slogan leutika prio

Katalog Buku

1251. Syair Sang Anak Manusia

Syair Sang Anak ManusiaBerkata dan bersyair tidaklah semata-mata karena mengungkapkan perasaan dalam coretan-coretan tinta di atas kertas, tetapi lebih dari itu. Berkata dan bersyair dari hati haruslah memiliki pesan baik yang dapat memberikan nilai-nilai positif bagi yang mendengar atau membacanya. Oleh karena itu, saya akan mengajak pembaca untuk berpikir estetis dan bebas dengan tetap berpegang teguh pada syariat.

1252. Syukur Kaya Bahagia

Syukur Kaya BahagiaDalam kehidupan sehari-hari, kita masih banyak mengeluh sedikit bersyukur. Sebagai “orang gajian”, kita kadang mengeluhkan gaji bulanan kita yang tiba-tiba habis. Kita juga mengeluhkan gaji bulanan kita yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengeluh seperti itu tidak boleh karena kita akan lupa pada nikmat Allah. Apabila kita mengeluh karena gaji kita tiba-tiba habis maka itu berarti kita lupa pada apa yang sudah kita perbuat dengan gaji kita. Di satu sisi, kita mengeluhkan ga

1253. Ta'jil

Ta'jil__Puasa tidak membimbing kita untuk menjadi malaikat, tetapi untuk melahirkan kehati-hatian dari sikap membangkang__ (dalam Takwa) __Hidup tidak cukup panjang jika kebahagiaan ditutup dengan kekikiran. Dunia tidak cukup lebar jika dibatasi dinding ketamakan__ (dalam Memberi) __Jika tak cukup sabar untuk menilai, kita masih memiliki jiwa yang pendosa untuk dinilai__ (dalam Ghibah) Buku sederhana yang ada di tangan anda ini, merupakan kumpulan tulisan yang berisi ironi kehidupan di sekelili

1254. Tafakur: Renungan Diri dalam Puisi dan Untaiaan Kata dengan Mentadabburi Ayat-Ayat Al-Quran

Tafakur: Renungan Diri dalam Puisi dan Untaiaan Kata dengan Mentadabburi Ayat-Ayat Al-QuranBuku ini merupakan kategori cross over antara karya sastra dan kajian Islam. Tulisan didalamnya merupakan bahan renungan diri yang diuraikan dengan 17 kuliah singkat dan ditulis dalam 27 puisi dengan untaian kata-kata syair yang indah. Selain dari itu, ulasan singkat setiap tema yang dibahas dapat pula dijadikan bahan kajian lebih lanjut dalam mentadabburi Al-Quran. -------

1255. Tafsiran Surat Filipi: Sebuah Analisis Colon

Tafsiran Surat Filipi: Sebuah Analisis ColonTulisan ini adalah salah satu upaya penulis untuk mengembangkan studi tafsir dengan pendekatan linguistik di Indonesia. Penulis memilih pendekatan analisis wacana (discourse analysis). Model analisis wacana yang digunakan adalah analisis colon yang diperkenalkan oleh Johanes P. Louw. Output tulisan ini adalah struktur dan tema surat Filipi yang dapat memberikan kontribusi pemikiran teologis. Pendekatan analisis colon menekankan semantik. Di dalam semantik, arti atau meaning di dalam teks melampa

1256. Tagihan Cinta Masa Lalu

Tagihan Cinta Masa LaluLahirnya Wu Sui King mengubah hidup Acu tahap berikutnya. Kini ia telah menjadi seorang ibu. Ia berebutan merawat anak dengan papanya. Dalam masa nifas Guama mengunjungi Acu. Guama menceritakan masa lalunya yang pahit pada masa penjajahan Jepang hingga kelahiran Ahun. Suami Guama menghilang tanpa berita. Guama terpaksa membesarkan anak-anaknya dengan penuh penderitaan. Cerita Guama menguak masa lalu Ahun, menyebabkan Acu memahami kenapa selama ini Ahun telengas terhadapnya. Wu Se Kiong memutuskan pindah ke Pekanbaru setelah bisnis pelayarannya terpuruk hingga titik terendah. Ia tak sanggup menghadapi keluarga Chang yang semakin kaya. Perpisahan ini terasa berat bagi Acu & Ping An, namun semua merupakan takdir yang harus mereka jalani. Sementara itu Selfie semakin terjerat oleh perselingkuhan suaminya, ia membenci Ahuan yang terjebak dalam dunia mistis karena dihukum menjaga rumah walet. Setiap malam Jum’at Ahuan bertemu roh dari zaman penjajahan Jepang yang menggodanya. Rasa tidak percaya diri membuat Selfie ikut terjerumus ke dunia tidak nyata. Ketika suatu malam ia pulang ke rumah keluarganya, ia menemukan sebuah dokumen penting yang ditinggalkan Wu Se Kiong di lemari gudang tua. Selfie menemukan peluang untuk menguasai Paviliun Naga Phoenix, sekaligus menggulingkan Acu yang selama ini mengurus perkebunan Tan Pek. Dokumen apa yang ditemukannya? Apakah ia berhasil menguasai Hong Leong ?

1257. TAHARU Senandung Rindu dari Bumi Tambun Bungai

TAHARU Senandung Rindu dari Bumi Tambun BungaiKumpulan cerpen ini lahir dari semangat untuk ikut menyemarakkan kebun bunga sastra di Kalimantan Tengah. Di antaranya ada cerpen-cerpen dengan tema remaja, persoalan hijab, pergaulan lelaki-perempuan, KDRT, Palestina, dan lain-lain.

1258. Tak Hilang Ditelan Zaman

Tak Hilang Ditelan ZamanBoleh jadi kita menganggap hidup ini terlalu senyap dan membosankan.Tetapi, sekali waktu, cobalah untuk membuka kembali lembaran hari-hari yang telah kita lalui. Akan selalu ada sisi terang yang membuat kita bersenandung riang. Tentang kebahagiaan, kenangan, atau bahkan kemenangan yang sayangnya tak pernah kita rayakan. Bahkan dengan cara yang paling sederhana sekali pun. Terkadang kita begitu mudah melewatkan hal-hal yang sepintas terlihat sederhana. Seperti membalas pesan, menanyakan kabar, menjabat erat tangan sahabat, memberikan senyum termanis yang kita miliki, membuat perayaan sederhana, memberikan kecupan mesra untuk istri atau suami, serta hal-hal lain yang terkesan biasa saja. Tetapi jika kita lakukan, sesungguhnya hal itu yang membuat kita nyaman menjadi manusia. Menghargai dan dihargai. Mencintai dan dicintai. Seperti halnya kawan-kawan MTU yang harus menerima realita pabriknya tutup, seperti itulah kita pada akhirnya. Kebersamaan yang pernah terjalin begitu singkat, sedangkan hari-hari kedepan sedemikian panjang. Apakah hanya karena itu kita akan berhenti di tengah jalan? Tidak, kan. Oleh karena itu mari kita rayakan kebersamaan ini.

1259. Tak Melayu Hilang di Jawa

Tak Melayu Hilang di JawaTak Melayu Hilang di Jawa, sebuah kumpulan cerpen yang memadukan dua unsur lokalitas budaya; Jawa dan Melayu. Di dalamnya terdapat 18 cerpen yang selain kental dengan nilai-nilai lokalitas, juga kental akan nilai-nilai yang telah terdegradasi zaman. Diramu dengan berbagai macam tema yang menarik untuk disimak. Penulisnya adalah pemuda asli Jawa yang kini melabuhkan biduk rantaunya di Kota Gurindam Negeri Pantun Tanjungpinang. Maka berpadulah dua unsur budaya yang mempengaruhi karyanya. Sepotong kayu tolong dibawa, Ke hutan sebelah di kebun nanas. Ini dia Tak Melayu Hilang di Jawa, Isinya cerdas, idenya bernas.

1260. Takkan Ada Hati Yang Lain

Takkan Ada Hati Yang LainTakkan Ada Hati Yang Lain adalah kisah percintaan yang memang lain. Memang berbeda. Dimana (ketulusan) cinta memang tak pernah berbanding lurus dengan popularitas.

Leutika Leutika 

Wayang  Scanie  mahoni