slogan leutika prio

Katalog Buku

481. Guru Bangsa: Setetes Embun Di Padang Tandus

Guru Bangsa: Setetes Embun Di Padang TandusSekarang ini amat sangat sulit menemukan tokoh atau sosok teladan, apalagi setelah era reformasi yang sebagian besar masyarakat dan tokoh merasa memiliki negeri ini lalu ingin menikmati negeri ini. Padahal pada era perkembangan teknologi yang begitu dasyat dibutuhkan kepribadian dan moral etika anak bangsa, sehingga anak bangsa ini bisa menjadi subjek dari teknologi dan bukan hanya sebatas sebagai objek dari teknologi apalagi jika sampai menjadi korban dari perkembangan teknologi. Buya adalah sosok teladan yang saat ini sulit ditemukan tandingannya, beliau adalah sosok yang sudah selesai dirinya dan pada usia senja masih sangat bersemangat untuk menghibahkan ilmu dan keteladanan serta masukan untuk kemajuan dan untuk keutuhan bangsa ini. Hampir semua tokoh bangsa termasuk presiden dan wakil presiden serta calon wakil presiden telah sowan ke kediaman beliau di Yogyakarta.

482. Guru ber-Prestasi Hebat

Guru ber-Prestasi HebatAda satu godaan yang tak bisa ditolak, ketika tengah duduk manis berpuas hati menatap kerumunan jiwa dan semangat yang hebat. Berkali-kali saya menelan ludah seraya berucap tasbih, “Subhanallah, walhamdulillah, walaailahailallah…”. Saya bersyukur berada di tengah kerumunan manusia-manusia hebat. Mereka adalah manusia yang terlahir dengan kekuatan niat, tulus menekuni profesi, dan luar biasa mengukir prestasi dalam catatan sejarah hidupnya. Sebagian dari mereka berpenampilan gagah dengan jas eleg

483. Guru dan Pengawas dalam Pendidikan Agama Islam

Guru dan Pengawas dalam Pendidikan Agama IslamKeberhasilan pendidikan secara umum dan Pendidikan Agama Islam secara khusus tidak hanya ditentukan oleh peran guru, tetapi juga fungsi dan peran pengawas. Pengawas sebagai supervisi pendidikan harus mampu mengimplementasikantugasnya sebagai fasilitator, pemacu, dan pemberi inisiatif kepada guru dalam mendukung peningkatan kapasitas dan kinerjanya. Peningkatan kapasitas dan kinerja guru pada muaranya menjadi faktor kunci dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Dengan kata lain, kinerja guru yan

484. Guru Kancil Murid Botol

Guru Kancil Murid BotolCerita “Guru Kancil Murid Botol”, mengkritisi hubungan ‘timpang’ antara dua kepentingan atas nama pendidikan. Kesederhanaan istilah dan bahasa yang dipilih diharapkan memudahkan pembaca untuk menangkap makna yang tersurat maupun yang tersirat. Buku ini pantas menjadi renungan bagi para guru, calon guru, dan siapa saja yang peduli dengan dunia pendidikan dengan segala dinamikanya.

485. GURU: KUNCI PENDIDIKAN NASIONAL

GURU: KUNCI PENDIDIKAN NASIONALMateri yang disajikan dalam buku ini menjadi referensi penting dan praktis serta aplikabel bagi mahasiswa calon guru, para guru, para tenaga kependidikan, para pemerhati pendidikan, dan stakeholders pendidikan, serta siapa saja yang mempunyai kepedulian terhadap upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia yang muaranya pada peningkatan kualitas pendidikan nasional. Disadari sepenuhnya bahwa dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional, maka kunci utamanya adalah terletak pada guru. Di antara komponen pendidikan yang terangkum dalam delapan standar nasional pendidikan—yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan—guru menempati posisi sentral dan strategis. Upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional termasuk pendidikan karakter, dapat dimulai dari peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas yang sangat ditentukan oleh gurunya. Dengan meningkatnya kualitas pembelajaran di setiap kelas, maka kualitas pendidikan dalam suatu sekolah dapat ditingkatkan, sedangkan apabila kualitas pendidikan setiap sekolah meningkat, maka upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional di Indonesia akan terwujud.

486. Hadiah Agung di Kordoba

Hadiah Agung di KordobaKordoba, Tahun 835 Masehi “Ambil pedangmu, mari kita beradu pedang! Bagiku tidak masalah, aku akan mengalahkanmu. Ini pedangku, pendek saja. Kemenangan tidak dilihat dari senjata yang bagus Leo,” tantang Umar. “Kamu pasti kalah, Mar!” Leonel sinis. “Belum tentu, mari kita coba!” Kedua bocah Kordoba ini saling membenturkan pedang mereka. Hampir setiap dua sampai tiga kali adu bentur, Umar melesatkan pedangnya ke pinggang kiri dan kanan Leo. Dominasi serangan dilakukan Umar, sementara Leonel terus melesat cepat melompat mundur sambil membungkukkan badannya. Namun akhirnya pedang panjang pun jadi tak guna. “Ahaaaa ... kamu kalah, Leo,” sorak Umar gembira. Umar tersenyum kecut. Ia menang. Tapi pada akhirnya keduanya merasa bergembira bisa bermain dengan pedang kayu mereka. Langit telah saga. Burung-burung kenari sudah kembali ke sarang-sarang mereka. Savana meredupkan hijaunya, menggelap di cela-celanya. Angin pun seakan lelah meniup, mengitari kota dengan hembusan yang seadanya. Di tengah savana itu, kedua anak 10 tahunan ini berjalan pulang dengan riang. Mereka berkarib meskipun berbeda keyakinan, antara Muslim dan Nasrani. Keduanya saling berangkulan. Dan berjanji esok akan bertemu lagi dalam sebuah persahabatan yang panjang.

487. Hadiah kecil Untuk Orangtua

Hadiah kecil Untuk OrangtuaOrang tua. Inilah alasan buku ini hadir, sebagai bentuk apresiasi kita terhadap kasih sayang dan perjuangan mereka.

488. HADIAH UNTUK KEKASIHKU

HADIAH UNTUK KEKASIHKURasanya tidak adil hidupku bila sakitku mengalahkan semua titik yang seharusnya lebih berarti untuk kulangkahi... banyak hal yang membuatku sakit, namun akan membuat banyak hal di hidupku menjadi kuat.

489. Hadis G4ul: Nggaul Bareng Rasul

Hadis G4ul: Nggaul Bareng RasulRemaja gaul, gelar ini adalah lambang kebanggaan para ABG sedunia. Ya iya lah harus bangga, masa’ kalah sama emak-emak, kakek-kakek, and nenek-nenek mereka aja pada gaul. Daripada disebut kuper super duper, tar dibilang kampungan. Memalukan. Ndesoo. Hehe.. Mending gaul. Eitsss, gaul koyo opo iki? Bukan yang negatif saja seperti, gaya hidup, penampilan, pergaulan, ngikut trend, mode dunia, ngidolain aktor film, atau remaja yang kerjanya mondar mandir di kafe bareng koncoe di mal, punya banyak geb

490. Hajime

HajimeKatanya, perempuan itu makhluk paling misterius yang pernah diciptakan Tuhan. Buku ini menceritakan salah satu sisi misterius dari seorang perempuan: kekuatan untuk bertahan dalam kondisi apa pun dan kekuatan untuk memberikan perubahan sekecil apa pun dengan kemampuannya yang maksimal. Kekuatan ‘bertahan’ diceritakan dalam cerpen “Rahayu & Kakak Ipar Sang Presiden” dan cerita “Cinta yang Berbeda”. Rahayu mencoba bertahan seorang diri bersama sepucuk surat dari Bu Menteri, dalam sebuah penjara

Leutika Leutika