slogan leutika prio

Buku Rekomendasi


Pratisara

Pratisara

Cerpen-cerpen Krishna Mihardja selalu tampil bersahaja dan apa adanya. Kesederhanaan serupa diperlihatkan pula dalam cerpen-cerpen yang terkumpul di antologi Pratisara yang memuat 29 cerpen, sebagian besar pernah dimuat dalam majalah berbahasa Jawa dan sebagian kecil lainnya merupakan cerpen-cerpen baru dan belum pernah dipublikasikan. Kesederhanaan itu setidaknya dapat dicermati dari judul-judul cerpen yang hanya terdiri atas satu atau dua kata dan selalu berkaitan dengan benda-benda di sekeliling kita, misalnya “Kursi”, “Topeng”, “Kacamata”, “Lara Cangkem”, serta “Jenengku Asu”. Meskipun hadir dengan judul-judul sangat sederhana, bukan berarti cerpen-cerpen Krishna Mihardja tidak mempunyai nilai lebih (dalam konteks nggegirisi dan ngedab-edabi). Kesederhanaan judul dan cara bertuturnya justeru menghasilkan cerpen yang dapat dimaknai sebagai pisau bermata dua. Di satu sisi ia mengejek diri sendiri lewat tokoh-tokohnya dan di sisi lainnya menohok para penguasa dan masyarakat dengan kritik-kritik sosial dengan cara glenyengan tetapi begitu mengena dan terasa tajam mengiris. (HERRY MARDIANTO, adalah seorang Dosen, juga Peneliti di Balai Bahasa Yogyakarta, yang tinggal di Yogyakarta.)


Misteri Beruang Hantu dan Rumah Kupu-Kupu

Misteri Beruang Hantu dan Rumah Kupu-Kupu

SINOPSIS Novel Misteri Beruang Hantu dan Rumah Kupu-Kupu Faza akhirnya terpaksa meninggalkan kota Samarinda. Meninggalkan Samarinda berarti meninggalkan ayah yang sangat ia cintai. Tapi, tak ada pilihan lain bagi bundanya. Kehidupan mereka harus berlanjut. Mereka kemudian menetap di kota Tenggarong. Sebenarnya Faza menyukai rumah kakek dan neneknya itu. Namun, tetap saja ia tak bisa melepaskan kerinduannya akan ayahnya. Hari-hari pertama di Tenggarong sangat menjemukan baginya. Hingga ia kemudian teringat akan rumah kupu-kupu di tengah kebun kakeknya. Iapun mendatangi tempat itu. Sungguh gambaran yang ia ingat tidak seindah dengan keadaannya sekarang. Faza kemudian membersihkan kebun itu sendiri. Di sanalah ia menemukan beragam keanehan. Suatu sore ia melihat sesuatu yang tak biasa di seberang sungai. Seekor beruang yang besar. Apakah itu beruang yang selalu dibicarakan oleh orang di kota ini? Ya… Beruang hantu! Kehadiran sosok bertopi lebar yang menyelamatkannya dari jilatan api juga terasa aneh. Siapa sosok itu sebenarnya? Ingatannya tentang Rizal, sepupunya juga begitu lekat di benaknya. Persaingan dan permusuhan yang terjadi di antara mereka, membuat Faza sedikit demi sedikit merindukan sepupunya itu. Petualangannya di rumah kupu-kupu dan menyingkap tabir beruang hantu begitu menguras energinya. Untunglah ia memiliki banyak sahabat yang akhirnya membawanya semakin mencintai tempat kelahirannya itu. Lalu apakah ia bisa melupakan ayahnya? Suatu hari kelak ia akan mengunjungi ayahnya. Itu janjinya… Q. Eifan


Dark Peace Chronicle

Dark Peace Chronicle

Jill tidak menyangka saat dia memutuskan untuk mengingkari takdirnya dengan kabur dari Jail, sebenarnya dia tidak mengingkari tadir siapapun. Jill tidak tahu bahwa kabur dari Jail memang takdirnya. Meski tak ingin mengakuinya, Jambrong si petani bayaran yang muda dan berbakat dan baru tiga tahun menikmati hari-hari membosankan lepas kelulusannya dari Akademi Begundal sebenarnya sadar kehidupan terlalu konstan yang dijalaninya tidak baik bagi kesehatan. Jadi saat ada gadis kacamata buronan yang berlari minta tolong padanya, hati kecilnya sedikit senang dengan perubahan keadaan kecil itu. Richard adalah pria ganteng berambut pirang yang kini dikutuk menjadi kerbau akibat suatu hal mistis. Bahkan sebelum masa-masa kutukannya, dia sudah merasa hidupnya cukup hancur. Jadi saat partner-nya, si petani bayaran, memutuskan untuk ikut campur dalam urusan gadis kacamata yang tidak jelas bibit, bebet, dan bobotnya, dia merasa hidupnya sudah tak bisa lebih hancur lagi dan memutuskan untuk tak keberatan dan menonton pertunjukkan hidup seperti apa yang akan mereka mainkan setelah ini. Kisah perdamaian macam apa ini? Bagaimana bisa Jill berubah status dari tahanan, menjadi buronan, kemudian menjadi majikan, kemudian menjadi budak, bahkan jadi maling jemuran? Kenapa tentara negara mengejarnya?! Dan bagaimana semua kegilaan konyol ini berhubungan dengan takdir Buvana? Sebuah kisah mengenai perang, perjuangan, kebencian, kedamaian, dan kegilaan yang menyusun semua itu.


2 Cinta 2 Dunia 1 Legenda

2 Cinta 2 Dunia 1 Legenda

Pada tahun 1970-an, Pak Yun Bo , pekerja Daelim Korea, ikut membangun Kilang BBM di Dumai. Yun Bo jatuh cinta dengan gadis petani bernama Aminah. Yun Bo kecelakaan dan dipulangkan ke Korea, sementara Aminah mendapati dirinya hamil. Dua puluh tahun kemudian Yun Bo datang ke Dumai untuk mencari kekasih masa silamnya, tapi Aminah sudah menikah dengan Ayub. Hubungan mereka di masa lalu melahirkan seorang anak bernama Tomo Korea, yang diakui Ayub sebagai anak sahnya. Setelah melalui negosiasi alot, Yun Bo membawa Tomo untuk dikuliahkan di Jakarta. Di Jakarta, Tomo berusaha menemukan buku yang bercerita tentang Legenda Putri Tujuh, nama yang diabadikan menjadi nama Kilang BBM di Dumai. Rahasia Yun Bo dan Aminah ini dimanfaatkan Darwin untuk menekan Ayub. Ayub dipaksa menjadi tekong haram pengantar TKI illegal ke Malaysia. Dalam sebuah perjalanan, kapal Ayub tenggelam bersama 48 TKI illegal. Penyelidikan polisi dimulai. Ayub dijadikan tersangka. Tomo turun tangan untuk membersihkan nama ayahnya. Berkat campur tangan dunia mistik dan sebuah Legenda di masa silam, Tomo berhasil membalas dendam. Tapi sejak itu ia dituduh mempraktekkan ilmu hitam dan diusir dari kampungnya. Dapatkah Tomo membersihkan nama baiknya sekaligus tetap menjadi tunangan Rubi meski secara sepihak pertunangan mereka telah diputus oleh orang tua Rubi ?


Permata Hati Bernama Flara

Permata Hati Bernama Flara

Cerita ini diadaptasi dari perjuangan seorang perempuan yang memperjuangkan nasib anaknya dari berbagai segi. Perempuan tangguh itu bernama Mutiara. Mutiara lahir dengan keadaan yang sempurna, namun dibalik semua kesempurnaan ini tersimpan sebuah kisah lalu Mutiara yang sangat menyakitkan. Merasa bersalah dengan keadaan masa lalunya ini, sehingga membuat dia tidak mempunyai opsi lain selain mengikuti aturan main ayahnya. Ditambah lagi konflik percintaan yang selalu mengedepankan rasio logika dengan perasaan yang makin membuat Mutiara menjadi kacau. Naufal, Ganie dan Farid tiga sosok pria yang selalu membayangi Mutiara, bagi Mutiara laki-laki bukan merupakan mahkluk yang pantas disayangi, love with logic not feeling.. Namun dibalik itu semua, Masalah terbesar Mutiara harus memperjuangkan nasib anaknya semata wayang yakni Flara. Berhasilkah Mutiara memperjuangkan akte kelahiran untuk Flara anak semata wayangnya? Novel ini dibalut dari segi hukum dan segi feminisme, dibuat ringan agar dapat dimengerti oleh semua kalangan, disajikan konflik batin antara rasio logika dan perasaan dengan sudut pandang Mutiara.


Nuansa Bumi Sakura, seri Mezurashii

Nuansa Bumi Sakura, seri Mezurashii

Buku yang aku selesaikan dalam jangka waktu 1 tahun disela-sela kesibukan kuliah dan kerja ini sangat menarik dan bisa menjadi teman pembaca segala umur terutama yang berminat datang ke Jepang, khususnya Tokyo. Isi buku memaparkan tentang seperti apa nuansa nyata bumi sakura atau negeri matahari terbit ini. Situasi kehidupan sehari-hari yang bersifat mezurashii (langka, jarang terjadi) yang dilakukan oleh pemilik bumi sakura ini, penjelasan tentang hanami, hanabi, Nihon jin, kedisiplinan yang luar biasa, kejujuran orang Jepang, teknologi mutakhir yang ada di bumi sakura, kebiasaan Nihon jin, istilah-istilah penting dalam bahasa Jepang, kenapa rate bunuh diri masih tinggi setiap tahun, budaya tidak ada saling mentraktir, jenis-jenis makanan sehari-hari, dan masih banyak lagi pengalaman nyata yang aku alami aku uraikan dengan bahasa yang mudah dicerna dan apik serta komunikatif. Baca petunjuk khusus sebelum anda membacanya.


Kontroversi Islam dan Sains

Kontroversi Islam dan Sains

Nabi Muhammad saw adalah seorang nabi yang buta huruf, apakah ajaran beliau yang dikenal berabad-abad yang lalu masih relevan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini? Islam mengajarkan tentang hadits nabi adalah pedoman dalam kehidupan penganutnya, apakah hadits Nabi Muhammad saw apabila dilihat dari kacamata sains masih sesuai dan selaras dengan sains masa kini?


Silent Memories

Silent Memories

Beberapa hari setelah meninggalnya Jesika, istri Simon. Dia dihadapkan dengan masalah baru yang membuat dia terjerumus di dalam situasi membingungkan. Alf, anak Simon yang baru berusia 5 tahun menghilang bersama keluarga Andre yang tinggal di samping rumahnya dan bersamaan dengan kejadian itu, ditemukannya mayat seorang perempuan yang bernama Anggi di rumah keluarga Andre. Irfan, seorang polisi yang menangani kasus pembunuhan Anggi kebingungan ketika Simon menjelaskan tentang anaknya yang hilang dan tentang keluarga Andre yang tinggal di sebelah rumahnya. Irfan yang kebingungan dengan penjelasan Simon menyangkal semua kata-kata simon tentang anaknya dan keluarga Andre. Setahu Irfan, yang tinggal di rumah itu adalah perempuan tua bernama Anggi, bukan keluarga Andre dan prihal tentang hilangnya anak Simon dibantah Irfan dengan pernyataan bahwa Alf sudah meninggal dunia bersama Jesika di sebuah kecelakaan kereta. Terlepas dari kisah Simon, jauh di sebuah pulau terpencil yang terletak di Timur Kota Jasmin. Terdapat sebuah penjara untuk para narapidana yang mengalami gangguan kejiwaan. Andre yang merupakan salah satu tahanan di pulau itu mencoba melarikan diri dan menyangkal bahwa dia mengalami gangguan kejiwaan. Apakah Andre yang ada di pulau tadi merupakan keluarga Andre yang tinggal di sebelah rumah Simon, apa hubungan antara Andre dan Simon, dapatkan Simon menemukan anaknya yang hilang?. Temukan semua jawaban dari teka-teki kehidupan Simon dan Andre dalam buku ini!.


Ta'jil

Ta'jil

__Puasa tidak membimbing kita untuk menjadi malaikat, tetapi untuk melahirkan kehati-hatian dari sikap membangkang__ (dalam Takwa) __Hidup tidak cukup panjang jika kebahagiaan ditutup dengan kekikiran. Dunia tidak cukup lebar jika dibatasi dinding ketamakan__ (dalam Memberi) __Jika tak cukup sabar untuk menilai, kita masih memiliki jiwa yang pendosa untuk dinilai__ (dalam Ghibah) Buku sederhana yang ada di tangan anda ini, merupakan kumpulan tulisan yang berisi ironi kehidupan di sekelili


Nyonya And The Babus :Babu-Babu Gokil Si Nyonya

Nyonya And The Babus :Babu-Babu Gokil Si Nyonya

Punya enam babu yang gokil kerap bikin Nyonya pusing tujuh keliling. Keenam babunya itu, plus seorang satpam nyentrik yang rada feminim, memiliki karakter-karakter yang unik dan error. Ya salah Nyonya sendiri, sih, milihnya pribadi-pribadi yang nggak beres, dengan alasan: tantangan. Terpilihlah Neng Engkoy, Tumini, Ijah, Nenden, Cabe Rawit, dan Neng Totol which is para alumni dari lembaga healing (penyembuhan jiwa) milik Nyonya menjadi para babu alias bedinde (babu dalam bahasa Belanda) yang tinggal di rumah gedong dan mewah si Nyonya yang janda kaya raya itu. Ya... jangan bingung kalo para babu-babu itu gokil, lah Nyonya sendiri suka gelo sih, wajar nular! Sebetulnya mereka semua sama gelonya dan sama gokilnya, jadi nggak usah heran kalo rumah gedong Nyonya selalu semarak dengan tingkah polah para babu dan satpam nyentrik tersebut. Pokoke... dijamin GOKIL ini buku. Buktikan saja!






Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni