untuk dimengerti. Pada penggambaran baik isi dan cover buku begitu menggambarkan maksud dari isi buku dan dalam pemilihan warna yang cukup menarik. Lengkap dalam pemberian gambar jenis kupu-kupu yang ada di TN Babul serta penjelasan yang dapat dipahami. Saran saya setelah membaca buku “Kupu-Kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung adalah munculnya gerakan kepedulian terhadap ancaman kepunahan kupu-kupu baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat untuk melindungi populasinyya yang semakin berkurang dan lingkungan yang aman untuk kepentingan bersama.

Khaerunnisa Nasir
Kirim: 16-12-2016 18:55
Kelebihan buku ini dapat ditunjukkan dari penggunaan bahasa yang sederhana sehingga pembaca dengan mudah memahami kata demi kata yang disajikan dalam buku. Topik dalam buku ini juga sangat menarik, dimana dalam buku ini diangkat kasus mengenai kupu-kupu yang sangat dekat dengan kehidupan manusia sebagai pembaca. Cover buku sangat menarik dan cocok dengan topik yang disajikan dalam buku ini. Kekurangan Buku TN Babul: buku dengan 40 halaman ini secara keseluruhan tidak memiliki kekurangan yang berarti, dari segi tata bahasa penyajiannya dibuat sesederhana mungkin sehingga pembaca mudah mengerti. Hanya saja yang menjadi kendala pembaca itu dari segi gambar. Gambar yang disajikan tidak berwarna sehingga pembaca mudah bosan dalam membaca.

Miftahul Nur
Kirim: 16-12-2016 18:48
Keunggulan buku Kupu-kupu Penghuni TN Babul adalah memiliki topik yang sangat menarik yaitu tentang kupu-kupu khususnya di daerah Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Dengan tata bahasa yang mudah dipahami. Jika dilihat dari segi penulisannya, jenis tulisan yang digunakan menurut saya itu menarik perhatian begitupun dengan sampul yang menarik dengan menambahkan gambar-gambar pendukung teori. Kekurangannya buku ini dilengkapi beberapa gambar namun tidak berwarna sehingga masih kurang menarik perhatian pembaca.


Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika