slogan leutika prio

Christie Damayanti

Christie DamayantiE-Mail: christie.suharto[aT]yahoo.com

Seorang stroke & cancer survivor, arsitek, motivator, filateli dan pemerhati Jakarta. Terus berkarya walau dalam keterbatasan sebagai insan pasca stroke dengan lumpuh ½ tubuh sebelah kanan.




Daftar Buku

Jumlah buku:59

1. SINGAPORE - Ketika Metropolitan Itu Peduli 2 Arsitektur, Perencanaan Kota Peduli Disabilitas & Kepedulian Itu Terus Bertumbuh ...
SINGAPORE - Ketika Metropolitan Itu Peduli 2 Arsitektur, Perencanaan Kota Peduli Disabilitas & Kepedulian Itu Terus Bertumbuh ...Cerita Singapore, sebuah negeri mungil tetangga negara tercinta kita, masih berlanjut. Pembuktianku tentang banyak hal tentang Singapore, benar-benar masih berlanjut. Aku keliling ke Singapore, sudah belasan kali dan itu benar-benar ingin aku buktikan, bahwa negeri mungil Singapore ini, mampu membangun negaranya sebagai “tempat tinggal” yang nyaman dan aman bagi warganya. Ketika mereka bisa, walau negara kita jauh lebih besar dari Singapore dengan berbagai masalah heterogen yang tidak bisa disamakan dengan Singapore, aku yakin sekali, setidaknya negara kita bisa mengikuti cara mereka untuk membangun negaranya, lebih nyaman bagi warganya. Aksesibilitas dan fasilitas-fasilitas bagi warga Singapore, benar-benar diperhatikan supaya pemerintah bukan hanya meminta melakukan kewajiban-kewajiban mereka, tetapi juga pemerintah memenuhi kebutuhan sesuai dengan masingmasing keterbatasannya. Singapore, adalah salah satu yang bisa memberikan contoh untuk negara kita, dan cukup mudah untuk membuktikannya karena hanya 1½ jam terbang. Dan, itu akan terus aku buktikan dan kutuliskan bahwa negara kita pun mampu untuk membangunnya, untuk kita semua.

2. Mimpi Malaikat Kecilku 3 - 3 kali wisuda predikat terbaik + belasan prestasi
Mimpi Malaikat Kecilku 3 - 3 kali wisuda predikat terbaik + belasan prestasiAaaah…. Tugasku sebagai orang tua dari Michelle hampir selesai. Ketika dia diwisuda S-1-nya di Universitas Meikai, aku sangat lega dan air mataku tidak berhenti mengalir. Betapa berat perjuanganku untuknya, Ketika aku sebagai mamanya yang terbatas dan sendirian membesarkan kedua anak-anakku tanpa biaya sedikit pun dari mantan suamiku, berjuang untuk kedua anakku berhasil lulus sarjana dengan gemilang. Khusus teruntuk Michelle yang ngotot untuk bisa kuliah, bekerja, dan tinggal di Jepang, itu sungguh perjuanganku yang luar biasa. Bukan karena biayanya, karena Michelle berjuang dengan beasiswa dan pekerjaan-pekerjaannya di 3 tempat, tetapi bagaimana aku bisa mengendalikan rasa kangenku untuk memeluk Michelle yang tinggal di Jepang. Tetapi, akhirnya Berkat Tuhan yang luar biasa membawa Michelle terbang tinggi untuk menggapai impiannya, dan juga membawaku untuk lebih dan semakin berserah, menyerahkan hidup Michelle ke dalam Tangan Tuhan, senantiasa untuk masa depannya yang gilang gemilang.

3. Bagaimana Cara Menjelajah Jepang Tips untuk Traveling Disabilitas
Bagaimana Cara Menjelajah Jepang   Tips untuk Traveling DisabilitasMencoba menjadi seperti “tidak terjadi apa-apa” untuk disabilitas baru karena terserang stroke atau kecelakaan, itu tidak mudah. Apalagi, mencoba melupakannya. Bagaimana kalau kita belajar menerima diri kita dengan keadaan apa pun itu sehingga hari kita lebih damai dan justru belajar dengan kondisi kita yang sudah berbeda? Itulah yang aku lakukan, ketika aku langsung menerima diriku dengan lumpuh tubuh kananku, yang benar-benar berbeda 180 derajat dan aku belajar dengan baik serta nikmat dalam berkat dari Tuhan, untuk bisa melakukan hal-hal yang aku ingin lakukan, walau tidak mudah. Traveling keliling dunia merupakan hobiku dan bagaimana aku tetap bisa melakukan hobiku ini, walau sekarang berada di atas kursi roda ajaibku. Nikmatilah apa yang kita punya, Bersyukurlah apa yang Tuhan berikan, Dan, berserahlah kepada apa yang Tuhan rencanakan untuk hidup kita, Sehingga, kita akan terus berbahagia, karena Tuhan bekerja terus untuk kita..

4. OSAKA, KYOTO, & NAGOYA
OSAKA, KYOTO, & NAGOYACerita tentang Osaka dan Nagoya, merupakan cerita pengalamanku sendiri ketika pada akhirnya aku bisa terbang lagi ke Jepang, setelah 3 tahun pandemi. Maret 2023 ini adalah penerbanganku pertama lagi untuk menghadiri 2 undangan, yaitu wisuda anakku Michelle yang lulus S-1 di Universitas Meimai di Chiba dan undangan dari Profesor Pitoyo Hartono, ke Universitas Chukyo di Nagoya. Dan, karena ini adalah undangan, aku memang banyak bercerita tentang perjalananku di Osaka (setelah wisuda anakku selesai di Chiba) dan di Yagoto, salah satu distrik di Nagoya, tempat adanya Universitas Chukyo. Cerita tentang wisuda anakku, akan kutuliskan di buku-buku tentang “Michelle, Malaikat Kecilku”. Ternyata juga, dalam perjalananku ke Nagoya dari Tokyo adalah perjalanan yang penuh inspirasi untukku sendiri. Bahwa, setiap perjalananku ke Jepang sejak tahun 2017 dalam 3× setahun (kecuali masa pandemi), merupakan perjalananku yang penuh inspirasi.

5. Mengungkap Flores - Cerita Perjalanan tentang Pariwisata, Budaya & Kepedulian Sosial
Mengungkap Flores - Cerita Perjalanan tentang Pariwisata, Budaya & Kepedulian SosialSepertinya, tidak akan pernah habis jika kita bicara tentang budaya, adat, serta keindahan alam Pulau Flores ini. Bahkan, jika kita mau telurusi kampung adat demi kampung adat di sana, untuk Kabupaten Nagekeo saja terdapat 128 kampung adat dengan berbagai suku dan budaya serta adatnya masing-masing, bagaimana dengan seluruh Pulau Flores? Belum lagi tentang titik-titik wisatanya mungkin bisa dibilang masih “setengah perawan”, yang belum diolah apalagi dibangun untuk objek wisata dalam dan luar negeri, berapa besar “harta karun” Indonesia, hanya di Pulau Flores saja? Apalagi bicara tentang keindahan alamnya yang sangat damai, tenang, dan bersahaja. Buku ini hanya bercerita tentang sebagian saja wajah Pulau Flores. Hanya 1 minggu kami mengeksplore di sana, tetapi jika kami diberi kesempatan 1 bulan, mungkin bisa berkali lipat cerita-cerita yang akan ada dalam beberapa buku, dan bisa menjadi dokumen dan bahan literasi bagi warga di sana serta bagi wisatawan yang juga datang ke sana. Sebuah pulau bunga yang harum dan wangi, untuk menambahkan “koleksi harta karun” Indonesia, sebagai bagian dari warisan dunia..


Leutika Leutika