slogan leutika prio

Kategori Novel

161. Seven Of Wind Trilogy 2: Gurn and Eartixo

Seven Of Wind Trilogy 2: Gurn and EartixoMelio sangat berarti bagi Hudi…menyadarkan impian Hudi yang sudah hampir terlupakan Sedang bagi Melio, sosok Hudi bukan hanya penolong di tempat yang asing, tapi juga matahari di musim dingin. &&& Setelah menunggu sekian lama, akhirnya …Yusuf menemukan jejak pelaku bom cahaya yang membunuh tunangannya, dan ternyata informasi tentang pelaku bom itu berhubungan dengan Melio &&& Reno sebenarnya tidak peduli dengan masa lalu Yuyum, tapi begitu tahu Melio mempunyai hubungan dengan mantan suami Yuyum

162. Complicated Love

Complicated LoveAku duduk di bangku sendiri disini. Kau mengulurkan tanganmu mengenalkan dirimu padaku. Kita selalu bersama bertahun-bertahun. Walau kita sempat terpisahkan. Namun ketika aku harus pergi untuk kedua kalinya. Apakah kita akan bersatu kembali seperti dulu? Aku menunggumu disini... menunggumu untuk menyusulku kesini,ke tempat ini. Seperti apa yang kau lakukan dulu...

163. Tembu

Tembu“Tembu, bagi saya adalah sebuah karya sastra. Sebagai novel pendek, bahasanya renyah, menari, bagus. Dan unik! Pencariannya cukup dalam, jujur dan adil pada diri sendiri. Ia mempertanyakan esensi keberadaan sesuatu yang diciptakan Tuhan dengan sedikit kegalauan karena penilaian yang riuh antara sesama ciptaan. Saya tak tahu berapa besar pengaruh Dan Sigit pada tulisan Alifanis Fui, tetapi saya pikir remaja putri ini adalah penulis berbakat yang perlu diperhatikan. Dan Dan Sigit telah memulainya. Semoga tetap setia menulis dan menjadi sastrawan yang menyejukkan udara kehidupan umat manusia.” Thomas Budi Santoso Penyair, Penasihat Dewan Kesenian Kudus “Kalian diharuskan menjadi fana. Sebuah pasif dan menunggu akhir yang nyata. Karena sastra tak hanya tentang membaca atau menulis, tapi juga menghayati..” Aila Nadari Mahasiswi-Penulis “Sebuah novel ringan yang enak dibaca. Banyak nuansa baru yang mungkin saja tak akan tersentuh kalau diungkap dengan sudut pandang ‘aku manusia’.” Supriyanto HP Kepala Perpustakaan MAN 2 Kudus “Kisahnya benar-benar di luar dugaan saya, tidak hanya ditampilkan dalam sudut pandang yang berbeda, tapi novel ini berdiri di pihak netral yang mengurai pro-kontra dari sisi tokoh yang tak terduga.” Fadhel Imaduddin A. Penikmat Sastra

164. Ketika Takdir Menyapa

Ketika Takdir MenyapaIbuku….!! Kini sebagian asaku telah terwujud, langkah yang dulu pernah terhenti kini kembali kutapaki walau tertatih, do’amu yang tulus keringatmu yang bercucuran mengantarkanku pada arti hidup ini. tak pernah ada kata lelah yang terucap dari mulutmu walau sikapku selalu menyisakan lara dadamu. Maaf, Sepertinya tidak cukup mengobati lukamu karenaku, terimakasih tidak sebanding dengan semua pengorbananmu. Ibuku…!! Sungguh tiada yang kau harapkan saat menghadirkanku kedunia, mendengar aku sehat itu saja telah mampu menghilangkan seluruh deritamu. ingin kupersembahkan semua ini padamu walau kutau ini tidak pantas disanding dengan pengorbananmu. Cintamu padaku hanya ALLAH yang tau, sepanjang jalan pengorbananmu mengantarkanku pada penghujung pendakian ini, kuyakin keajaiban do’amu lah yang membuatku mudah menjalani semua ini. kuyakin kekuatan harapanmu yang mampu memecah tembok kebekuan hatiku. Ibuku….!! Kini diatas hamparan sajadah panjang pemberian ibu, do’a suci kupanjatkan untukmu ibu. kuyakinkan diri inilah yang terbaik yang ALLAH tetapkan buat kita, Ibuku…!!Aku mencintaimu sepanjang hayatku…….!!

165. Jejak

Jejaktahir adalah seorang anak miskin yang tinggal disebuah desa, ia memiliki dua sahabat bernama teni dan andhika. mereka selalu bersama bahkan memiliki impian untuk meraih cita-cita bersama. tahir yang sudah lama kehilangan ayahnya karna di tinggal merantau juga memiliki harapan agar bisa bertemu dengan ayahnya suatu saat. apakah cita-cita tahir dan sahabatnya akan tercapai? dan benarkah tahir dan sahabatnya akan berpisah?.

166. Episode Cinta Cafe du Coffee

Episode Cinta Cafe du CoffeeSepuluh cerita yang terangkai dalam novel Episode Cinta Cafe du Coffee terlihat unik karena setiap cerita saling terjalin benang merah satu cerita dengan cerita yang lainnya dengan akhir kisah yang tidak terduga. Penceritaan cinta dari berbagai sudut pandang yang mewakili arti cinta bagi setiap orang, tidak hanya arti cinta berkaitan dengan cinta antar dua anak manusia saja, akan tetapi berkaitan dengan cinta Tuhan, orang tua, sahabat, keluarga dan Cafe du Coffee menjadi latar belakang kisah-kisah cinta mereka. Dan akan banyak jadi pertanyaan dan kejutan di setiap akhir kisah mereka. Akhir cerita sebelumnya menentukan awal cerita cinta selanjutnya.

167. Cinta : Kemarin, Esok, dan Selamanya

Cinta : Kemarin, Esok, dan SelamanyaCinta adalah sebuah pilihan. Kau bisa menerima atau menolaknya sesuka hati. Saat bimbang merapuh, mungkin kau kan pergi menjauh, hingga cinta takkan pernah berlabuh di pantai hatimu. Saat rindu menggebu, kau buru cinta sejatimu kendati ia berkelana sampai belahan dunia paling semu. Cinta itu milikmu, hendak kaubawa lari, atau bersembunyi, ia kan turuti semua maumu. Cinta bukanlah paksaan, namun jika kau tetap jalani, patutlah kau merana karenanya Kumpulan novelet dalam buku ini memberikan banyak gambaran betapa cinta memerlukan bukan saja sebuah pengorbanan, melainkan juga keikhlasan untuk bisa menerima apapun guratan takdir yang tertulis. Cinta telah memilih warnanya sendiri, yang tersapu dalam kanvas kehidupan sang pelukis, seniman pengangung cinta. Nuansa indah yang tercipta adalah bagian dari kisah cinta masa lalu, masa depan, dan berharap menjadi kisah cinta sepanjang masa.

168. Para Pengendali Naga, Nyanyian Perang di Tanah Naga

Para Pengendali Naga, Nyanyian Perang di Tanah Naga“Mulai saat ini kau termasuk dalam keluarga Aralefh. Buang jauh-jauh nama keluarga aslimu dari ingatanmu. Sekarang..., nama Ayahmu adalah Kief Aralefh dan nama Ibumu adalah Hana Aedha. Ibumu sudah lama meninggal setelah kau dilahirkan dan kau diasuh oleh Ayahmu selama ini.” Ian memandangnya serius di ruang makan tadi. “Aku mengerti, Paman,” Siyan mengangguk pelan, kemudian menyantap rotinya. “Ingatlah Siyan...” Adel ikut bersuara, “Nama keluargamu sangat tabu untuk disebut. Mulai hari ini..., kau harus hidup dalam kebohongan agar nyawamu tetap selamat.” Siyan harus menyembunyikan identitas aslinya untuk menghindari kecurigaan orang-orang terhadap dirinya. Semenjak tinggal di rumah kawan Pamannya, dia harus membiasakan diri dengan topeng dan kepura-puraan agar tak ada orang yang tertarik dengan dirinya. Siyan berpikir, bahwa kehidupannya di Ibukota akan berjalan sesuai rencana. Namun ternyata perkiraannya salah! Salah seorang Pengendali Naga yang juga putera dari Jendral Hast, mengetahui rahasia Siyan yang sebenarnya! Mau tak mau, Siyan pun harus berhadapan dengan Xiesht putera Hast, karena pemuda itu terus-menerus mengajarnya! Selain masalahnya dengan Xiesht, tekanan yang dihadapi Siyan makin menguat ketika bertemu dengan orang-orang dari masa lalunya. Tak pelak, ini membuat emosi gadis itu tidak stabil dan membuat Naganya kesakitan. Dengan semakin beringasnya sikap Raja kepada enam Tetua Naga di enam provinsi, Siyan harus berpikir cepat agar perjanjian antara Raja Naga dengan leluhur Raja Avriedhas tidak patah. Dan... masa-masa yang makin menyulitkan pun tiba juga!

169. Shefa

ShefaShefa terkenal sebagai anak nakal karena sering melakukan hal-hal aneh. Bahkan ketika dia menjadi anak SMP, kelakuannya tidak juga berubah. Tak mengherankan bila Bunda menjadi khawatir dengan kelakuan Shefa. Akhirnya, tanpa diketahui Shefa, Bunda memindahkan Shefa ke sekolah asrama. Namun di Puri Mulia, sekolah barunya yang terkenal sangat disiplin, Shefa masih saja berulah. Keisengan pertama di Puri Mulia membuat dia berhasil mengungkap jati diri temannya yang selama ini dikenal aneh dan tidak punya teman. Shefa pun sempat kabur dari asrama ketika mengetahui kucing kesayangannya mati. Tak mengherankan bila meski baru satu semester, Shefa telah mendapat hukuman dari Mrs. Nafi, Guru Bahasa Inggris yang terkenal paling garang se-Puri Mulia. Meski begitu, di sela-sela keisengannya, Shefa juga mengalami berbagai peristiwa yang membuatnya sedih. Hingga akhirnya, ketika pentas seni akhir semester diadakan, Shefa yang berdiri di atas panggung mendapat tepukan meriah dari penonton. Apakah yang sebenarnya telah dilakukan Shefa?

170. Haruskah Mimpiku Tergadai?

Haruskah Mimpiku Tergadai?Setiap orang boleh bermimpi dan memiliki mimpi dan sebuah mimpi itulah yang cenderung membuat semangat seseorang menyala terang Bianfitickta Everline Thilatasia Tifani seorang gadis bertubuh proporsional dan senyum memikat, di tunjang dengan kecerdasan yang jauh diatas rata- rata, sangat berambisi menjadi mahasiswi Curtin University, sebuah universitas bergengsi di dataran benua Australia Kesempurnaan yang dia miliki sebagai putri tunggal sang dubes dan pengusaha sukses seolah mimpi itu telah berada di ujung jarinya..ya...dan hanya masalah waktu Harta melimpah tidak membuatnya hidup secara tersier, ada hal unik darinya yang akan menambah decak kagum orang - orang di dekatnya Dan mimpi itu hampir dia miliki sebelum pada akhirnya penyakit mematikan memaksanya berusaha tetap menyalakan mimpinya di tengah keterbatasan. Tetap konsistenkah Bian mempertahankan mimpinya ditengah keterbatasan yang makin mempersulitnya ???

171. Xixi, Diary Sang Rising Star

Xixi, Diary Sang Rising StarXifana Adestya Maharani ( Xixi ), gadis cantik dan cerdas. Datang ke Surabaya untuk meraih cita-citanya. Perkenalannya dengan Ferdy menjadi awal bencana yang harus dihadapi. Pergaulan bebas menyeretnya ke dalam kubangan lumpur hitam. Kehilangan kesuciannya, terjerumus bisnis kotor hingga akhirnya dikhianati oleh Ferdy kekasihnya. Lepas dari Ferdy, bukannya tersadar, dia semakin tak berdaya melawan sesapan lumpur hitam yang menjeratnya. Dugem dan berpindah dari satu lelaki ke lelaki lain yang mau membayarnya. Dari pergaulan itu, dia berkenalan dengan seorang produser film bernama Daniel yang akhirnya mengorbitkannya menjadi bintang film. Saat popularitasnya menanjak, pukulan telak menghampiri, vonis mengidap HIV dari dokter menghancurkan mimpi selanjutnya. Saat terpuruk akibat vonis mengidap HIV dan bunuh dirinya Daniel, setitik cahaya menerobos relung hatinya. Tekad kuat untuk sembuh dan hidup yang lebih baik membawa perubahan yang berarti. Cobaan yang datang tak mampu meruntuhkan niatnya. Dengan bantuan Iqbal Fathoni, lelaki yang dikenalnya saat dia terjerembab di lembah hitam, dia mencoba menata diri dan berusaha untuk tetap kuat menapaki jalannya. Sejak pertama bertemu dengan Xixi saat berlibur di Surabaya, Iqbal sudah jatuh cinta. Bunga cinta yang terus dibawanya hingga akhirnya dia kembali ke kota kelahirannya itu. Karena perasaan itu, dia gigih untuk terus mendampingi Xixi melewati masa krusial dalam hidupnya. Saat hubungan mereka semakin dekat, api pertentangan semakin lebar. Penusukannya oleh Ferdy membuat warga dan Umi-nya semakin antipati pada Xixi. Merasa kehadirannya tak diharapkan, Xixi memutuskan untuk meninggalkan Iqbal. Iqbal yang kehilangan segera mengejar Xixi ke kampung halamannya.

172. Roda Kemujuran

Roda KemujuranSeorang anak karena kekurangan fisiknya harus mengalami ujian yang bertubi-tubi. Sulit sekali membedakan kebaikan diantara keburukan, ketulusan maupun kedengkian

173. 31 HARI

31 HARI“Selama tiga puluh satu hari ke depan kita tidak akan berhubungan dengan cara apapun…Biarkan semua berjalan apa adanya agar diri kita merasakan apa yang seharusnya kita rasakan. Jika kita benar-benar saling membutuhkan, jiwa kita akan merintih merasakan kepedihan yang amat sangat. Hal ini sudah cukup membuat kita yakin untuk kembali bersatu.” Jelas Faisal. “Jika tidak?” Tanya Laksmi. “Jika tidak….atau keraguan masih melanda jiwa kita masing-masing, berarti kita memang tidak ditakdirkan untuk menyatu. Cinta membutuhkan keyakinan, Laksmi. Hal yang tidak kita miliki saat ini.” Jawab Faisal. Dalam 31 HARI ke depan, keputusan itu harus dibuat. Tiada lagi ruang untuk menunggu bagi Faisal dan Laksmi. Apakah mereka akan menyatu merangkai kenangan indah yang begitu banyak telah membekas di jiwa mereka? Atau berpisah demi untuk mengubur dendam masa lalu kedua orangtua mereka? 31 Hari adalah sebuah kisah penuh kekuatan dalam meraih masa depan yang dilandasi oleh ketaqwaan. Sebuah kisah dengan berbagai ujian hidup yang menyertai tanpa henti yang pada akhirnya berbuah pada begitu banyak hal ‘baik’ yang tak terduga. Begitu banyak pesan-pesan moral yang tertuang dalam novel ini bagai membuka lembaran-lembaran hikmah yang tak ada habis-habisnya untuk digali. Mohammad Fachri dengan begitu detail menghadirkan sisi-sisi keindahan kota Washington DC. Demikian pula penggambaran Islam sebagai rahmatan lil Alamin dituturkan dalam bahasa yang santun tanpa menggurui. Mampukah Laksmi dan Faisal mewujudkan impian mereka untuk menyatu?

174. Sepenggal Kisah Tentang Kita

Sepenggal Kisah Tentang KitaPerbedaan karakter itu biasa. Pesantren mungkin bisa menjadi momok yang menakutkan bagi remaja kota yang suka hidup dengan gemerlapnya keindahan kota dan seisinya. Tapi, bahagianya remaja ini yang telah membuktikan betapa indahnya Pesantren. Yaitu Hamidah, Hafsah, Haimah, Hasan adalah ke empat sahabat yang selalu berbuat ulah, tapi juga banyak memberikan warna indah bagi pesantren Asmaul Husna. Saat itu, ada seorang sahabat yang meninggal, siapakah dia? Lalu kenapa? Semua itu terjadi karena cinta. Cinta yang seperti apa sehingga mampu menghancurkan Kristal persahabatan yang telah lama terbangun?,, itulah yang akan ditulis dalam tinta persahabatan yang indah.

175. Ternyata Cinta Itu Indah

Ternyata Cinta Itu IndahSalya adalah seorang perempuan biasa yang memasuki dunia Pesantren untuk lebih mengetahui tentang pengetahuan agama. Akan tetapi, masalah cinta tak mampu ia hindari di dalam Peantren. Ketika cinta itu sudah pada tingkat tertinggi. Ternyata yang di cintainya adalah putra Kiainya sendiri. Akankankah cinta ini berlanjut?, padahal sebuah keharusan diri untuk tidak lancang mencintai atau mendekati keluarga Kiai. Karena itu semua merupakan tradisi di dalam Pesantren Al-Khalidah. Air mata Salya serasa membanjiri bumi di setiap sepertiga malam. Salya terpuruk dalam sebuah keadaan. Dan semakin bertambah buruk ketika Ning Hanah melabraknya di depan para santri putri. Tak henti-hentinya permasalahan muncul. Ketegaran jiwa Salya di uji begitu dahsyat saat di Pesantren. Jiwa Salya terguncang dengan hebat. Meski begitu berat permasalahan Salya, akhirnya Salya menemukan titik terang dalam hidupnya. Salya bisa membuktikan pada dunia, bahwa di balik kesulitan hidup, ternyata ada rencana akhir yang indah. Usai menyelesaikan studi, perjalan hidup Salya sangat terasa berat. Ujian datang silih berganti. Hebatnya, kegigihan Salya menghadapi hidup sedikit demi sedikit menuai hasil. Dan lagi-lagi masalah cinta, Usai problematika masa lalu di Pesantren, kini ia menemui masalah lagi. Dan cinta itu lagi-lagi gagal bersemi. Hingga suatu ketika, sungguh tak pernah terbayangkan oleh Salya jika ia akan bertemu kembali dengan seseorang yang dulu di masa kecilnya selalu menghiasi hari-harinya. Dan kini telah tiba masa itu, dan akhir dari mengalirnya cinta Salya berada pada cinta kasih masa kecilnya.

176. The Ghostly Residents Of Rented House

The Ghostly Residents Of Rented HouseSenangnya Reginia saat keluarga kecilnya kini akhirnya dapat menempati sebuah rumah, walaupun hanya rumah kontrakan yang sederhana. Karena sebelumnya reginia bersama Santoso suaminya dan Dido anak mereka satu-satunya hanya tinggal disebuah kamar kost yang sangat kecil. Tapi ternyata kebahagiaan itu tak bertahan lama … Reginia mulai diteror dengan hal-hal aneh dan menyeramkan dalam rumah kontrakan yang mereka tempati. Berawal dari kematian pemilik kontrakan yang tragis dan misterius, hingga pada akhirnya Reginia terpaksa harus mencari rumah kontrakan yang baru karena tak sanggup menghadapi teror yang selalu ia alami. Setelah mendapat rumah kontrakan yang baru, ternyata teror itu belum juga usai baginya. Kini malah kian menjadi-jadi. Tetapi, karena alasan ekonomi Reginia tetap bertahan di rumah kontrakan berhantu itu walaupun jiwanya sangat terguncang. Tapi mengapa hanya Reginia yang mengalami teror dari hantu-hantu penghuni rumah kontrakan itu? Akankah Santoso mengalami hal yang sama? Bagaimana dengan Dido?

177. Dumay in Love

Dumay in LoveSinopsis Novel ini menceritakan seorang gadis yang bernama Maya, ia adalah seorang wanita yang tangguh yang menjejakan kaki di tanah rantau. Dunia maya menjadi pilihan untuk dijadikan sahabat sebagai pelipur sepi, semenjak kehadirannya di facebook beberapa kali ia telah terjerat cinta di dalamnya, suka, duka dan cinta berawal dari semenjak ia memiliki sebuah notebook baru. Dengan kesal, Maya langsung menutup notebook. Lelaki yang ia kenal difacebook itu tak segan-segan mengecapnya sebagai perempuan munafik. Yang diherankan lagi tak ada angin tak ada hujan apa lagi badai, orang yang baru di kenal di facebook itu tiba-tiba marah-marah meledak-ledak seperti petir. Maya dibilang munafik.? Yang membingungkan lagi Maya di capnya sebagai pelacur online. Oh my God. May sebenarnya ingin marah, tapi Maya mencoba untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi itu, siapa tahu orang itu ada maksud tertentu dibalik kata-kata yang ia ucapkan. Setelah menyelidiki Maya baru tahu apa maksud lelaki itu memaki-makinya, ia hanya ingin perhatian dari Maya yang selalu ia perhatikan. Tindakan Maya yang cuek pada pria di facebook itu telah membuatnya marah dan memakinya, dengan menyebutnya perempuan murahan, jual diri. Tapi selanjutnya pria itu berlahan baik dan bahkan mengungkap cinta pada Maya. Dengan alasan pada Mayalah ia telah jatuh hati. Perempuan yang telah ia hina dan maki-maki. Maya memberikan sedikit hatinya pada pria itu, hatinya telah luluh dengan cerita-cerita kisah hidup dari lelaki pengidap kanker otak stadium delapan yang bernama Paijo alias Pria Sejagat. Pria itu bermaksud me

178. Kampoeng Pelangi

Kampoeng PelangiKisah persahabatan tiga orang anak yang memiliki kepercayaan yang berbeda.Natalia yang seorang penganut agama Kristen sudah lama berteman dengan kuan yin anak keturunan tionghoa yang menganut agama budha.Suatu ketika.Secara tidak sengaja Natalia dan kuan yin menjalin persahabatan dengan syarah anak dari guru “aksara arab melayu “di sekolah mereka.Mereka merasa sangat beruntung sekali bisa berteman dengan syarah.Selain syarah telah membantu mereka belajar,dia juga anak yang baik dan memiliki kemauan belajar yang tinggi. Bagaimanakah kisah persahabatan mereka bertiga? Dan siapakah “ibu komang” itu?? Sosok guru yang sangat mereka favorikan?? Temukan jawabanya di novel “KAMPOENG PELANGI”. Novel yang memanjakan pembaca tentang indahnya bertoleransi

179. Manusia, Tuhan, dan Indonesia

Manusia, Tuhan, dan IndonesiaJali seorang beragama Islam abangan yang suka mengamati tingkah laku orang di sekitarnya, dia sangat suka pada seni tapi dia benci pada ajaran Islam karena pengaruh dari gaya ceramah Ustad Faisal yang sering bertentangan dengan cara hidup yang dia yakini kebenarannya, tapi semua berubah setelah dia bertemu dengan pak Darwis seorang pengusaha dari Samarinda Kalimantan Timur yang mengajarinya makna dari Kalimah Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir dan Tawakal yang oleh pak Darwis di namai sebagai MANAJEMEN ZIKIR. Dari Manajemen Zikir yang di ajarkan pak Darwis padanya, Jali bisa menyadarkan kawan-kawannya yang suka minum-minuman keras dan benci pada ajaran Islam karena pengaruh dari lagu-lagu yang di buatnya. Dari kesukaannya mengamati Jali jadi cinta pada ajaran Islam tanpa pernah mempertentangkannya dengan ideologi negaranya yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia juga Bhineka Tunggal Ika dan itu di pelajarinya dari sikap hidup Rustam, seorang mahasiswa yang kos di rumahnya dan selalu berbeda pendapat dengan Ustad Faisal. Dari orang-orang yang di lihatnya seperti Darsono, seorang pedagang bakso yang memberikan zat-zat berbahaya ke dagangannya juga Badrun dan Ahmad, dua orang sahabat karib yang bersahabat karena uang dan berkelahi juga karena uang, Jali jadi mengerti makna dari kata Bismilahirahmanirahim yang di ajarkan pak Darwis padanya yaitu agar manusia memberikan KASIH DAN SAYANG karena itulah fungsi manusia di ciptakan Allah SWT kemuka bumi ini sebagai KhalifahNYA.

180. Misteri Beruang Hantu dan Rumah Kupu-Kupu

Misteri Beruang Hantu dan Rumah Kupu-KupuSINOPSIS Novel Misteri Beruang Hantu dan Rumah Kupu-Kupu Faza akhirnya terpaksa meninggalkan kota Samarinda. Meninggalkan Samarinda berarti meninggalkan ayah yang sangat ia cintai. Tapi, tak ada pilihan lain bagi bundanya. Kehidupan mereka harus berlanjut. Mereka kemudian menetap di kota Tenggarong. Sebenarnya Faza menyukai rumah kakek dan neneknya itu. Namun, tetap saja ia tak bisa melepaskan kerinduannya akan ayahnya. Hari-hari pertama di Tenggarong sangat menjemukan baginya. Hingga ia kemudian teringat akan rumah kupu-kupu di tengah kebun kakeknya. Iapun mendatangi tempat itu. Sungguh gambaran yang ia ingat tidak seindah dengan keadaannya sekarang. Faza kemudian membersihkan kebun itu sendiri. Di sanalah ia menemukan beragam keanehan. Suatu sore ia melihat sesuatu yang tak biasa di seberang sungai. Seekor beruang yang besar. Apakah itu beruang yang selalu dibicarakan oleh orang di kota ini? Ya… Beruang hantu! Kehadiran sosok bertopi lebar yang menyelamatkannya dari jilatan api juga terasa aneh. Siapa sosok itu sebenarnya? Ingatannya tentang Rizal, sepupunya juga begitu lekat di benaknya. Persaingan dan permusuhan yang terjadi di antara mereka, membuat Faza sedikit demi sedikit merindukan sepupunya itu. Petualangannya di rumah kupu-kupu dan menyingkap tabir beruang hantu begitu menguras energinya. Untunglah ia memiliki banyak sahabat yang akhirnya membawanya semakin mencintai tempat kelahirannya itu. Lalu apakah ia bisa melupakan ayahnya? Suatu hari kelak ia akan mengunjungi ayahnya. Itu janjinya… Q. Eifan


Leutika Leutika